Sejarah Atletik Lari Jarak Pendek

Pengertian Lari Jarak Pendek - Dalam dunia olahraga, lari adalah olahraga paling murah yang bisa dilakukan oleh siapapun, dimanapun selama fisik kuat dan ada lingkungan yang terbuka. Olahraga lari adalah bagian dari cabang atletik yang sering diperlombakan dalam perhelatan resmi mulai dari PON. Porda, Sea games, Asian games, Olimpiade dan kejuaraan-kejuaraan lain yang dilaksanakan dibawah […]2. Macam-macam Atletik / Nomor Lari Jarak Pendek yang Diperlombakan. Seperti yang telah disebutkan pada definisi lari jarak pendek sebelumnya, nomor lari jarak pendek yang diperlombakan ada 3 jenis, yaitu 100 meter, 200 meter dan 400 meter.Ada tiga jarak dari lintasan yang dilombakan dalam lari jarak pendek, yaitu lari 100 meter, 200 meter, dan 400 meter. Untuk mencapai kemenangan, pelari jarak pendek membutuhkan reaksi cepat, kecepatan yang baik, berlari yang efisien dan ketepatan saat memulai start dan berusaha dalam mempertahankan kecepatan dari awal sampai mencapai ke garisPENJELASAN TEKHNIK LARI Peraturan Perlombaan Lari Jarak Pendek SARANA 1. Peraturan Perlombaan a. Garis start dan finish dalam lintasan lari ditunjukan dengan sebuah garis selebar 5 cm siku - siku dengan batas tepi dalam lintasan. Jarak perlombaan harus diukur dari tepi garisLari jarak pendek sendiri bisa dibedakan menjadi tiga jenis. Yakni lari jarak pendek 100 meter untuk putra dan putri, lari jarak 200 meter untuk putra dan putri, serta lari 400 meter untuk putra dan putri. Berikut uraian selengkapnya untuk pengertian, sejarah, gaya, dan teknik dasar lari jarak pendek.

Lari Jarak Pendek (Sprint) : Teknik, Peraturan, A - Z

Sejarah Lari Jarak Pendek. Lari merupakan salah satu cabang olahraga tertua di dunia. Sebelum masuk dalam cabang olahraga, lari jarak pendek sudah dikenal sejak peradaban manusia kuno. Bahkan, lari jarak pendek ini mulai diperlombakan dalam olimpiade Yunani pada tahun 776 SM.About Press Copyright Contact us Creators Advertise Developers Terms Privacy Policy & Safety How YouTube works Test new features Press Copyright Contact us CreatorsSejarah lari jarak pendek - Lari jarak pendek adalah salah satu jenis lari yang pada umumnya dilakukan dengan membutuhkan kekuatan dan kecepatan penuh dalam sepanjang garis lintasan, mulai dari awal titik start hingga finish. Yang dimana pemenangnya akan ditentukan berdasarkan catatan waktu. Terdapat tiga jarak lintasan yang dilombakan pada lari jarak pendek, yaitu lari dengan […]Menurut muhajir (2007) lari jarak pendek merupakan sebuah perlombaan lari dengan kecepatan penuh, yaitu pada jarak 100 m, 200 m, dan 400 m. 4. Menurut Muhtar (2011) Menurut muhtar (2011) lari jarak pendek merupakan sebuah lari yang harus ditempuh dengan kecepatan semaksimal mungkin, dengan peeraturan yang telah ditetepakan dalam lari tersebut.

Lari Jarak Pendek (Sprint) : Teknik, Peraturan, A - Z

Lari Jarak Pendek - Pengertian, Teknik, Aba - Aba Dan

Dalam olahraga lari jarak pendek atau sprint, merupakan salah satu olahraga atletik cabang lari. Olahraga lari jarak pendek sendiri memiliki berbagai macam panjang lintasan, mulai dari 100, 200, hingga 400 meter. Dalam olahraga lari jarak pendek, untuk startnya menggunakan start jongkok.Peraturan Lari Jarak Pendek . Peraturan atletik ini dapat diatur hingga diresmikan oleh Athletics Federations di tingkat internasional dalam persatuan olahraga tingkat nasional. Berikut beberapa peraturan olahraga lari jarak pendek : Setiap pelari harus melawati garis start dan garis finish dengan benar dan melakukannya dengan tegak dan lurus.Beberapa dari olahraga yang menjadi bagian dari atletik adalah lari jarak pendek, lari jarak menengah, lari jarak jauh, lari estafet, lempar lebing, lempar cakram, dan lain - lain. Disini, kami akan membahas apa itu lari jarak menengah, sejarah, teknik, peraturan, serta manfaatnya.Blog Baru Sejarah atletik Januari sejarah perkembangan atletik atletik lari nomor atletik kuno untuk membuka jarak pendek kendala jangka pendek dunia dalam genggaman mereka Oktober berlari jarak jauh juga disebut sprint jalan yang disebut jarak pendek sprinter dari angka pada dan jarak jauh berjalan singkat kolesterol konsultan mereka sprint berlari pendek atau jarak jauh adalah…Lari jarak menengah merupakan salah satu cabang dalam atletik di nomor lari. Berbeda dengan lari jarak pendek yang hanya mengedepankan kecepatan, lari jarak menengah perlu strategi yang matang untuk bisa finis terdepan. Pasalnya, para atlet harus menempuh jarak yang sedikit jauh mulai dari start sampai garis finis.

Sejarah Sunan Bonang Lengkap Pembabakan Waktu Dalam Sejarah Sejarah Softball Di Indonesia Sejarah Sepak Bola Indonesia Yang Benar Sejarah Nabi Muhammad Periode Mekah Sejarah Joger Bali Makalah Sejarah Bahasa Indonesia Pdf Sejarah Bilangan Fibonacci Sejarah Tentang Sepak Bola Struktur Novel Sejarah Sejarah Kitab Sutasoma

Lari Jarak Pendek

Artikel makalah Lari Jarak Pendek – yang meliputi dari pengertian, sejarah, manfaat, teknik, tujuan, paraturan, ukuran lapangan, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Halo sobat olahraga, Materi kali ini yang akan kami bahas adalah mengenai beberapa informasi yang berisi dengan merupakan salah satu cabang olahraga yang memiliki rangkum tentang lari jarak pendek dengan demikian hal ini sebagai cabang olahraga atletik.

Untuk lebih mudah memahaminya langsung saja simak penjelasan di bawah ini :

Daftar Menu Artikel

Pengertian Lari Jarakj Pendek

Lari jarak pendek merupakan salah satu cabang olahraga yang menggunakan teknik kekuatan kaki sehingga dapat menjaga keseimbangan pada tubuh.

Olahraga ini sangat banyak menguras tenaga karena akan dibutuhkan juga teknik dalam pernafasan yang baik dan benar sehingga dalam melakukan nya tidak terlalu ngos-ngosan pada saat berlari.

kecepatan dalam melakukan olahraga ini dalam sepanjang garis lintasan yang akan menjadi diperlukan tentang penguasaan teknik dasar yang terlebih dahulu.

Baca Juga: Lari Cepat

Sejarah Lari Jarak Pendek

Hal tersebut adalah salah satu cabang olahraga yang tertua di dunia olahraga sehingga menjadi satu-satunya yang berdiri tepatnya pada tahun 1976 SM dari seseorang yang ahli di bidang olahraga.

Menurut cerita hal ini sering dilombakan pada olimpiade ajang perlombaan yang merupakan salah satu bentuk penghormatan dalam berlari sejauh 40 m dengan kemenangan cabor lari pendek tepatnya pada tahun 1896.

Selain terdapat beberapa jenis lari yang lainnya maka dapat juga memiliki dalam jarak yang akan di tempuh pada setiap jenis lari yang memiliki teknik yang berbeda beda dengan jenis lari yang lainya.

Teknik Dasar Lari Jarak Pendek

Setelah mengetahui beberapa penjelasan dan sejarah di atas tentang olahraga terdapat juga beberapa teknik dasar yang harus di ketahui pemain tentang olahraga tesebut.

Berikut beberapa teknik nya adalah sebagai berikut :

A. Teknik Start Lari Jarak Pendek

Start merupakan suatu teknik dasar dalam persiapan awal seorang pelari yang akan melakukan gerakan berlari sehingga pelari dapat mengoptimalkan nya.

Diantara beberapa teknik start yang terdapat adalah sebagai berikut:

Start Pendek : start pendek menggunakan dengan kaki kiri di depan dan lutut kaki kanan terletak di sebelah sekitar kaki kiri dengan satu kepal sehingga kedua tangan dapat diletakkan di belakang garis start.

Start Panjang : Start panjang menggunakan dengan kaki kiri yang diletakkan di depan lutut sehingga kaki kanan akan terletak di belakang sekitar satu kepalan.

Start Menengah : Start menengah menggunakan dengan kaki kiri di depan sehingga lutut dan kaki kanan diletakkan pada belakang garis start dengan menggunakan empat jari yang di rapatkan.

B. Teknik Sikap Tubuh Lari Jarak Pendek

Teknik sikap tubuh pada lari jarak pendek ini adalah Jangan terlalu tegak serta jangan terlalu membungkuk pada garis star seperti pada titik awalan start yang terlalu tegak.

Hal ini akan menyebabkan dapat menghambat dalam kecepatan yang terlalu membungkuk dapat mengganggu pernafasan yang tepat tegak dan posisi tubuh agak condong ke arah depan. Sehingga otomatis awalan lari akan perlahan mengikuti pada gerak tubuh.

C. Teknik Mencapai Finish

Teknik Mencapai Finish adalah salah satu target yang akan di capai pada saat mencapai garis finish karena otomatis kecepatan tetap fokus pada garis finish.

Dengan demikian gerakan tubuh yang akan menyentuh garis finish karena dapat memikirkan aksi apapun agar tetap berlari dengan kecepatan yang akan dengan mudah mencapai finis dengan penuh.

Baca Juga: Salto Depan

Ukuran Lapangan Lari Jarak Pendek

Lapangan dalam penggunaan olahraga ini dapat di lakukan pada lapangan terbuka maupun pada lapangan yang tertutup atau dapat juga di lakukan pada lapangan yang khusus.

Berikut bentuk lapangan lari jarak pendek adalah sebagai berikut :

Memiliki luas 400 meter persegi dengan dan terdapat 1 titik garis finish Memiliki garis start yang berbeda dan memiliki ukuran 100 m dan 200 m maupun 400 mMemiliki lintasan sprinter 100 m dari start hingga finishPada sprinter memiliki nomor yang berjarak 400 m dan atlet akan menempuh 1 kali dalam putaran pada lapangan

Peraturan Lari Jarak Pendek

Peraturan atletik ini dapat diatur hingga diresmikan oleh  Athletics Federations di tingkat internasional dalam persatuan olahraga tingkat nasional.

Berikut beberapa peraturan olahraga lari jarak pendek :

Setiap pelari harus melawati garis start dan garis finish dengan benar dan melakukannya dengan tegak dan lurus.Setiap atlet wajib memperhatikan beberapa aba-aba dari pemandu dalam olahraga tersebut.Setiap atlet tidak boleh berlari pada gari start Pada saat awalan start dan maksimal kesalahan yang anggap tidak sahSetiap pelari dilarang memasuki lintasan dalam pelari lainSetiap pelari dilarang mengganggu pelari lainSetiap pelari tidak diperbolehkan keluar dari lintasan Setiap pelari tidak diperbolehkan menggunakan doping

Manfaat Lari Jarak Pendek

Hal ini memang olahraga yang sangat mudah di lakukan dan terdapat beberapa manfaat dalam olahraga ini.

Berikut beberapa manfaat yang di dapat dalam olahraga ini adalah sebagai berikut :

Membakar lemakMenguatkan tulangMembentuk ototMeningkatkan kecepatan dalam berlariMemperlancar pernafasan

Demikian lah yang dapat kami sampaikan mengenai informasi tentang lari jarak pendek dan beberapa tekninya, semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan mermanfaat, terima kasi telah berkunjung di halaman Web Kami.

Baca Juga: Baseball Pass

Share this:Related posts:

DOC) Sejarah Olahraga Lari Jarak Pendek | Idris Maulana - Academia.edu

Sejarah Atletik Lari Jarak Pendek : sejarah, atletik, jarak, pendek, Sejarah, Olahraga, Jarak, Pendek, Idris, Maulana, Academia.edu

Sejarah Lari Jarak Pendek - Berbagi Informasi

Sejarah Atletik Lari Jarak Pendek : sejarah, atletik, jarak, pendek, Sejarah, Jarak, Pendek, Berbagi, Informasi

DOC) SEJARAH ATLETIK BESERTA LAPANGAN | Izan Irwansyah - Academia.edu

Sejarah Atletik Lari Jarak Pendek : sejarah, atletik, jarak, pendek, SEJARAH, ATLETIK, BESERTA, LAPANGAN, Irwansyah, Academia.edu

Sejarah Olahraga Lari Jarak Pendek.docx

Sejarah Atletik Lari Jarak Pendek : sejarah, atletik, jarak, pendek, Sejarah, Olahraga, Jarak, Pendek.docx

ATLETIK Lari Pendek

Sejarah Atletik Lari Jarak Pendek : sejarah, atletik, jarak, pendek, ATLETIK, Pendek

Top PDF Sejarah Olahraga Lari Jarak Pendek - 123dok.com

Sejarah Atletik Lari Jarak Pendek : sejarah, atletik, jarak, pendek, Sejarah, Olahraga, Jarak, Pendek, 123dok.com

Artikel Olahraga Lari

Sejarah Atletik Lari Jarak Pendek : sejarah, atletik, jarak, pendek, Artikel, Olahraga

ATLETIK

Sejarah Atletik Lari Jarak Pendek : sejarah, atletik, jarak, pendek, ATLETIK

Semua Tentang Atletik Lengkap: Lari Jarak Pendek, Menengah, Jarak Jauh, Lompat Galah, Lempar Lembing Dan Cakram - WAWASANKU

Sejarah Atletik Lari Jarak Pendek : sejarah, atletik, jarak, pendek, Semua, Tentang, Atletik, Lengkap:, Jarak, Pendek,, Menengah,, Jauh,, Lompat, Galah,, Lempar, Lembing, Cakram, WAWASANKU

Makalah Lari Jarak Pendek Dan Jalan Cepat - Contoh Makalah

Sejarah Atletik Lari Jarak Pendek : sejarah, atletik, jarak, pendek, Makalah, Jarak, Pendek, Jalan, Cepat, Contoh

DOC) Lari Jarak Pendek Sprint | Dwi Alfurqon - Academia.edu

Sejarah Atletik Lari Jarak Pendek : sejarah, atletik, jarak, pendek, Jarak, Pendek, Sprint, Alfurqon, Academia.edu