Proses Terjadi Nya Menstruasi

Menstruasi, haid atau datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Periode ini penting dalam hal reproduksi.Pada manusia, hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menopause.Selain manusia, periode ini hanya terjadi pada primata-primata besar, sementaraPenjelasan sederhana mengenai proses terjadinya menstruasi Menstruasi dimulai ketika seorang anak perempuan menginjak masa pubertas . Pada beberapa orang, pubertas bisa terjadi ketika usia 10 tahun, namun ada pula yang baru mengalaminya saat berumur 16 tahun.Proses Terjadinya Menstruasi. Mekanisme terjadinya perdarahan menstruasi tidak diketahui secara medis, tetapi ada beberapa faktor yang berperan penting dalam terjadinya perdarahan menstruasi, yaitu faktor-faktor seperti enzim, pembuluh darah, hormon prostaglandin dan hormon seks steroid (estrogen dan progesteron).Proses Terjadinya Menstruasi Posted: May 16, 2011 in SEKSUALITAS. 0. Saat seorang bayi perempuan dilahirkan ovariumnya mengandung ratusan ribu sel telur tetapi belum berfungsi, tetapi ketika menginjak usia pubertas maka ovariumnya mulai berfungsi dan terjadi proses yang disebut siklus menstruasi.Definisi dan Tahapan Proses Terjadinya Haid ( Menstruasi ) Definisi Haid adalah perdarahan periodik dan siklik dari uterus yang disertai pelepasan (deskuamasi) endometrium, yang merupakan gambaran pengaruh hormonal pada endometrium, tanpa terjadinya suatu kehamilan Siklus Haid adalah jarak / periode waktu antara hari pertama mulainya haid sampai dengan hari pertama haid berikutnya A. Tahapan

Proses Terjadinya Menstruasi Secara Berurutan | HonestDocs

Proses Terjadinya Menstruasi. Proses Terjadinya Menstruasi pada wanita biasanya terjadi secara rutin setiap bulan dan dengan siklus yang berbeda beda. Menstruasi sendiri terjadi dikarenakan meluruhnya penebalan yang ada pada dinding rahim yang telah dipersiapkan untuk kehamilan selain darah, cairan menstruasi yang dikeluarkan ini juga mengandung lendir dan juga sel sel lapisan yang ada di dalam rahim.Proses Terjadinya Menstruasi Pada Wanita Menstruasi merupakan bagian dari proses reguler yang mempersiapkan tubuh wanita setiap bulannya untuk kehamilan. Daur ini melibatkan beberapa tahap yang dikendalikan oleh interaksi hormon yang dikeluarkan oleh hipotalamus, kelenjar dibaw….kandungan menunaikan faalnya. Panjang siklus haid ialah jarak antara tanggal mulainya haid yang lalu dan mulainya haid yang baru.Biasanya, periode pertama terjadi sekitar usia 12 atau 13 tahun.Manfaat mengetahui proses terjadinya menstruasi Seperti disampaikan di awal tadi, ada manfaatnya kalau kita tahu soal proses menstruasi. Anda jadi tahu kapan saatnya berenergi, dan ternyata normal kalau sesekali merasa down. Inilah salah satu alasan mengapa penting untuk mencatat siklus haid setiap bulannya.

Proses Terjadinya Menstruasi Secara Berurutan | HonestDocs

Menstruasi : Pengertian, Fungsi, Proses, Ciri, Gangguan

Video Edukasi Kesehatan Reproduksi Remaja - Menstruasiby Nisa NovaeniBaca juga Jelaskan proses terjadinya menstruasi dan hormon yang berperan. Penutup. Demikian yang dapat Jagoan Ilmu bagikan, tentang peristiwa menstruasi pada wanita terjadi karena. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi jagoanilmu.net, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Biologi berikutnya.makalah proses terjadinya menstruasi pada wanita. Inilah makalah proses terjadinya menstruasi pada wanita dan ulasan terbaik lainnya yang berkaitan dengan makalah proses terjadinya menstruasi pada wanita yang Anda cari.. Klik pada judul artikel berikut ini untuk membaca ulasan kami tentang makalah proses terjadinya menstruasi pada wanita.Selamat membaca dan semoga bermanfaat.PendahuluanPada masa awal pubertas, banyak remaja perempuan yang belum atau bahkan tidak mengetahui pentingnya memiliki pengetahuan mengenai sistem dan proses perkembangan alat reproduksi.Dalam proses menstruasi, tubuh bekerja sesuai dengan kodratnya. Biasanya, menstruasi menimbulkan rasa nyeri yang berlebih disekitar perut, perubahan mood, dan lain sebagainya. Hal ini terjadi karena ada hormon yang bekerja ketika sudah masuk masa menstruasi. Proses terjadinya menstruasi.

Google Translate Jepang Hiragana Perlawanan Rakyat Indonesia Terhadap Jepang Daerah Penghasil Gerabah Gerak Dasar Gaya Punggung Merupakan Gerak Yang Efisien Dalam Potongan Rambut Pria Korea Makna Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita Runtuh Pemain Dari Jendela Smp Sctv Santi Jual Beli Ayam Bangkok Kediri Hello Again Sub Indo Pianika Mengheningkan Cipta Foxit Reader Kuyhaa

Siklus Menstruasi : Fase, Pengertian Dan Penghitungannya Beserta Gambar

YANG AKAN DIBAHAS PADA MATERI INI :

Siklus Menstruasi

Ekosistem.co.id – Siklus Menstruasi merupakan salah satu siklus yang penting bagi wanita, siklus ini dimulai ketika wanita menginjak usia remaja. Siklus menstruasi pun berlangsung antara 3 hingga 7 hari.

Banyak yang mengira jika siklus menstruasi terjadi setiap satu bulan sekali, namun sebenarnya siklus menstruasi terjadi setiap 21 hingga 35 hari. Lalu apa saja fakta mengenai siklus khusus wanita ini.

Simak di bawah ini penjelasannya ya!

 

Siklus Menstruasi Adalah

Merupakan sebuah siklus hormonal bulanan yang dilewati oleh semua wanita, siklus ini berguna untuk mempersiapkan kehamilan bagi wanita. Siklus ini bisa dihitung sejak pertama kali menstruasi hingga hari pertama pada periode yang berikutnya.

 

Cara Menghitung Siklus Haid yang Benar

Untuk menghitung siklus haid bisa dilakukan mulai dari hari pertama darah menstruasi keluar di bulan ini. Bercak coklat atau flek biasanya akan muncul beberapa hari sebelum haid.

Misalnya jika hari pertama menstruasi terjadi pada bulan November tanggal 15, maka siklus menstruasi berikutnya akan terjadi pada tanggal 12 Desember. Jika dihitung maka siklus menstruasi terjadi setiap 28 hari yang dihitung sejak hari pertama menstruasi pada tanggal 15 November hingga tanggal 11 Desember.

Tanggal 12 Desember tidak dihitung karena di tanggal ini, sudah mengalami menstruasi.

Baca Juga :  Sistem Endokrin – Fungsi, Organ Dan Gambarnya

Faktanya tidak semua wanita mengalami siklus menstruasi yang normal, ada beberapa orang yang mengalami fase ini lebih cepat mau pun lebih lambat. Sementara cara menghitung siklus haid yang tidak teratur, sama dengan cara menghitung siklus haid teratur seperti di atas.

Bagi mereka yang tidak mempunyai menstruasi tidak teratur maka diharuskan untuk mencatat siklus haid minimal selama enam bulan. Dan dari hasil ini kita bisa mengetahui siklus haid dengan lebih akurat.

 

Hormon yang Bekerja pada Siklus Menstruasi

1.) Estrogen

Hormone ini diproduksi oleh ovarium dan memiliki peran pada proses ovulasi ketika siklus reproduksi wanita dilakukan. Hormon ini juga berperan dalam menjaga perubahan tubuh remaja ketika melwati masa pubertas.

Seperti pembentukan lapisan rahim kembali setelah periode haid.

 

2.) Progesteron

Bersama dengan hormon esterogen, hormon ini bertugas sebagai penjaga siklus reproduksi dan menjaga selama masa kehalimal. Hormon ini juga diproduksi oleh ovarium dalam proses penebalan di dinding rahim.

 

3.) Hormon pelepas gonadotropin (Gonadotrophin-releasing hormone-GnRh)

Hormon ini diproduksi oleh otak dan berguna untuk memberikan ransangan bagi tubuh agar menghasilkan hormon perangsang folikel serta hormon pelutein.

 

4.) Hormon Pelutein (Luteinizing hormone-LH)

Hormon ini bertugas untuk memberikan ransangan bagi sel telur agar proses ovulasi bisa dimulai.

 

5.) Hormon perangsang folikel (Follicle stimulating hormone-FSH)

Fungsi hormon ini untuk membantu sel telur pada ovarium matang serta melepaskannya. Kelenjar pituitari yang ada di bawah otak ini lah yang memproduksi hormon perangsang folikel.

 

Fase Siklus Menstruasi

Siklus menstruasi terjadi dalam beberapa fase, seperti di bawah ini :

Fase Pertama – Menstruasi

Fase pertama ini terjadi selama 1 hingga 7 hari, yang mana di masa ini lapisan dinding rahim akan luruh dan menjadikannya darah yang dikeluarkan sebagai haid. Selama haid darah yang dikeluarkan sekitar 30 hingga 40 ml setiap siklus.

Baca Juga :  Anatomi Jantung

Sejak hari pertama hingga hari ke 3 darah yang akan keluar umumnya lebih banyak sehingga wanita merasakan nyeri di bagian panggul, kaki dan punggung. Dan juga merakan kram di bagian perutnya.

Rasa nyeri dan kram terjadi dikarenakan adanya kontraksi rahim yang terjadi pada otot rahim karena hormon rostaglandin yang meningkat selama masa haid.

Selain itu kontraksi pada rahim membuat suplai oksigen berkurang dan menyebabkan kram hingga rasa nyeri selama menstruasi.

Namun rasa kram dan nyeri berfungsi untuk mendorong dan mengeluarkan lapisan dinding rahim agar luruh menjadi darah haid.

Lapisan dinding rahim yang luruh ini juga terjadi karena penurunan kadar estrogen dan progesteron di waktu yang sama.

Selama masa menstruasi hormon esterogen ada di tingkat yang rendah sehingga wanita terkadang mengalami emosional yang tidak stabil. Menjadi mudah tersinggung selama masa menstruasi.

 

Fase Kedua – Pra ovulasi dan Ovulasi

Pada fase ini lapisan dinding rahim yang tadinya sudah luruh menjadi darah haid akan mulai menebal kembali. Pada fase ini dinding rahim akan cukup tipis sehingga mempermudah sperma untuk melewatinya. Fase ini akan bertahan kurang lebih selama 3 hingga 5 hari dan proses ini penebalan rahim ini terjadi karena peningkatan hormone.

Banyak yang beranggapan jika ovulasi terjadi di hari ke 14 setelah siklus haid pertama, namun sebenarnya masa ovulasi akan berbeda pada setiap wanita. Dan hal ini tergantung pada siklus menstruasi masing-masing serta beberapa faktor lainnya.

Misalnya seperti stress, diet, sakit, penurunan berat badan dan olahraga.

Sehingga fase ini menjadi fase terbaik untuk melakukan hubungan suami istri jika ingin segera memiliki keturunan.

 

Fase Ketiga – Pra Menstruasi

Dinding rahim akan semakin menebal di fase ini berkat adanya folikel yang sudah pecah dan mengeluarkan sel telur lalu membentuk korpus luteum. Lalu korpus luteum pun akan memproduksi hormon progesteron yang menebalkan dinding rahim dan menjadi semakin tebal.

Baca Juga :  Sistem Gerak Pada Manusia – Fungsi Rangka, Sendi, Otot, dan Tulang

Apabila pembuahan tidak terjadi maka dinding rahim yang semakin menebal ini pun akan membuat wanita merasakan gejala pramenstruasi atau PMS. Seperti perubahan emosi dan kondisi fisik, nyeri pada beberapa bagian tubuh, mudah lelah dan pusing hingga merasa kembung.

Korpus luteum yang mengalami degenerasi pun akan berhenti memproduksi progesterone dan jika tidak terjadi pembuahan. Sehingga kadar estrogen bersama dengan progesterone menjadi menurun. Lalu lapisan dinding rahim yang menebal tersebut akan luruh kembali menjadi darah.

Dan akan dikeluarkan kembali pada siklus menstruasi.

 

Cara Memperlancar Siklus Menstruasi

Terkadang siklus menstruasi pada wanita berbeda-beda, ada yang normal dan ada juga yang tidak normal sehingga. Siklus menstruasi pun akan dipengaruhi oleh beberapa hal, dan berikut ini cara memperlanjar siklus menstruasi :

1.) Istirahat yang cukup.

2.) Meditasi dan berlatih yoga.

3.) Menjaga kesehatan dan berat badan.

4.) Mengganti alat kontrasepsi.

5.) Terapi hormon.

7.) Mengonsumsi vitamin D.

 

Demikian Siklus Menstruasi : Fase, Pengertian Dan Penghitungannya Beserta Gambar yang bisa kami jelaskan pada kali ini. Semoga bermanfaat ya!

 

Baca juga Artikel kami lainnya :

4.9 / 5 ( 106 votes ) Share this:Related posts:

BAB II TINJAUAN TEORI A. Pola Menstruasi 1. Pengertian Pola Menstruasi Merupakan Serangkaian Proses Menstruasi Yang Meliputi Sik

Proses Terjadi Nya Menstruasi : proses, terjadi, menstruasi, TINJAUAN, TEORI, Menstruasi, Pengertian, Merupakan, Serangkaian, Proses, Meliputi

Menstruasi - Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas

Proses Terjadi Nya Menstruasi : proses, terjadi, menstruasi, Menstruasi, Wikipedia, Bahasa, Indonesia,, Ensiklopedia, Bebas

GangguanMenstruasi – Rizkimarizayeni

Proses Terjadi Nya Menstruasi : proses, terjadi, menstruasi, GangguanMenstruasi, Rizkimarizayeni

Siklus Menstruasi

Proses Terjadi Nya Menstruasi : proses, terjadi, menstruasi, Siklus, Menstruasi

Sebuah Siklus Yang Disebut Menstruasi

Proses Terjadi Nya Menstruasi : proses, terjadi, menstruasi, Sebuah, Siklus, Disebut, Menstruasi

Proses Terjadinya Menstruasi

Proses Terjadi Nya Menstruasi : proses, terjadi, menstruasi, Proses, Terjadinya, Menstruasi

DOC) IX: Siklus Menstruasi | Nur Rina Martyas Ningrum - Academia.edu

Proses Terjadi Nya Menstruasi : proses, terjadi, menstruasi, Siklus, Menstruasi, Martyas, Ningrum, Academia.edu

Jelaskan Proses Terjadinya Menstruasi Dan Hormon Yang Berperan Kunci Jawaban - Guru Galeri

Proses Terjadi Nya Menstruasi : proses, terjadi, menstruasi, Jelaskan, Proses, Terjadinya, Menstruasi, Hormon, Berperan, Kunci, Jawaban, Galeri

Jelaskan Proses Terjadinya Menstruasi Dan Hormon Yang Berperan....! - Brainly.co.id

Proses Terjadi Nya Menstruasi : proses, terjadi, menstruasi, Jelaskan, Proses, Terjadinya, Menstruasi, Hormon, Berperan....!, Brainly.co.id

Proses Terjadinya Kehamilan

Proses Terjadi Nya Menstruasi : proses, terjadi, menstruasi, Proses, Terjadinya, Kehamilan

DOC) Siklus Mens | Muhammad Asriyadi - Academia.edu

Proses Terjadi Nya Menstruasi : proses, terjadi, menstruasi, Siklus, Muhammad, Asriyadi, Academia.edu