Menahan Badan Di Atas Palang Dapat Melatih

Push up juga bagus untuk melatih posisi berhubungan tertentu. Baca juga Walau Badan Kurus, 4 Latihan Ini Bisa Bikin Tubuh Kamu Ideal. 2. Squats contoh posisi dari gerakan squats (pexels) Squats adalah gerakan berdiri dengan kaki selebar bahu, kemudian menurunkan tubuh seolah-olah sedang duduk di kursi.Pasalnya, saat pull up beban tubuh akan benar benar bertumpu pada otot bagian atas saja, yakni otot dada, otot lengan, otot punggung, dan otot bahu. Cara membentuk otot dada dengan pull up: - Posisikan tubuh dibawah palang. - Genggam palang yang ada di atas tubuh anda. - Secara perlahan angkat tubuh anda hingga bahu sejajar dengan palang.Selain bisep adalah trisep otot-otot penting di lengan atas Anda. Anda dapat melatih trisep dengan dua latihan band resistensi berikut. 9. Tekan trisep atas. Sebelum Anda melakukan latihan ini, Anda harus memasang resistance band pada benda yang kokoh, seperti pada bicep curl.Pembahasan mengenai √ Latihan Kekuatan Otot Lengan √ Gerakan Membentuk Untuk Otot Lengan. Penjasology.web.id_Kekuatan otot lengan sangat diperlukan tubuh agar kondisi fisik Anda meningkat. Kekuatan tersebut dapat dibentuk dengan melakukan beberapa cara. Berikut adalah beberapa referensi gerakan yang bisa Anda lakukan. Daftar IsiLatihan Kekuatan Otot Lengan Gerakan Latihan Membentuk OtotSenam Ketangkasan - Adalah senam yang dalam prakteknya dapat memakai alat dan bisa juga tidak memakai alat. Senam adalah bentuk latihan fisik yang tujuannya yaitu untuk menambah daya tahan tubuh atau menjaga kesehatan tubuh, Koordinasi tubuh, kelenturan tubuh dan juga untuk membentuk tubuh agar menjadi bentuk yang ideal dan memelihara kesehatan tubuh.

Cara Membentuk Otot Dada dengan Cepat di Rumah, Mudah

(2) Mengangkat tubuh ke atas hingga dagu berada di atas palang. (3) Badan diturunkan kembali dengan cara meluruskan lengan, sementara posisi kepala, badan, dan kaki tetap lurus. (4) Gerakan ini dilakukan berulang - ulang sampai tidak kuat.Gerakan senam lantai yang bisa dilakukan di rumah. 1. Push up Gerakan senam lantai ini dapat melatih kekuatan, terutama otot tubuh bagian atas. Ada banyak cara melakukan push up. Salah satu gerakan tradisionalnya adalah sebagai berikut: - Mulailah dengan posisi tengkurap.Selain memperbaiki postur tubuh, melatih otot-otot tubuh juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga akan membuat Anda tetap sehat dan kuat di usia tua. Otot yang mengalami kontraksi membuat tubuh lebih sensitif terhadap hormon insulin dan meningkatkan kemampuan otot dalam menggunakan glukosa.Latihan berjalan lurus ini diketahui dapat melatih keseimbangan otot kaki untuk menahan tubuh saat berjalan. Lakukan latihan ini secara berkala, dan semoga dapat mempertahankan otot-otot kaki dalam kondisi yang selalu sehat. Melakukan gerakan mengayunkan kaki; Latihan ini dapat disebut juga latihan leg swings. Kita hanya perlu berada pada

Cara Membentuk Otot Dada dengan Cepat di Rumah, Mudah

12 Latihan Resistance Band Untuk Tubuh Bagian Atas Anda

Gerakan superman fly merupakan gerakan yang akan melatih punggung bagian atas dan bawah, yang juga akan melatih otot perut, bokong, dan paha. Awali gerakan ini dengan tubuh berbaring menghadap lantai, tangan, dan kaki yang diluruskan. Secara bersamaan, angkat badan (termasuk bahu dan tangan) serta kaki menjauhi lantai.4. Angkat badan ke atas hingga dada menyentuh kaki, dengan dibantu teman menahan kaki agar tidak terangkat. 5. Turunkan badan hingga pada posisi semula. 6. Lakukan gerakan secara berulang-ulang dan bergantian. 3. Latihan Kekuatan Otot Kaki. Latihan otot kaki dapat dilakukan dengan melakukan kegiatan naik turun tangga dan gerakan squat jump.Lakukan elevated push up. Temukan kursi yang kuat dan tidak akan bergeser di atas lantai, dan juga mampu menahan berat badan Anda. Setelah itu, persiapkan diri dalam posisi push up biasa, tetapi posisikan kaki di atas kursi, bukan di atas lantai. Luruskan punggung agar kaki dan tubuh Anda membentuk garis paralel dengan lantai. Rapatkan kursi ke dinding agar lebih stabil.Latihan ini berguna untuk melatih keseimbangan, melatih kekuatan otot tangan dan leher.Caranya: letakkan kepalamu di atas matras/sikap awal jongkok, kaki rapat, dan kedua tangan di depan selebar bahu, Gambar sikap lilin Sumber: dokumen pribadi kemudian, bagian dahi diletakkan di depan, di antara kedua telapak tangan sehingga membentuk segitigaPull up dapat didefinisikan sebagai gerakan menggantung pada sebuah palang dengan posisi telapak tangan menghadap ke depan atau ke belakang dan kemudian mengangkat tubuh hingga dagumelewati palang tunggal. Teknik Pull Up. Teknik atau cara dalam melakukan pull up menurut Hananto (2007 : 29), yaitu: Posisi badan menggantung pada palang kayu atau besi

Yandex Blue Japan Sebutkan Tanda-tanda Hari Kiamat Gambar Lapangan Baseball Ciri Ciri Mustika Kelapa Asli Jelaskan Proses Berkarya Seni Rupa Sebuah Mobil Boks Memiliki Kapasitas Total Angkut 1.930 Kg Apa Yang Ditampilkan Dalam Gambar Karikatur Kenapa Pluto Bukan Planet Sarana Diskusi Dalam Satu Kelompok Melalui Email Adalah Sebutkan Gerak Spesifik Serangan Dan Pembelaan Dalam Pencak Silat Kjokkenmoddinger Adalah

Senam Ketangkasan : Pengertian, Manfaat, Senam Dengan Alat, Senam Tanpa Alat, Dan Alatnya Lengkap

Rate this post

Senam Ketangkasan : Pengertian, Manfaat, Senam Dengan Alat, Senam Tanpa Alat, Dan Alatnya Lengkap

Daftar Isi :

Senam Ketangkasan – Adalah senam yang dalam prakteknya dapat memakai alat dan bisa juga tidak memakai alat. Senam adalah bentuk latihan fisik yang tujuannya yaitu untuk menambah daya tahan tubuh atau menjaga kesehatan tubuh, Koordinasi tubuh, kelenturan tubuh dan juga untuk membentuk tubuh agar menjadi bentuk yang ideal dan memelihara kesehatan tubuh.

Senam ketangkasan juga disebut dengan senam artistik karena memiliki aturannya sendiri. Senam ketangkasan juga dipertandingkan, sama dengan jenis senam lainnya. Hal yang dinilai dari senam ini adalah saat melakukan gerakan, ketepatan, keindahan dan juga keseimbangan saat sikap akhir.

Senam ketangkasan bisa dilakukan dengan menggunakan metode seperti metode palang tunggal, palang sejajar, palang bertingkat, kuda pelana dan gelang-gelang. Gerakan pada senam ini misalnya gerakan keharmonisan, gerakan keseimbangan, gerankan kelenturan dan keluesan, gerakan keindahan dan juga gerkan kelincahan.

Manfaat Senam KetangkasanKebugaran Tubuh

Setelah melakukan senam tubuh akan terasa bugar, segar, tidak lemah dan lesu, dan penampilan pun akan lebih baik. Ketika senam ketangkasan dilakukan dengan rutin maka otot akan terasa lebih kencang.

Otot Menjadi Kencang

Otot akan menjadi kencang bila melakukan senam rutin, bukan hanya sekali atau dua kali. Senam ketangkasan juga bisa membentuk otot jika melakukannya tiga kali dalam satu minggu.

Menjadikan Tubuh Indah

Tubuh akan terasa lebih ideal, karena senam ini memiliki banyak gerakan yang dapat membakar lemak yang ada di dalam tubuh. Dalam senam ketangkasan juga terdapat alat untuk membakar lemak.

Tubuh Sehat

Pada saat berkeringat ketika melakukan olahraga maka tubuh akan mengalami peningkatan daya tahan tubuh. Dalam senam ketangkasan diperlukan waktu untuk berlatih dengan orang yang sudah ahli. Tujuannya untuk supaya dapat mengamati gerakan yang dilakukan, sudah benar atau belum. Bila sudah bisa melakukan gerakannya, maka tidak memerlukan pelatih.

Senam Ketangkasan Tanpa AlatGuling Depan

Guling ke depan atau yang disebut dengan forward roll adalah gerakan berguling dengan bertahap, dimulai dari  tengkuk, punggung, pinggang dan panggul bagian belakang untuk gerakan akhirnya. Berikut ini cara berguling yang benar :

Pada awalnya mengambil posisi jongkok, rapatkan kedua kaki, dan tangan diposisikan sejajar dengan bahu.kedua telapak tangan diletakan pada matras dengan ukuran selebar bahu.Siku dutekuk ke samping dan kepala dimasukan antara kedua tangan. Lalu tempelkan tengkuk ke matras lalu berguling ke depan untuk mendorong berat badan secara perlahan ke arah depan.Setelah itu kedua lutut dilipat, lutut dan dagu ditarik ke arah dada dengan posisi tangan merangkul lutut.Posisi terakhir yaitu jongkok dengan posisi kaki rapat, dan gerakan akhir tersebut harus seimbang agar tidak roboh.Guling ke Belakang

Guling ke belakang atau yang disebut dengan back roll. Adalah gerakan yang urutannya dimulai dari pinggul, pinggang belakang, punggung, kepala bagian belakang dan kaki sebagai bagian terakhir. Berikut ini sikap guling ke belakang yang benar :

Sikap awal dari back roll adalah mengambil posisi jongkok dengan posisi matras dibelakang, posisi lengan lurus ke depan.Badan dijatukan dengan cara menarik dagu ke dada lalu bengkokan lengan dan atur telapak tangan dengan posisi ke atas, Letakan ibu jari pada dekat telinga.Tolakan tangan sampai lurus dengan pantat hingga melewati titik tertinggi waktu menggulingkan badan ke belakang. PEndaratan dilakukan dengan cara kaki dan langan dilepaskan dari matras, pandangan tetap fokus ke depan dan tetap menjaga keseimbangan.Meroda

Adalah gerakan berguling ke samping seperti roda. Gerakan ini dapat dilakukan dengan tangan dan kaki bergantian. cara melakukannya yaitu :

Pada awal sikap mengambil posisi berdiri dengan tegak di atas matras lalu kak dibuka selebar bahu dan tangan diangkat ke atas.gerakan selanjutnya adalah gerakan ke samping kanan caranya yaitu tangan kanan diliukan atau ditempelkan ke matras sebagai tumpuan yang berada di samping kanan.Kaki kiri diangkat bersama dengan meletakan tangan sebelah kiri disamping tangan kanan lalu posisi kaki berada di atas.Lalu yang terakhir tangan kanan diangkatdan tangan kiri menyentuh matras sampai tubuh kembali berdiri dengan tegak.Senam Ketangkasan Menggunakan AlatLompat Jongkok

Manfaat dari lompat jongkok adalah untuk menambah kekuatan, ketangkasan, keberanian, ketangkasan, kelincahan dan juga konsentrasi. Berikut cara melakukan lompat jongkok :

Mengambil posisi berdiri lalu berlari dengan cepat. Condongkan bagian badan ke depan, lalu lakukan tolakan pada kedua kaki saat pada papan tolak dan ayunkan lengan ke atas.Gerakan tangan menumpu pada pangkal kuda-kudadan pandangan fokus ke depan yang dekat dengan kedua tangan.Tolakan dilakukan dengan menggunakan kedua tangan dengan kuat dan lutut ditekuk ke arah dada, bagian tungkai diluruskan saat posisi berada diujung kuda-kuda.Pendaratan dilakukan menggunakan ujung kaki dan kedua tangan direntangkan ke atas.Lompat Kangkang

Manfaat lompat ini sama dengan lompat jongkok, lompat kangkang adalah gerakan seperti meloncat untuk melewati rintangan. Cara melakukannya yaitu :

Posisi berdiri lalu berlari dengan cepat lalu condongkan badan ke depan dan lakukan gerakan menolak dengan kedua kaki pada papan sekuat yang anda bisa.Bisa juga disertai dengan gerakan ayunan ke belakang bawah ke depan, selanjutnya luruskan badan pisahkan tungkai.Saat tangan menyentuh pangkal kuda dan lakukan gerakan tolakan sekuat-kuaatnya maka badan akan melayang diatas kuda-kuda dengan sikap yang lurus. Lalu rentangkan tangan dan pandangan tetap konsentrasi menghadap ke depan.Pendaratan dilakukan dengan cara menggunakan ujung kaki mengerper dan kedua tangan direntangkan ke atas.Alat Senam KetangkasanFloor Exercise (Lantai)

Lantai sangat dibutuhkan dalam senam ketangkasan. Karena berbagai gerakan dalam senam ini dilakukan di lantai. Lantai yang dipakai dalam senam ketangkasan bukan lantai biasa, tapi lantai yang sudah menjadi standar yang berlaku. Ukurannya sekitar 12×12 M. lantai yang tak licin juga dipakai untuk senam ketangkasan supaya anda tidak cedera dalam melakukannya.

Matras

Matras juga dipakai di beberapa senam ketangkasan. Walaupun kebanyakan jenis senam memang menggunakan matras. Matras yang digunakan adalah matras yang empuk, dan tak licin supaya mengurangi risiko dari cidera.

Kuda-Kuda Pelana

Alat ini mirip dengan punggung kuda yang memanjang seperti tempat duduk. Latihan dengan memakai alat ini adalah dengan cara melompat sampai ujung, tanpa mengenai dudukan alat kuda pelana itu. Gerakan yang dipakai yaitu flank, double circle dan thomas fair.

Gelang-Gelang

Adalah alat yang bentuknya dua lingkaran dan bentuknya seperti gelang besar yang dipakai dalam senam ketangkasan. Atlet akan menggantungkan gelang yang telah dihubungkan dengan dua tali, lalu ia akan melakukan gerakan bertumpu dan mengayun.

Atlet juga dapat melakukan gerakan naik turun untuk menguatkan otot tangannya. Tinggi dari gelang tersebut yaitu 2.8 sampai 3 meter, gelang tersebut memiliki diameter 18 cm dan jarak antara gelang-gelang tersebut adalah 50 cm

Palang Sejajar

Palang sejajar memiliki panjang sekitar 330 cm dan tinggi 175 cm dan lebar palangnya sekitar 40-50 cm. palang sering dipakai dalam senam ketangkasan dan alat itu dapat diatur sesuai kebutuhan. Palang sejajar sering dipakai dalam senam ketangkasan dan alat tersebut bisa diatur sesuai dengan kebutuhanya.

Kebanyakan gerakan yang digunakan memakai alat itu seperti misalnya mengayunkan bagian lengan, bahu dan tangan saja yang boleh digunakan. Dan tidak boleh memakai gerakan badan yang lainya. Jenisnya pun ada palang yang tinggi dan yang rendah. Serta bisa melakukan gerakan front dosmount, rear dimount, shoulder stand, straddle travel dan lainya.

Palang Tunggal

Palang sejajar biasanya dipakai dalam gerakan menantang atau antraktif. Dengan satu palang yang telah diatur ukuran ketinggiannya. Serta dipakai dalam turnamen dunia dan gerakanya yang sangat rumit seperti gferakan pull over, back hip circle, run under single dan front hip circle, back mill, single knee mount dan masih banyak yang lainya. Gerakan dari palang tunggal lebih rumit dari pada palang sejajar.

Kuda-kuda Lompat

Alat tersebut mempunyai bentuk yang sedikit berbeda dengan kuda pelana. Panjang dari kuda-kuda lompat adalah 1.2 meter dan tinggi 1.35 meter. Kuda-kuda lompat mempunyai tinggi yang lebih rendah dan sering digunakan dalam gerakan lompat jongkok, lompat berdiridan masih banyak lainnya.

Sekian pembahasan mengenai senam ketangkasan, yang meliputi pengertian, manfaat, senam dengan alat, senam tanpa alat, dan alat-alat yang digunakan lengkap. Semoga dapat dipahami dan dapat membantu anda dalam melakukan gerakan senam ketangkasan dengan baik. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Page 94 - 332-968 Cover.psd

Menahan Badan Di Atas Palang Dapat Melatih : menahan, badan, palang, dapat, melatih, 332-968, Cover.psd

Page 34 - Asyiknya Berolahraga 5

Menahan Badan Di Atas Palang Dapat Melatih : menahan, badan, palang, dapat, melatih, Asyiknya, Berolahraga

Latiahan Soal Pjok Semester 2

Menahan Badan Di Atas Palang Dapat Melatih : menahan, badan, palang, dapat, melatih, Latiahan, Semester

Page 93 - 332-968 Cover.psd

Menahan Badan Di Atas Palang Dapat Melatih : menahan, badan, palang, dapat, melatih, 332-968, Cover.psd

Bagaimana Cara Melakukan Latihan Menahan Badan Di Palang? - Brainly.co.id

Menahan Badan Di Atas Palang Dapat Melatih : menahan, badan, palang, dapat, melatih, Bagaimana, Melakukan, Latihan, Menahan, Badan, Palang?, Brainly.co.id

Latiahan Soal Pjok Semester 2

Menahan Badan Di Atas Palang Dapat Melatih : menahan, badan, palang, dapat, melatih, Latiahan, Semester

Gelora Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Kelas 2 Edi Karsono Ricky Rusdhiyana 2010

Menahan Badan Di Atas Palang Dapat Melatih : menahan, badan, palang, dapat, melatih, Gelora, Pendidikan, Jasmani, Olahraga, Kesehatan, Kelas, Karsono, Ricky, Rusdhiyana

Palang Tunggal Senam - Hopwee

Menahan Badan Di Atas Palang Dapat Melatih : menahan, badan, palang, dapat, melatih, Palang, Tunggal, Senam, Hopwee

All About Love: Teknik Senam Artistik Palang Sejajar

Menahan Badan Di Atas Palang Dapat Melatih : menahan, badan, palang, dapat, melatih, About, Love:, Teknik, Senam, Artistik, Palang, Sejajar

Page 31 - Cerdas Dan Bugar 4

Menahan Badan Di Atas Palang Dapat Melatih : menahan, badan, palang, dapat, melatih, Cerdas, Bugar

Page 41 - Aktif Berolahraga 9

Menahan Badan Di Atas Palang Dapat Melatih : menahan, badan, palang, dapat, melatih, Aktif, Berolahraga