Teori Masuknya Agama Islam Ke Indonesia

Baca juga: Proses Masuknya Agama Hindu-Budha ke Nusantara. Teori ini tercetus karena pada awal masuknya Islam ke Nusantara di abad ke 13, ajaran yang marak saat itu adalah ajaran Syiah yang berasal dari Persia. Selain itu, adanya beberapa kesamaan tradisi Indonesia dengan Persia dianggap sebagai salah satu penguat.Teori-teori Masuknya Islam ke Indonesia Sejarah Islam di Indonesia. Agama islam pertama masuk ke Indonesia melalui proses perdagangan, pendidikan, dll. Tokoh penyebar islam adalah walisongo antara lain; Sunan Ampel, Sunan Bonang, Sunan Muria, Sunan Gunung Jati, Sunan Kalijaga, Sunan Giri, Sunan Kudus, Sunan Drajat, Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim) Pada tahun 30 Hijri atau 651 Masehi, hanyaIndonesia adalah Negara di Asia Tenggara ini disebut sebagai tanah dengan populasi Muslim tertinggi. Persentase Muslim Indonesia mencapai hingga 12,7 persen dari populasi dunia.Sejarah Islam di Indonesia. Agama islam pertama masuk ke Indonesia melalui proses perdagangan, pendidikan, dll. Tokoh penyebar islam adalah walisongo antara lain; Sunan Ampel, Sunan Bonang, Sunan Muria, Sunan Gunung Jati, Sunan Kalijaga, Sunan Giri, Sunan Kudus, Sunan Drajat, Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim) Pada tahun 30 Hijri atau 651 Masehi, hanya berselang sekitar 20…Teori Masuknya Islam ke Indonesia. Proses masuknya agama Islam ke Indonesia tidak berlangsung secara revolusioner, cepat, dan tunggal, melainkan berevolusi, lambat-laun, dan sangat beragam. Menurut para sejarawan, teoriteori tentang kedatangan Islam ke Indonesia dapat dibagi menjadi: Teori Mekah

teori masuknya agama islam.docx - Teori-teori Masuknya

Bunyi Teori Mekkah : "Proses masuknya Islam ke Indonesia terjadi pada abad ke7 (647M), dan langsung dibawa oleh para musafir Arab yang memiliki semangat untuk menyebarkan Agama Islam". Dasar Teori Mekkah : 1. Pada abad ke-7 di pantai timur Sumatera sudah terdapat perkampungan Islam (Dinasti Umayah). 2.Antara Teori Gujarat dan Persia terdapat kesamaan pandangan mengenai masuknya agama Islam ke Indonesia yang berasal dari Gujarat. Perbedaannya terletak pada teori Gujarat yang melihat ajaran agama Islam mempunyai kesamaan ajaran dengan Mistik di India, sedangkan teori Persia memandang adanya kesamaan ajaran sufi di Indonesia dengan di Persia.Masuknya agama dan budaya Islam ke Nusantara berdasarkan sumber yang didapat, dilakukan secara damai dan dari berbagai arah. Berdasarkan temuan batu nisan Sultan Malik Al Saleh, Islam masuk berdasarkan pada teoritirto.id - Ada beberapa teori terkait sejarah masuknya

teori masuknya agama islam.docx - Teori-teori Masuknya

(PDF) Teori Masuknya Islam ke Nusantara

Teori-teori tentang masuknya Islam ke Indonesia dapat melengkapi Islamisasi di seluruh wilayah Indonesia sebagai hal yang kompleks dan hingga sampai sekarang prosesnya masih tetap terus berjalan. Masyarakat Indonesia sebagian besar memeluk agama Islam, bahkan mencapai lebih dari 80%.Teori masuknya islam ke Indonesia — Sejak zaman dahulu bangsa Indonesia terkenal sebagai bangsa yang ramah dan suka berinteraksi dengan bangsa atau negara lain. Oleh karena itu, banyak bangsa1. Teori Gujarat. Pendapat tentang teori masuknya Islam ke Indonesia yang pertama datang dari teori Gujarat. Dalam teori ini, diceritakan Islam masuk ke Nusantara padaTeori Arab atau Teori Makkah menyatakan bahwa proses masuknya Islam di Indonesia berlangsung saat abad ke 7 Masehi. Islam dibawa para musafir Arab yang memiliki semangat untuk menyebarkan Islam ke seluruh belahan dunia. Tokoh yang mendukung teori ini adalah Van Leur, Anthony H. Johns, T.W Arnold, dan Buya Hamka.Teori Persia ini menyatakan bahwa masuknya Agama Islam ke Indonesia berasal dari Persia. Pencetus sekaligus pendukung Teori Persia adalah Umar Amir Husen dan Hoesein Djajadiningrat, mereka mengatakan bahwa Agama Islam yang masuk ke Indonesia pada abad ke-7 Masehi adalah Agama Islam yang dibawa oleh kaum Syiah, Persia.

Teori Abiogenesis Aristoteles Teori Inti Ganda Teori Teori Masuknya Agama Islam Ke Indonesia Teori Tektonik Lempeng Pdf Teori Teori Masuknya Islam Ke Indonesia Teori Pasang Surut Tata Surya Teori Teori Masuknya Hindu Budha Ke Indonesia Teori Big Bang Dikemukakan Oleh Kelebihan Dan Kekurangan Teori Masuknya Hindu Budha Teori 2 Benua

Teori Masuknya Islam ke Indonesia

Islam merupakan agama yang mayoritas dianut oleh masyarakat Indonesia. Islam tidak ada begitu saja di Indonesia melainkan ada asal mulanya. Ada beberapa teori yang menjelaskan asal datangnya Agama Islam ke Indonesia, yaitu Teori Gujarat, Teori Persia, Teori Arab atau Teori Makkah, Teori China, dan Teori Maritim. Saya akan menjelaskan beberapa teori tersebut.

Teori Gujarat

Dalam teori ini dikatakan bahwa masuknya Agama Islam ke Indonesia dibawa oleh orang-orang Gujarat, India. Tokoh yang mendukung teori ini adalah Snouck Hurgronje dan J.Pijnapel. Mereka berpendapat bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-13 Masehi bersama dengan hubungan dagang yang terjalin antara masyarakat Nusantara dengan para pedagang Gujarat yang datang.

Kurangnya fakta yg menjelaskan peranan bangsa Arab dalam penyebarannya ke Indonesia. Hubungan dagang Indonesia dgn India telah lama melalui jalur Indonesia – Cambay – Timur tengah – Eropa.

Beberapa bukti yang mendukung teori ini diantaranya batu nisan Sultan Samudera Pasai Malik As-Saleh tahun 1297 yang bercorak khas Islam Gujarat, catatan Marcopolo bahwa di Perlak sudah banyak penduduk yg memeluk Islam dan banyak pedagang Islam dari India yg menyebarkan ajaran Islam, serta adanya warna tasawuf pada aliran Islam yang berkembang di Indonesia.

Akan tetapi ada beberapa kelemahan dari teori tersebut diantaranya masyarakat Samudra Pasai menganut mazhab Syafi’i, sementara masyarakat Gujarat lebih banyak menganut mazhab Hanafi dan saat islamisasi Samudra Pasai, Gujarat masih merupakan Kerajaan Hindu.

Teori Persia

Teori Persia ini menyatakan bahwa masuknya Agama Islam ke Indonesia berasal dari Persia. Pencetus sekaligus pendukung Teori Persia adalah Umar Amir Husen dan Hoesein Djajadiningrat, mereka mengatakan bahwa Agama Islam yang masuk ke Indonesia pada abad ke-7 Masehi adalah Agama Islam yang dibawa oleh kaum Syiah, Persia.

Terdapat beberapa bukti yang mendukung teori ini diantaranya kesamaan budaya Islam Persia dan Islam Nusantara seperti adanya peringatan Asyura dan peringatan Tabut, kesamaan ajaran Sufi, penggunaan istilah persia untuk mengeja huruf Arab, ditemukannya makam Maulana Malik Ibrahim tahun 1419 di Gresik, adanya perkampungan Leren/Leran di Giri daerah Gresik (Leren adalah nama salah satu pendukung teori ini yaitu Umar Amir Husen & PA Hussein Jayadiningrat), kesamaan seni kaligrafi pada beberapa batu nisan, serta bukti maraknya aliran Islam Syiah khas Iran pada awal masuknya Islam di Indonesia.

Karena banyaknya bukti yang mendukung teori ini, teori ini sempat menjadi teori masuknya Islam ke Indonesia yang paling benar oleh sebagian sejarahwan. Namun ternyata teori ini juga memiliki kelemahan. Bila dikatakan bahwa Islam masuk pada abad ke 7, maka kekuasaan Islam di Timur Tengah masih dalam genggaman Khalifah Umayyah yang berada di Damaskus, Baghdad, Mekkah, dan Madinah. Jadi tidak memungkinkan bagi ulama Persia untuk menyokong penyebaran Islam secara besar-besaran ke Nusantara.

Teori Arab atau Teori Makkah

Teori Arab atau Teori Makkah ini menyatakan bahwa proses masuknya Islam ke Indonesia dibawa oleh orang-orang Arab yang memiliki semangat untuk menyebarkan Agama Islam ke seluruh belahan dunia. Tokoh yang mendukung teori ini adalah Van Leur, Anthony H. Johns, T.W Arnold, dan Buya Hamka.

Terdapat beberapa bukti yang mendukung teori ini diantaranya:

Pada abad ke 7 Masehi, di Pantai Timur Sumatera memang telah terdapat perkampungan Islam khas dinasti Ummayyah, Arab. Madzhab yang populer kala itu khususnya di Samudera Passai adalah madzhab Syafii yang juga populer di Arab dan Mesir. Adanya penggunaan gelar Al Malik pada raja-raja Samudera Pasai yang hanya lazim ditemui pada budaya Islam di Mesir.

Hingga saat ini, teori ini merupakan teori yang dianggap paling kuat. Kelemahannya hanya terletak pada kurangnya fakta dan bukti yang menjelaskan peran Bangsa Arab dalam proses penyebaran Islam di Indonesia.

Teori China

Teori China merupakan teori yang baru-baru ini berkembang, teori ini menyatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia karena dibawa perantau Muslim China yang datang ke Nusantara. Tokoh yang mencetuskan teori ini adalah Slamet Mulyana dan Sumanto Al Qurtuby.

Beberapa bukti yang mendukung teori ini diantaranya:

Fakta adanya perpindahan orang-orang muslim China dari Canton ke Asia Tenggara, khususnya Palembang pada abad ke 879 M. Adanya masjid tua beraksitektur China di Jawa. Raja pertama Demak yang berasal dari keturunan China (Raden Patah). Gelar raja-raja demak yang ditulis menggunakan istilah China. Serta catatan China yang menyatakan bahwa pelabuhan-pelabuhan di Nusantara pertama kali diduduki oleh para pedagang China. Teori Maritim

Teori Maritim ini menyatakan bahwa penyebaran Islam di Nusantara tidak bisa dilepaskan dari kemampuan umat Islam dalam menjelajah samudera. Tidak dijelaskan darimana asal Islam yang berkembang di Indonesia, yang jelas menurut teori ini, masuknya Islam di Indonesia terjadi di sekitar abad ke-7 Masehi. Tokoh yang mencetuskan teori ini ialah sejarawan asal Pakistan, N.A. Baloch.

Demikianlah penjelasan tentang beberapa teori masuknya Islam ke Indonesia. Semoga bermanfaat.

Sumber:

http://www.ipsmudah.com/2017/03/teori-masuknya-islam-di-indonesia.html

https://www.mozaikislam.com/155/teori-gujarat.htm

https://www.mozaikislam.com/157/teori-persia.htm

Share this:Like this:Like Loading...

Penjelasan 4 Teori Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia - Tirto.ID

Teori Masuknya Agama Islam Ke Indonesia : teori, masuknya, agama, islam, indonesia, Penjelasan, Teori, Sejarah, Masuknya, Islam, Indonesia, Tirto.ID

Penjelasan Teori Teori Masuknya Islam Ke Indonesia (Ms.Word)

Teori Masuknya Agama Islam Ke Indonesia : teori, masuknya, agama, islam, indonesia, Penjelasan, Teori, Masuknya, Islam, Indonesia, (Ms.Word)

Teori Masuknya Agama Islam Ke Indonesia Beserta Peta Persebaranya.pdf

Teori Masuknya Agama Islam Ke Indonesia : teori, masuknya, agama, islam, indonesia, Teori, Masuknya, Agama, Islam, Indonesia, Beserta, Persebaranya.pdf

SKI (TEORI MASUKNYA ISLAM DI INDONESIA) XII IPA 2 (30)-converted-Flip EBook Pages 1 - 8| AnyFlip | AnyFlip

Teori Masuknya Agama Islam Ke Indonesia : teori, masuknya, agama, islam, indonesia, (TEORI, MASUKNYA, ISLAM, INDONESIA), (30)-converted-Flip, EBook, Pages, AnyFlip

Perdebatan Dan Ragam Versi Masuknya Islam Ke Nusantara - Tirto.ID

Teori Masuknya Agama Islam Ke Indonesia : teori, masuknya, agama, islam, indonesia, Perdebatan, Ragam, Versi, Masuknya, Islam, Nusantara, Tirto.ID

Teori Masuknya Islam Ke Indonesia

Teori Masuknya Agama Islam Ke Indonesia : teori, masuknya, agama, islam, indonesia, Teori, Masuknya, Islam, Indonesia

UKBM TEORI MASUKNYA AGAMA ISLAM DI INDONESIA

Teori Masuknya Agama Islam Ke Indonesia : teori, masuknya, agama, islam, indonesia, TEORI, MASUKNYA, AGAMA, ISLAM, INDONESIA

Jelaskan Proses Masuknya Agama Islam Di Indonesia Menurut Teori Gujarat

Teori Masuknya Agama Islam Ke Indonesia : teori, masuknya, agama, islam, indonesia, Jelaskan, Proses, Masuknya, Agama, Islam, Indonesia, Menurut, Teori, Gujarat

Teori Masuknya Islam Ke Tanah Pasundan - PENASANTRI

Teori Masuknya Agama Islam Ke Indonesia : teori, masuknya, agama, islam, indonesia, Teori, Masuknya, Islam, Tanah, Pasundan, PENASANTRI

Sebutkan Dan Jelaskan Teori Masuknya Islam Ke Indonesia - Sebutkan Itu

Teori Masuknya Agama Islam Ke Indonesia : teori, masuknya, agama, islam, indonesia, Sebutkan, Jelaskan, Teori, Masuknya, Islam, Indonesia

Teori Masuknya Islam Di Indonesia

Teori Masuknya Agama Islam Ke Indonesia : teori, masuknya, agama, islam, indonesia, Teori, Masuknya, Islam, Indonesia