Manfaat Selada Merah

selada merah dengan Tabel sebagai berikut. Tabel 1. Hasil Pengukuran Pra-Panen Tanaman Selada Merah No Sampel Parameter yang diukur Panjang Daun (cm) Lebar Daun (cm) Jumlah Daun (helai) Tinggi Batang (cm) Diameter Batang (cm) 1 10 8 14 2 2 2 13.5 12 20 3 3 3 13.5 12 22 3 4 4 11.5 10 18 3.5 4.1 5 12 9 14 2.5 2.7 6 10 9 17 3 3.1 7 11 10 19 2,5 3Manfaat Selada Merah Bagi Kesehatan. Tingginya vitamin dan mineral dalam selada merah membuatnya mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan manusia. Berikut penjelasannya. 1. Meningkatkan Sistem Imun dan Mencegah Kanker. Salah satu keunggulan dari selada merah adalah tingkat antioksidan yang tinggi didalamnya.selada keriting merah memiliki manfaat bagi kesehatan. Selada keriting merah memiliki pigmen antosianin yang berguna sebagai penangkal radikal bebas yang merusak sel tubuh. Berdasarkan manfaat yang dimiliki, selada keriting merah tentunya akan diminati oleh para konsumen. Hal ini juga akan meningkatkan petani untuk menanam selada keriting merahSelada daun merah (Lactuca sativa) adalah sayuran berdaun dalam keluarga daisy. Ini menyerupai selada romaine kecuali di ujungnya, yang memiliki semburat merah atau ungu. Selain menambah semburat warna pada salad atau sandwich favorit Anda, sayuran ini menawarkan banyak manfaat. Berikut 9 manfaat kesehatan dan nutrisi selada daun merah. 1.Manfaat selada merah ini memiliki kandungan gizi yang lengkap dan mumpuni dalam proses pembentukan sel darah merah. Mengatasi sariawan Meskipun banyak orang menyepelekan penyakit yang satu ini namun jika tubuh mengalami sariawan pasti seluruh tubuh juga akan merasakan tidak enak karena tidak bisa makan dan minum seperti biasanya.

Selada Merah: Manfaat - Efek Samping dan Tips Konsumsi

Beli Selada Merah Online berkualitas dengan harga murah terbaru 2021 di Tokopedia! Pembayaran mudah, pengiriman cepat & bisa cicil 0%.Ragam Manfaat Selada untuk Kesehatan. Jenis selada ada berbagai macam. Jenis yang sering kita temui adalah selada hijau, selada merah, dan selada bokor. Berikut ini adalah berbagai manfaat selada yang bisa diambil: 1. Mencegah dehidrasi. Salah satu manfaat selada yang penting adalah untuk membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mencegahBit bisa diolah menjadi masakan lezat atau jus yang segar. Jus bit telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan aliran darah, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kinerja tubuh saat berolahraga. Selada merah. Selada berdaun merah penuh dengan nutrisi yang dapat membantu melindungi dari kanker dan memperlambatSelada merah akan tumbuh dengan baik pada suhu optimal 15 - 20oC, Jika dengan suhu dibawah atau diatas kisaran tersebut dapat menjadikan pertumbuhan selada merah kurang optimal (Cahyono, 2003). 2.3.2. Kelembaban Udara Tanaman selada merah dapat tumbuh dan berproduksi dengan baik apabila

Selada Merah: Manfaat - Efek Samping dan Tips Konsumsi

RESPON PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SELADA MERAH Red

Selada air merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki beragam manfaat. Sayur yang satu ini memiliki kandungan zat besi lebih banyak dibandingkan dengan bayam. Anda juga bisa menemukan beragam kandungan sehat yang lain seperti halnya vitamin C dan kalsium. Selain dijadikan sebagai konsumsi sehat harian, Anda juga bisa menggunakan selada air sebagai bahan untuk obat-obatan. Selada air bisaKandungan manfaat zat besi dalam selada air memiliki peran penting dalam sintesis hemoglobin serta produksi asam folat, dimana kedua elemen ini sangat penting untuk sel-sel darah merah. Selain itu, kandungan vitamin C dalam sayuran ini dapat membantu tubuh untuk menyerap zat besi dengan benar.Selada bokor dapat bermanfaat sebagai antioksidan, berperan dalam pembentukan sel darah... merah, membantu mencegah terjadinya penyakit kronis, membantu menjaga kesehatan kehamilan, berperan dalam penyembuhan luka, kesehatan mata, dan membantu menurunkan berat badan. Konsumsinya harus dikombinasikan dengan makanan bergizi lainnya.Sedangkan tembaga dan zat besi membantu produksi sel darah merah dalam tubuh. Ternyata selada menyimpan banyak manfaat menarik untuk kesehatan. Namun sebelum mengonsumsinya terutama mengonsumsi dalam keadaan mentah, jangan lupa untuk mencucinya sebab selada adalah sayuran yang rentan terhadap paparan pestisida.Nilai gizi dan manfaat. Selada mempunyai kandungan mineral, termasuk iodium, fosfor, besi, tembaga, kobalt, seng, kalsium, mangan, dan potasium, sehingga selada mempunyai khasiat terbaik dalam menjaga keseimbangan tubuh. Kulit luar yang hijau adalah yang paling baik. Dimasak perlahan-lahan selama 15 menit merupakan obat penderita insomnia.

Manfaat Bawang Putih Hitam Manfaat Irisan Bawang Merah Pemanfaatan Bunyi Ultrasonik Jelaskan Bahwa Kegiatan Pameran Di Sekolah Memiliki Manfaat Kemanusiaan Manfaat Teoritis Dan Praktis Adalah Jelaskan Manfaat Kerajinan Dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Datar Manfaat Irisan Bawang Merah Di Pojok Kamar Tuliskan 4 Manfaat Perdagangan Antar Negara Manfaat Minyak Zaitun Untuk Payudara Apa Manfaat Putih Telur Untuk Wajah Jelaskan Manfaat Pameran

Selada Merah: Manfaat – Efek Samping dan Tips Konsumsi

Tinjauan Medis : dr. Katya Saphira, M.GiziSelada merah merupakan sayuran tinggi antioksidan. Kandungan vitamin A, C, dan Knya membantu mencegah terjadinya penyakit kronis, berperan dalam kesehatan kulit, dan mata. Kandungan mineralnya berperan... dalam kesehatan tulang dan gigi serta pembentukan sel darah merah. Tetap konsumsinya dikombinasikan dengan makanan bergizi lainnya. Read more

Selada merupakan jenis sayuran yang paling banyak diminati sebagai lalapan. Selada juga telah berkembang dan memiliki berbagai varietas diantaranya selada merah. Berikut ini penjelasan mengenai selada merah serta manfaatnya bagi kesehatan manusia.

Daftar isi

Tentang Selada Merah

Selada Merah

Selada merah (Lactuca sativa var. acephala) merupakan jenis selada yang memiliki warna merah keungunan pada bagian renda daunnya, sedangkan bagian bawah hingga ke pangkal masih berwarna hijau muda [1].

Selada merah memiliki beberapa keunggulan bila dibandingkan dengan varietas selada lainnya seperti [1],

Mengandung tinggi vitamin K dan vitamin AMengandung tinggi mineral mangan yang berfungsi dalam berbagai metabolisme tubuhSelada merah mengandung kolesterol dan lemak yang sangat rendahSelada merah kaya akan antioksidanMemiliki tekstur yang lembut dan renyah untuk lalapan

Selada merah berasal dari negara Italia. Tanaman ini dahulu harus tumbuh pada kondisi tempat yang sejuk dan dingin seperti di dataran tinggi [2].

Namun seiring perkembangan ilmu dan teknologi, tanaman selada merah lebih banyak dibudidayakan dengan cara hidroponik.

Hidroponik adalah salah satu teknik budidaya tanaman tanpa menggunakan tanah. Media tanah diganti dengan media air untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi pertumbuhan tanaman.

Budidaya tanaman selada merah dengan hidroponik memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalah tidak terkontaminasi dengan mikroorganisme tanah [2].

Namun, budidaya tanaman ini sering menggunakan pestisida untuk membasmi hama dan penyakit tanaman. Oleh karena itu, selada merah harus dicuci dengan bersih [2].

Kandungan Selada Merah

Selada merah megandung tinggi vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan. Berikut ini adalah kandungan lengkap selada merah berdasarkan kebutuhan harian.

IDNmedis.com Info Gizi (Per 100 Gram)Selada, daun merah, mentahKalori:16Kalori Dari Lemak:2  %Kebutuhan HarianTotal Lemak0.2      g 0.34 %Lemak Jenuh0        0    %Lemak Trans0        0    %Kolesterol0        0   %Sodium25       mg 1.04 %Total Karbohidrat2.3      g 0.75 %Serat0.9      g 3.6  %Gula0.5      g  Protein1.3      g 2.66 %Vitamin A149.85 %Vitamin c6.17 %Kalsium3.3 %Zat besi6.67 %© IDNmedis.com

Src : Selada, daun merah, mentah

*Kebutuhan harian berdasarkan diet 2,000 kalori. Kebutuhan anda bisa lebih besar/kecil.

 Top 10 GiziPenyajian 100gr%Kebutuhan HarianVitamin K140.3    mcg175 %Vitamin A7493     IU150 %Mangan0.2      mg10 %Folat36       mcg9 %Vitamin C3.7      mg6 %Besi1.2      mg7 %Vitamin B60.1      mg5 %Kalium187      mg5 %Tiamin0.1      mg4 %Riboflavin0.1      mg5 %© IDNmedis.com

Src : Selada, daun merah, mentah

Kandungan gizi utama dalam selada merah adalah vitamin K, vitamin A dan mangan. Vitamin K dan vitamin A berperan sebagai antioksidan yang mampu mencegah kerusakan pada sel-sel tubuh [3].

Selain itu, vitamin K berperan dalam proses pembekuan darah, mencegah diabetes dan mencegah penyakit kanker. Vitamin A berperan penting menjaga kesehatan mata, kulit dan tulang [3].

Mangan merupakan mineral yang berperan sebagai kofaktor enzim atau penunjang kinerja enzim yang sangat penting dalam proses metabolisme tubuh. Mangan juga memiliki peran dalam kesehatan tulang [3].

Manfaat Selada Merah Bagi Kesehatan

Tingginya vitamin dan mineral dalam selada merah membuatnya mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan manusia. Berikut penjelasannya.

1. Meningkatkan Sistem Imun dan Mencegah Kanker

Salah satu keunggulan dari selada merah adalah tingkat antioksidan yang tinggi didalamnya. Antioksidan ini berasal dari kandungan beberapa vitamin seperti vitamin K, vitamin A dan vitamin C [3].

Vitamin-vitamin tersebut merupakan antioksidan alami yang mampu menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Antioksidan merupakan merupakan suatu molekul yang mampu memperlambat dan mencegah proses oksidasi molekul dalam tubuh [3].

Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai kerusakan sel-sel tubuh dan berisiko kanker. Radikal bebas yang begitu banyak dalam tubuh meningkatkan stress oksidatif [4]

Stress oksidatif merupakan suatu kondisi didalam tubuh yang mengandung kadar radikal bebas lebih banyak dibanding dengan antioksidan[4].

Kondisi ini akan merusak berbagai sel-sel tubuh. Kerusakan tersebut dapat berisiko terjadinya penyakit-penyakit dalam tubuh [4].

Kandungan beberapa vitamin dalam selada merah dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh sehingga mampu melawan berbagai penyebab berbagai penyakit [3].

2. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam selada merah sebanyak 7493 IU atau sebanyak 150% dari kebutuhan harian. Selada merah merupakan salah satu sumber vitamin A terbanyak.

Vitamin A merupakan vitamin yang berperan penting dalam indera penglihatan. Vitamin A berperan sebagai salah satu komponen penyusun pigmen di retina [5].

Vitamin ini juga berperan sebagai antioksidan yang mencegah radikal bebas penyebab kerusakan pada lensa dan retina mata. Berbagai penyakit mata yang dapat dicegah dari konsumsi vitamin A adalah katarak dan degenerasi makula [5].

Degenerasi makula adalah kondisi mata kronis yang menyebabkan kehilangan penglihatan pusat karena adanya kerusakan pada makula di bagian tengah retina.

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan penyakit xeroftalmia. Penyakit ini menyebabkan bola mata menjadi kering, kornea mengeras dan pembengkakan kelopak [5].

3. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Selain kandungan vitamin yang tinggi, selada merah juga memiliki kandungan mineral diantaranya kalsium dan kalium. Selada merah mengandung kalsium sebanyak 3,3% dan kalium sebanyak 5%

Kalium berperan menjaga agar penyerapan kalsium dapat dilakukan dengan baik sehingga meningkatkan kepadatan tulang. Hal ini karena kalsium merupakan bagian penyusun dari tulang serta gigi [6,7].

Kekurangan kalsium dalam tubuh dapat menyebabkan pengapuran atau lebih dikenal dengan nama osteoporosis [7].

Selain itu, selada merah juga mengandung mineral mangan yang turut berfungsi dalam menjaga kepadatan tulang. Sebagian besar mineral mangan terdapat dalam jaringan tulang [8].

4. Mencegah Penyakit Diabetes

Selada merah mengandung gula yang sangat rendah. Hal ini dapat mencegah naiknya kadar glukosa dalam darah yang berisiko penyakit diabetes. [9].

Selada merah juga mengandung tinggi mangan. Mineral ini mampu mengurangi resiko hiperglikemia (darah glukosa darah tinggi). Mineral mangan bekerja sebagai pengendali kadar glukosa dalam darah [8].

Selain itu, selada merah mengandung serat sebanyak 3,6% dari kebutuhan harian manusia. Kandungan serat didalam selada merah berperan dalam mencegah diabetes [14].

Serat yang masuk dalam sistem pencernaan akan dicerna cukup lama. Hal ini akan mencegah terjadinya penyerapan glukosa dengan cepat sehingga kadar glukosa dalam darah dapat normal [14].

5. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Selada merah mengandung zat besi sebanyak 7% dari kebutuhan harian manusia. Kandungan zat besi ini sangat berperan dalam proses pembentukan sel darah merah dan hemoglobin pada darah [10].

Selain itu, vitamin B2 atau riboflavin yang terkandung sebanyak 5% dalam selada merah juga turut membantu dalam pembentukan molekul sel darah merah [11].

Tubuh yang kekurangan sel darah merah dan hemoglobin di dalamnya akan menyebabkan penyakit anemia. Penyakit ini memiliki gejala antara lain tubuh sering lemas dan hilangnya koordinasi tubuh [12].

Gejala tubuh yang sering lemas disebabkan oleh kurangnya pasokan oksigen yang seharusnya dibawa oleh hemoglobin dalam sel darah merah. Kondisi ini menyebabkan organ-organ tubuh tidak bekerja dengan maksimal [12].

Selain itu, vitamin lainnya yang berperan dalam mencegah anemia dalah vitamin K. Vitamin ini sangat banyak terkandung di dalam selada merah [13].

Vitamin K berperan dalam proses pembekuan darah apabila mengalami cedera luka. Proses pembekuan darah sangat penting agar menghindari pendarahan dan mencegah anemia [13].

Protein, ion kalsium dan vitamin K akan membentuk trombin lalu menjadi fibrinogen yang merupakan kumpulan benang-benang fibrin. Benang-benang inilah yang nantinya akan menutup luka dan mencegah pendarahan [13].

6. Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Selada merah memiliki memiliki kolestrol sebanyak 0%. Hal ini berarti bahwa selada merah bebas dari kandungan kolestrol [15].

Kolestrol yang berasal dari bahan makanan akan dicerna dan diserap serta dibawa oleh protein melalui darah. Kolestrol dalam tubuh yang banyak dapat menumpuk dalam pembuluh darah dan menyebabkan hipertensi (tekanan darah yang tinggi) [15].

Selain itu, terdapat mineral tubuh yang rawan mengendap di dalam pembuluh darah yaitu mineral kalsium. Penyerapan kalsium yang tidak baik oleh tulang dan gigi dapat menyebabkan penumpukan kalsium dalam pembuluh darah [16].

Untuk menghindari kondisi tersebut, tubuh perlu memenuhi asupan kalium. Hal ini karena kalium mampu memastikan kalsium dapat diserap baik oleh tulang [16].

Plak kolestrol maupun kalsium dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan berisiko hipertensi dan atrosklerosis dan berujung pada penyakit jantung dan stroke [16].

Aterosklerosis adalah suatu kondisi rusaknya pembuluh darah karena aliran darah terhambat. Apabila atrosklerosis terjadi pada pembuluh darah otak, maka dapat menyebabkan stroke. Sedangkan, apabila terjadi pada pembuluh darah jantung akan mengakibatkan jantung koroner [16].

Efek Samping Selada Merah

Manfaat selada merah memang begitu banyak. Namun, perlu diperhatikan bahwa selada merah juga memiliki efek samping apabila dikonsumsi secara berlebihan dan tidak tepat. Berikut penjelasannya.

Nutrisi yang tidak seimbang

Selada merah memang tinggi akan beberapa vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Namun selada merah sangat sedikit mengandung karbohidrat, lemak dan protein.

Apabila dikonsumsi secara terus menerus sebagai salad dan tidak dikonsumsi bersama bahan makanan lain dapat menyebabkan nutrisi yang tidak seimbang. Tubuh yang kekurangan protein, lemak dan karbohidrat akan menyebabkan berbagai gangguan [17].

Contohnya saja, tubuh yang kekurangan protein dapat menyebabkan gangguan fungsi otak. Kekurangan asupan karbohidrat dalam tubuh dapat membuat tubuh menjadi lemas [17].

Resiko terpapar residu pestisida

Pembudidayaan selada merah sering menggunakan pestisida untuk membasmi hama dan penyakit yang dapat merusak kualitas selada merah.

Apabila dalam pengolahan, selada merah tidak dicuci dengan bersih sebelum dikonsumsi dapat menyebabkan residu pestisida masuk dalam tubuh [18].

Residu pestisida dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang bersifat kronis maupun akut. Dampak yang bersifat akut antara lain iritasi pada mata dan kulit, sakit kepala, kejang otot hingga hilangnya koordinasi tubuh [18].

Sedangkan dampak yang bersifat kronis antara lain parkinson (kerusakan pada sistem saraf), pubertas dini (seseorang yang mengalami pubertas sebelum waktunya), gangguan sistem reproduksi dan kanker pada beberapa organ tubuh [18].

Tips Penyimpanan Selada Merah

Selada merah merupakan jenis sayuran yang memiliki kandungan air yang tinggi. Oleh karena itu, perlu tindakan yang tepat dalam menyimpan selada merah. Berikut ini adalah tips menyimpan selada merah [19].

Belilah selada merah secukupnya. Hal ini karena selada merah tidak memiliki umur simpan yang lama.Jangan mencuci selada merah jika hendak disimpan. Hal ini bertujuan agar tidak menambah kandungan air didalamnya yang berisiko busuk.Simpan selada merah dalam kertas tissue dan masukkan dalam wadah atau plastik.Jangan menyimpan selada merah dengan jenis sayuran lain dalam satu tempat atau wadah.Simpan di dalam kulkas pada bagian rak bawah agar kelembabannya terjaga.

Tips Konsumsi Selada Merah

Selada merah sangat bergizi dan lezat jika dikonsumsi. Selada merah dapat dikonsumsi sebagai lalapan, salad sayur, tambahan dalam pecal dan lain-lain [3].

Namun, dalam mengolah selada merah perlu memperhatikan cara mencucinya. Selada merah memiliki bentuk daun yang banyak lipatan-lipatan dan sangat halus.

Residu pestisida dan telur-telur cacing kemungkinan berada pada lipatan-lipatan daun selada merah. Berikut ini cara membersihkan selada merah [20].

Bersihkan dan cuci tangan dengan sabun terlebih dahulu.Potonglah bagian akar dan batang selada yang keras dengan pisau yang bersihCuci setiap lembaran daun dengan air yang mengalir secara perlahan. Mencucinya dengan cara menggosok-gosok permukaan daun bagian luar maupun bagian dalam dengan tanganTeliti dalam membersihkannya. perhatikanlah area yang berada dipangkal batang. Tempat tersebut rentan menempel telur cacing dari tanahJika sudah yakin bersih, kibas-kibaskan daun selada agar airnya berkurangHindari mencuci selada didalam baskom. Hal ini tetap membuat bakteri, residu pestisida dan telur cacing masih menempel.Selada merah merupakan jenis sayuran yang sangat tinggi akan vitamin A, vitamin K dan mangan. Manfaat selada merah antara lain adalah menjaga kesehatan jantung, tulang, kulit dan mencegah kanker. Medical Research & Source ↓

Daun Selada Merah Hidroponik | Alamanda Farm

Manfaat Selada Merah : manfaat, selada, merah, Selada, Merah, Hidroponik, Alamanda

News Portal BBP2TP

Manfaat Selada Merah : manfaat, selada, merah, Portal, BBP2TP

Salada Merah (Lactuca Sativa Var. Crispa) | AOI Website - Welcome

Manfaat Selada Merah : manfaat, selada, merah, Salada, Merah, (Lactuca, Sativa, Crispa), Website, Welcome

Konsumsi Selada, Turunkan Darah Tinggi - Info Aktual - Badan Litbang Pertanian

Manfaat Selada Merah : manfaat, selada, merah, Konsumsi, Selada,, Turunkan, Darah, Tinggi, Aktual, Badan, Litbang, Pertanian

Home - Jual Sayur

Manfaat Selada Merah : manfaat, selada, merah, Sayur

Manfaat Selada Untuk Kesehatan Tubuh, Rambut Dan Kulit | Fimela | LINE TODAY

Manfaat Selada Merah : manfaat, selada, merah, Manfaat, Selada, Untuk, Kesehatan, Tubuh,, Rambut, Kulit, Fimela, TODAY

Grow.healthy_palembang Instagram Profile With Posts And Stories - Picuki.com

Manfaat Selada Merah : manfaat, selada, merah, Grow.healthy_palembang, Instagram, Profile, Posts, Stories, Picuki.com

MANFAAT DAUN DEWA, SELADA, BAYAM MERAH, SUJI, KELOR, KATUK, SAMBILOTO, DAUN UNGU DAN SELEDRI BAGI KESEHATAN - Eprints UPN "Veteran" Yogyakarta

Manfaat Selada Merah : manfaat, selada, merah, MANFAAT, DEWA,, SELADA,, BAYAM, MERAH,, SUJI,, KELOR,, KATUK,, SAMBILOTO,, SELEDRI, KESEHATAN, Eprints,

Manfaat Buah Alpokat | KEBUN RUMAHAN

Manfaat Selada Merah : manfaat, selada, merah, Manfaat, Alpokat, KEBUN, RUMAHAN

Buletin Indo March 2017 By Buletin Indo - Issuu

Manfaat Selada Merah : manfaat, selada, merah, Buletin, March, Issuu

Pin On KassandraRivera

Manfaat Selada Merah : manfaat, selada, merah, KassandraRivera