Sifat Koligatif Larutan Adalah

Sifat koligatif larutan adalah sifat larutan yang bergantung pada jumlah partikel dalam volume pelarut tertentu dan tidak dipengaruhi oleh massa atau identitas partikel terlarutnya. Untuk setiap perbandingan massa zat terlarut dan pelarut, sifat koligatif larutan berbanding terbalik dengan massa molar zat terlarut.Sifat Koligatif Larutan. Sifat koligatif larutan adalah sifat-sifat yang hanya bergantung pada jumlah (kuantitas) partikel zat terlarut dalam larutan dan tidak bergantung pada jenis atau identitas partikel zat terlarut - tidak peduli dalam bentuk atom, ion, ataupun molekul.Sifat koligatif melibatkan larutan, sifat koligatif tak bergantung pada interaksi molekul pelarut dan zat terlarut, namun bergatung pada jumlah zat terlarut yang larut pada suatu larutan. Sifat koligatif terdiri dari : penurunan tekanan uap. kenaikan titik didih. penurunan titik beku. tekanan osmotik.Sifat Koligatif Larutan dan Sifatnya Menurut Hukum Roult [Materi Lengkap] - Dalam kimia, larutan adalah campuran homogen yang terdiri dari dua atau lebih zat.Zat yang jumlahnya lebih sedikit disebut dengan zat terlarut atau solut, sedangkan zat yang jumlahnya lebih banyak daripada zat-zat lain dalam larutan disebut dengan zat pelarut atau solven.# Sifat Koligatif Larutan Nonelektrolit 1. Penurunan Tekanan Uap. Molekul - molekul zat cair yang menyisakan permukaan akan mengakibatkan adanya tekanan uap zat... 2. Kenaikan Titik Didih. Titik didih zat cair merupakan suhu tetap disaat zat cair mendidih. Pada suhu ini, tekanan uap... 3. Penurunan

Sifat Koligatif Larutan - Pengertian, Sifat, Contoh Soal

Sifat koligatif adalah sifat larutan yang tidak tergantung pada jenis zat terlarut tetapi tergantung pada jumlah partikel zat terlarut dalam larutan. Jadi sifat ini tidak tergantung pada jenis solusi. Ciri keempat adalah penurunan tekanan uap, meningkatkan titik didih, titik beku depresi dan tekanan osmotik.SIFAT KOLIGATIF LARUTAN Sifat koligatif larutan adalah sifat larutan yang tidak bergantung pada jenis zat terlarut tetapi hanya bergantung pada konsentrasi partikel zat terlarutnya. Dalam larutan, terdapat beberapa sifat zat yang hanya ditentukan oleh banyaknya partikel zat terlarut.Larutan adalah sebuah campuran yang terbentuk dari senyawa terlarut dengan pelarutnya. Ada beberapa hal yang berkaitan dengan larutan dimulai dari konsentrasi yang dinyatakan dalam berbagai besaran seperti molaritas, fraksi mol, molalitas, dan normalitas. Selain hal tersebut, ada juga yang disebut sifat koligatif larutan.Sifat koligatif larutan dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu sifat koligatif larutan nonelektrolit dan sifat koligatif larutan elektrolit. Hal itu disebabkan karena zat terlarut padalarutan larutan nonelektrolit jumlahnya tetap karena tidak terurai menjadi ion-ion, sedangkan zat terlarut pada larutan elektrolit bertambah jumlahnya karena terurai menjadi ion-ion. Beberapa contoh penerapan sifat koligatif larutan diantaranya adalah :

Sifat Koligatif Larutan - Pengertian, Sifat, Contoh Soal

Sifat Koligatif Larutan : Molaritas, Molalitas dan Fraksi mol

Sifat koligatif elektrolit adalah sifat fisik dari larutan elektrolit yang tergantung pada jumlah zat terlarut terlepas dari sifat zat terlarut. Zat terlarut yang ada dalam larutan elektrolitik adalah atom, molekul atau ion yang kehilangan atau memperoleh elektron untuk menjadi konduktif secara elektrik.Pengertian Sifat Koligatif. Sifat Koligatif larutan adalah sifat larutan yang tidak bergantung pada jenis zat terlarut tetapi tergantung pada banyaknya partikel zat terlarut dalam larutan. Jadi sifat-sifat tersebut tidak tergantung pada jenis larutan. Keempat sifat tersebut adalah penurunan tekanan uap, peningkatan titik didih, penurunan titik beku dan tekanan osmotik.Merupakan sifat larutan yang tergantung pada jumlah partikel zat terlarut dalam suatu larutan dan tidak bergantung pada jenis partikel zat pelarut. Sifat koligatif setara dengan konsentrasi berbagai zat nonelektrolit dalam larutan tanpa memperhatikan jenis atau sifat kimiawi dari konstituen.berikut ini beberapa penerapan sifat koligatif larutan dalam kehidupan sehari-hari. 1) penyerapan air oleh akar tanaman. 2) penambahan garam dala pembuatan es putar. 3) penambahan garam untuk mencairkan salju. 4) penggunaan garam untuk membunuh lintah. 5) menambahkan etilen glikol pada radiator mobilV = volume larutan. Apa Itu Sifat Koligatif Larutan? Sifat koligatif larutan adalah sifat larutan yang hanya dipengaruhi oleh jumlah partikel zat terlarut di dalam larutan dan tidak dipengaruhi oleh sifat dari zat terlarut. Sifat koligatif larutan ini meliputi: Penurunan Tekanan Uap (ΔP)

Soal Tema 4 Kelas 6 Posisi Pergelangan Kaki Yang Benar Saat Mengumpan Atau Menendang Bola Dengan Punggung Kaki Adalah Apa Fungsi Stomata Soal Kelas 3 Tema 1 Subtema 2 Soal Ulangan Harian Tema 1 Kelas 1 Sd Soal Un Biologi Dan Pembahasan Seni Audiovisual Adalah Sebutkan Dan Jelaskan Unsur-unsur Dari Laporan Perubahan Modal Sebutkan Alat Pembayaran Internasional Jika Arah Bola Rendah Dari Arah Servis Maka Pengembalian Bola Yang Benar Adalah Penyebab Runtuhnya Kerajaan Singasari

Sifat Koligatif Larutan: Pengertian, Sifat, Contoh Soal

Pernahkah kamu membuat es putar?

Saat membuat es putar, digunakan es yang dicampur dengan garam sebagai pendinginnya.

Mengapa demikian? Hal itu akan terjawab saat kita mempelajari materi sifat koligatif larutan.

Mari kita pelajari lebih lanjut tentang sifat koligatif larutan.

Daftar Isi

Pengertian Sifat Koligatif Larutan

Sifat koligatif larutan adalah sifat fisik larutan yang hanya bergantung pada jumlah partikel zat terlarut.

Sebelum mempelajari lebih lanjut, kita harus mengetahui jenis-jenis konsentrasi larutan terlebih dahulu, karena dalam perhitungannya akan banyak melibatkan rumus-rumus konsentrasi.

Berikut ini adalah beberapa jenis konsentrasi larutan.

1. Molaritas (M), adalah jumlah mol zat terlarut dalam 1 liter larutan.

2. Molalitas (m), adalah jumlah mol zat terlarut dalam 1 kg pelarut.

3. Fraksi mol (X), adalah perbandingan mol bagian dengan mol seluruh komponen.

Fraksi mol pelarut (Xp)

Fraksi mol terlarut (Xt)

Xp + Xt = 1

Sifat koligatif larutan meliputi empat sifat, yaitu :

Penurunan tekanan uap (∆P)Kenaikan titik didih (∆Tb)Penurunan titik beku (∆Tf)Tekanan osmotik (π)

Selanjutnya mari kita bahas satu per satu.

Baca juga Konfigurasi Elektron.

Penurunan Tekanan Uap (∆P)

Tekanan uap dari cairan murni bergantung pada jumlah molekul yang meninggalkan fase cair menjadi fase uap.

Jumlah partikel zat terlarut yang ditambahkan dalam cairan murni akan menjadi penghalang molekul cairan murni yang akan meninggalkan fase cair sehingga tekanan uap cairan murni (P⁰) lebih besar dari tekanan uap larutan (P).

Hal itu menunjukkan bahwa telah terjadi penurunan tekanan uap (∆P).

Jika Larutan Non ElektrolitJika Larutan Elektrolit∆P = P⁰ – P∆P = P⁰ – PP =  Xp . P⁰P =  Xp . P⁰ . i∆P = Xt . P⁰∆P = Xt . P⁰ . i

Dimana i = 1 + (n-1)α yang merupakan faktor Van’t Hoff

dengan derajat disosiasi, α =

, dan n = jumlah koefisien ion-ion.

Kenaikan Titik Didih (∆Tb)

Jika partikel zat terlarut ditambahkan dalam suatu pelarut, maka akan menyebabkan kenaikan titik didih (∆Tb), dimana titik didih larutan (Tblarutan) lebih besar dari titik didih pelarut (Tbpelarut).

Jika Larutan Non ElektrolitJika Larutan Elektrolit∆Tb = Tflarutan – Tfpelarut∆Tb = Tflarutan – Tfpelarut∆Tb = m . Kb∆Tb = m . Kb . i

Dimana :

m = molalKb = tetapan titik didihi = faktor Van’t Hoff

Penurunan Titik Beku (∆Tf)

Jika zat terlarut ditambahkan dalam suatu pelarut, maka akan menyebabkan penurunan titik beku (∆Tf), dimana titik beku pelarut (Tfpelarut) lebih besar dari titik beku larutan (Tflarutan).

Jika Larutan Non ElektrolitJika Larutan Elektrolit∆Tf = Tfpelarut – Tflarutan∆Tf = Tfpelarut – Tflarutan∆Tf = m . Kf∆Tf = m . Kf . i

Dimana :

m = molalKf = tetapan titik bekui = faktor Van’t Hoff

Tekanan Osmotik (π)

Osmosis adalah peristiwa berpindahnya zat pelarut dari larutan yang lebih encer ke larutan yang lebih pekat melalui membran semipermeabel.

Jika Larutan Non ElektrolitJika Larutan Elektrolitπ = M . R . Tπ = M . R . T . i

Dimana :

π = tekanan osmotik (atm)M = molaritasR = tetapan gas ideal = 0,082 L.atm/mol.KT = suhu Kelvini = faktor Van’t Hoff

Berdasarkan tekanan osmosik larutan, larutan terbagi menjadi tiga, yaitu :

Larutan isotonik, adalah larutan yang memiliki tekanan osmotik sama.Larutan hipertonik, adalah larutan yang memiliki tekanan osmotik lebih besar.Larutan hipotonik, adalah larutan yang memiliki tekanan osmotik lebih kecil.

Baca juga Ikatan Hidrogen.

Contoh Soal Sifat Koligatif Larutan

1. Diketahui bahwa tekanan uap air murni sebesar 100 mmHg. Jika fraksi mol NaCl adalah 10%, maka besar penurunan tekanan uap adalah …

Pembahasan

P⁰ = 100 mmHg

Xt = 10% = 0,1

∆P = … ?

∆P = Xt  . P⁰

∆P = 0,1 . 100 mmHg

∆P = 10 mmHg

Jadi, tekanan uap turun sebesar 10 mmHg.

2. Larutan yang isotonik dengan C6H12O6 0,3 M adalah …

KI 0,1 MCaCl2 0,1 MFeCl2 0,2 MPembahasan

Larutan isotonik adalah larutan yang memiliki tekanan osmotik sama. Maka kita cari terlebih dahulu besar tekanan osmotik (π) dari C6H12O6 0,3 M (larutan non elektrolit).

π C6H12O6 = M . R . T

π C6H12O6 = 0,3 . 0,082 . T

π C6H12O6 = 0,0246 T

Selanjutnya kita cari larutan yang memiliki π sama dengan π C6H12O6, yaitu sebesar 0,0246 T.

KI 0,1 M (larutan elektrolit kuat, maka α = 1)

KI → K+ + I–

n = 2

π KI = M . R . T . i

π KI = 0,1 . 0,082 . T . (1+(n-1)α)

π KI = 0,0082 T . (1+(2-1)1)

π KI = 0,0164 T

CaCl2 0,1 M (larutan elektrolit kuat, maka α=1)

CaCl2 → Ca2+ + 2Cl–

n = 3

π CaCl2 = M . R . T . i

π CaCl2 = 0,1 . 0,082. T . (1+(n-1)α)

π CaCl2 = 0,0082 T . (1+(3-1)1)

π CaCl2 = 0,0246 T

FeCl2 0,2 M (larutan elektrolit kuat, maka α=1)

FeCl2 → Fe2+ + 2Cl–

n = 3

π FeCl2 = M. R . T . i

π FeCl2 = 0,2 . 0,082 . T . (1+(n-1)α)

π FeCl2 = 0,0164 T . (1+(3-1)1)

π FeCl2 = 0,0492 T

Jadi, larutan yang isotonik dengan C6H12O6 0,3 M adalah larutan CaCl2 0,1 M.

3. Tekanan uap jenuh air pada suhu 28⁰C adalah 100 mmHg. Apabila 30 gram urea (Mr=60) dilarutkan dalam 2 mol air tersebut, maka tekanan uap larutan pada suhu yang sama sebesar … mmHg.

Pembahasan

P⁰ air = 100 mmHg

Mr urea = 60 gram/mol

Massa urea = 30 gram

n. air = 2 mol

P = … ?

P = Xp . P⁰

P = Xp . P⁰

P = 0,8 . 100 mmHg

P = 80 mmHg

Jadi, tekanan uap larutan urea tersebut sebesar 80 mmHg.

Demikian pembahasan mengenai sifat koligatif larutan. Semoga dapat bermanfaat. Baca juga Larutan Penyangga.

Sifat Koligatif Larutan

Sifat Koligatif Larutan Adalah : sifat, koligatif, larutan, adalah, Sifat, Koligatif, Larutan

Rangkuman Sifat Koligatif

Sifat Koligatif Larutan Adalah : sifat, koligatif, larutan, adalah, Rangkuman, Sifat, Koligatif

Bab 1 Sifat Koligatif Larutan

Sifat Koligatif Larutan Adalah : sifat, koligatif, larutan, adalah, Sifat, Koligatif, Larutan

Sifat Koligatif Larutan (Kimia Kelas XII)

Sifat Koligatif Larutan Adalah : sifat, koligatif, larutan, adalah, Sifat, Koligatif, Larutan, (Kimia, Kelas

Sifat Koligatif Larutan

Sifat Koligatif Larutan Adalah : sifat, koligatif, larutan, adalah, Sifat, Koligatif, Larutan

Sifat Koligatif Larutan ECA: Chemical, Chemistry, Elements, Koligatif, Larutan, Ml, Sciencé, Science, Science , Scİence | Glogster EDU - Interactive Multimedia Posters

Sifat Koligatif Larutan Adalah : sifat, koligatif, larutan, adalah, Sifat, Koligatif, Larutan, Chemical,, Chemistry,, Elements,, Koligatif,, Larutan,, Sciencé,, Science,, Science, Scİence, Glogster, Interactive, Multimedia, Posters

Sifat Koligatif Larutan - Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas

Sifat Koligatif Larutan Adalah : sifat, koligatif, larutan, adalah, Sifat, Koligatif, Larutan, Wikipedia, Bahasa, Indonesia,, Ensiklopedia, Bebas

Venti Hates Me On Twitter: "Sifat Koligatif Larutan (SKL) Iya Tau Jomplang Bgt Maap. Di Sini Kalian Saksi Nyata Revolusi Perkembangan Skill Lettering Neva… Https://t.co/HEallgrwYL"

Sifat Koligatif Larutan Adalah : sifat, koligatif, larutan, adalah, Venti, Hates, Twitter:,

Sifat Koligatif Larutan ECA: Chemical, Chemistry, Elements, Koligatif, Larutan, Ml, Sciencé, Science, Science , Scİence | Glogster EDU - Interactive Multimedia Posters

Sifat Koligatif Larutan Adalah : sifat, koligatif, larutan, adalah, Sifat, Koligatif, Larutan, Chemical,, Chemistry,, Elements,, Koligatif,, Larutan,, Sciencé,, Science,, Science, Scİence, Glogster, Interactive, Multimedia, Posters

Sifat Koligatif Larutan

Sifat Koligatif Larutan Adalah : sifat, koligatif, larutan, adalah, Sifat, Koligatif, Larutan

Sifat Koligatif Larutan

Sifat Koligatif Larutan Adalah : sifat, koligatif, larutan, adalah, Sifat, Koligatif, Larutan