Peranan Protozoa Bagi Kehidupan

Posting pada Biologi Ditag 10 peran protozoa, 3 manfaat protozoa bagi manusia, 5 manfaat protozoa bagi kehidupan manusia, apa peranan protozoa dalam ekosistem, apa peranan protozoa dalam ekosistem jelaskan, berikut yang bukan merupakan ciri protozoa adalah, cara hidup protozoa, ciri ciri flagellata ditunjukkan oleh nomor, ciri ciri protozoaPeranan Fungi...Peranan fungi Peranan fungi bagi kehidupan manusia - Fungi (jamur) adalah organisme yang memperoleh makanan dengan cara mengekstraknya dari luar. Organisme ini banyak muncul di musim hujan dengan cara tumbuh di kayu lapuk, serasah, dan tumpukan jerami. Bila kemarau tiba, jamur segera mengalami kematian.peran-manfaat-protozoa-bagi-kehidupan-makhluk-hidup. Ciri - Ciri Protozoa. Protozoa mempunyai bentuk dan ukuran bervariasi. Pada umunmnya Ukuran tubuh protozoa kurang dari 10 mikro. Namun ada yang sampai berukuran 6 mm.Peranan Rhizopoda - Pengertian Rhizopoda - Ciri ciri khusus Rhizopoda. Rhizopoda adalah Protozoa yang mempunyai alat gerak dan menangkap makanannya dengan kaki semu (pseudopodia), Rhizopoda adalah termasuk protista mirip hewan. Tubuh Rhizopoda bersel tunggal dan bentuk selnya dapat berubah-ubah.Peranan Fungi...Peranan fungi Peranan fungi bagi kehidupan manusia - Fungi (jamur) adalah organisme yang memperoleh makanan dengan cara mengekstraknya dari luar. Organisme ini banyak muncul di musim hujan dengan cara tumbuh di kayu lapuk, serasah, dan tumpukan jerami. Bila kemarau tiba, jamur segera mengalami kematian.

peranan foraminifera - Macam Jeniss

Kata Protozoa berasal dari bahasa Yunani, yaitu protos yang berarti pertama atau mula-mula dan zoon yang berarti hewan sehingga Protozoa diartikan sebagai hewan yang pertama. Dalam bab ini saya akan menerangkan tentang Ciri, Klasifikasi, Peranan Protozoa bagi Kehidupan untuk lebih jelasnya silahkan baca disini. 1. Ciri- Ciri ProtozoaTag: tuliskan peranan protozoa bagi kehidupan. Protozoa Adalah. Oleh Dosen Pendidikan 2 Diposting pada 17/01/2021. Pengertian Protozoa Protozoa adalah protista yang menyerupai hewan. Protozoa berasal dari bahasa Yunani, yaitu protos artinya pertama dan zoon artinya hewan. Protozoa merupakan organisme bersel tunggal yang sudah memiliki membran […]Tag: tuliskan peranan protozoa bagi kehidupan. Protozoa Adalah. Oleh Dosen Pendidikan 2 Diposting pada 07/01/2020 09/01/2020. Pengertian Protozoa Protozoa adalah protista yang menyerupai hewan. Protozoa berasal dari bahasa Yunani, yaitu protos artinya pertama dan zoon artinya hewan. Protozoa merupakan organisme bersel tunggal yang sudah.Peranan protozoa bagi kehidupan manusia. Juni 15, 2019. Biologi. Protozoa merupakan kelompok lain protista eukariotik. Kadang-kadang antara algae dan protozoa kurang jelas perbedaannya. Kebanyakan Protozoa hanya dapat dilihat di bawah mikroskop. Beberapa organisme mempunyai sifat antara algae dan protozoa.

peranan foraminifera - Macam Jeniss

Manfaat Peran Protozoa Dalam Kehidupan | ardra.biz

Peranan Protozoa dalam Kehidupan Manusia a. Peran yang Menguntungkan Protozoa yang hidup di air tawar dan air laut merupakan zooplankton yang menjadi salah satu sumber makanan bagi hewan air termasuk udang, ikan, kepiting yang secara ekonomis bermanfaat bagi manusia.22196486 Peran Protozoa Dalam Kehidupan . 1 1 0 Loading....Peranan Protozoa Bagi Kehidupan. Protozoa yang merugikan antara lain Plasmodium, Entamoeba hyctolitica,Trypanosoma dan Balantidium. Protozoa yang menguntungkan antara lain, Entamoeba coli yang hidup di usus sapidapat membantu pencernaan sapi. Rhizopoda ada yang memiliki cangkang keras untuk melindungi selnya.Tag: Peranan Protozoa Bagi Kehidupan Manusia. Contoh protozoa adalah. 2020-04-10 2020-04-10. Protozoa adalah eukariota sel tunggal (organisme yang selnya memiliki nukleus) yang biasanya menunjukkan karakteristik yang biasanya terkait dengan hewan, terutama mobilitas dan heterotropi. Protozoa sering dikelompokkan dalam Kingdom Protista bersamaPeranan Protozoa Kehidupan Manusia Peran Yang Menguntungkan. Protozoa yang hidup di air tawar dan air laut adalah zooplankton yang merupakan salah satu sumber makanan bagi hewan air, termasuk udang, ikan, dan kepiting yang secara ekonomi bermanfaat bagi manusia. Peran protozoa anataralain ialah mengatur jumlah bakteri di alam, karena protozoa

Google Translate Jepang Hiragana Perlawanan Rakyat Indonesia Terhadap Jepang Daerah Penghasil Gerabah Gerak Dasar Gaya Punggung Merupakan Gerak Yang Efisien Dalam Potongan Rambut Pria Korea Makna Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita Runtuh Pemain Dari Jendela Smp Sctv Santi Jual Beli Ayam Bangkok Kediri Hello Again Sub Indo Pianika Mengheningkan Cipta Foxit Reader Kuyhaa

Kingdom Protista dan Peranannya dalam Kehidupan

Pernahkah kamu makan puding? Puding terbuat dari ganggang laut atau disebut juga rumput laut. Nah, tahukah kamu ternyata rumput/ganggang laut itu bukan tumbuhan lho, tetapi termasuk kedalam kingdom protista. Apakah kamu tahu apa protista itu? Bagaimanakah ciri-ciri protista tersebut?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, yuk simak penjelasan mengenai kingdom protista berikut ini.

Daftar Isi

Pengertian Protista

Istilah Protista berasal dari bahasa Yunani yaitu protos yang berarti pertama. Protista adalah organisme eukariot pertama atau paling sederhana. Sebagai organisme eukariotik, Protista memiliki membran inti sel.

Baca juga: Mengenal Peran Bakteri dalam Kehidupan

Ciri-ciri Protista

Pada tahun 1886 seorang ahli biologi Jerman bernama Ernest Haeckel memperkenalkan kingdom ketiga yaitu kingdom protista untuk menempatkan organisme yang bukan hewan ataupun tumbuhan. Ciri-ciri protista ini menyerupai organisme lain (hewan, tumbuhan, dan jamur).

Adapun ciri-ciri protista yaitu sebagai berikut.

Merupakan organisme eukariotik (memiliki membran inti sel)Merupakan organisme uniseluler dan multiselulerProtista ada yang hidup bebas di laut, air tawar, atau parasit pada makhluk hidup lainProtista ada yang menyerupai hewan, tumbuhan, dan jamurSebagian protista membuat makanan melalui proses fotosintesisSebagian protista ada yang berperan sebagai plankton

Klasifikasi Protista

Setelah kalian mengetahui mengenai ciri-ciri protista, lalu apakah semua protista memiliki ciri-ciri yang sama atau masih di bagi lagi ke dalam beberapa kelompok?

Berdasarkan kemiripan ciri-cirinya dengan organisme lain (hewan, tumbuhan, dan jamur), kingdom Protista diklasifikasikan menjadi tiga kelompok yaitu Protista mirip hewan (Protozoa), Protista mirip tumbuhan (Alga/Ganggang), dan Protista mirip jamur.

Untuk lebih memahami mengenai klasifikasi protista tersebut, yuk perhatikan penjelasan berikut ini.

Protista Mirip Hewan (Protozoa)

Klasifikasi protista yang pertama adalah Protozoa. Istilah Protozoa berasal dari bahasa Yunani yaitu proto = pertama dan zoa = hewan, jadi dapat diartikan bahwa Protozoa adalah hewan yang pertama. Protozoa adalah organisme uniseluler (bersel satu) yang menyerupai hewan.

Ciri-ciri Protista Mirip Hewan (Protozoa)Protozoa bersifat mikroskopis (hanya dapat diamati dengan mikroskop)Ukuran Protozoa sekitar 10 – 200 µm atau 0,01 – 0,2 mm, namun ada pula yang berukuran hingga 500 µm.Protozoa termasuk organisme eukariotik (memiliki membran inti sel)Protozoa umumnya dapat bergerak (motil)Protozoa memiliki alat gerak berupa kaki semu (pseudopodia), rambut getar (silia), atau bulu cambuk (flagela)Klasifikasi Protista Mirip Hewan (Protozoa)

Berdasarkan alat geraknya, Protista mirip hewan (Protozoa) diklasifikasikan menjadi empat filum, yaitu Rhizopoda, Ciliata, Flagellata, dan Sporozoa.

Rhizopoda (Sarcodina)

Alat gerak Rhizopoda (Sarcodina) berupa kaki semu (pseudopodia) yang merupakan penjuluran sitoplasma yang terbentuk saat bergerak untuk mendekati sumber makanan. Selain sebagai alat gerak, kaki semu (pseudopodia) juga berfungsi untuk menangkap makanan.

Rhizopoda (Sarcodina) pada umumnya hidup bebas di alam, namun ada pula yang hidup sebagai parasit dalam tubuh hewan dan manusia. Rhizopoda (Sarcodina) yang hidup di alam dapat ditemukan di air laut, air tawar, tanah yang basah, atau tempat yang berair dan lembap. Sedangkan Rhizopoda (Sarcodina) yang hidup sebagai parasit dapat menyebabkan penyakit.

Berikut adalah contoh dari Rhizopoda (Sarcodina)

Amoeba proteus

Sumber: .sciencesource.com

Entamoeba coli

Sumber: pinterest.comCiliata (Ciliophora/Infusoria)

Ciliata adalah protozoa yang memiliki alat gerak berupa rambut getar (silia). Habitat ciliata yaitu di air sawah, air sungai, air kolam, air selokan terutama yang banyak mengandung sisa-sisa tumbuhan dan hewan atau sampah organik.

Salah satu contoh Ciliata adalah Paramecium caudatum

Sumber: pinterest.comFlagellata

Flagellata adalah Protozoa yang memiliki alat gerak berupa bulu cambuk (flagel). Selain untuk bergerak, flagel digunakan untuk berenang atau untuk mengatur arus air agar bisa membawa makanan ke dalam mulutnya.

Sebagian besar flagellate hidup bebas,tetapi ada juga yang hidup sebagai parasit di tubuh hewan vertebrata dan juga manusia. Flagellata dikelompokkan menjadi dua yaitu fitoflagellata dan zooflagellata.

Fitoflagellata

Fitoflagellata adalah jenis flagellata yang memiliki struktur tubuh yang mengandung pigmen klorofil, sehingga dapat melakukan fotosintesis.

Berikut adalah contoh Fitoflagellata

Euglena viridis

Sumber: thoughtco.com

 Chlamydomonas

Sumber: pinterest.comZooflagellata

Zooflagellata adalah jenis falgellata yang tidak mempunyai klorofil sehingga tidak dapat membuat makanan sendiri. Cara hidup zooflagellata adalah dengan cara mengambil nutrisi yang ada di dalam air atau sebagai parasit pada hewan dan manusia.

Contoh zooflagellata adalah  Trypanosoma brucei gambiense

Sumber: researchgate.net

Sporozoa adalah jenis Protozoa yang tidak memiliki alat gerak dan hidupnya sebagai parasit pada hewan dan manusia. Disebut sporozoa karena dapat berkembangbiak dengan spora. Contoh sporozoa yaitu Plasmodium sp.

Sumber: pinterest.com2. Protista Mirip Tumbuhan (Alga/Ganggang)

Klasifikasi protista yang kedua adalah Protista Mirip Tumbuhan (Alga/Ganggang).

Ciri-ciri Protista Mirip Tumbuhan (Alga/Ganggang)Tubuh alga berupa talus uniseluler maupun multiseluler, berfilamen atau pipih seperti pita.Alga ada yang hidup di air tawar, air laut, ataupun di tempat yang lembap. Alga yang hidup di perairan berperan sebagai plankton yang melayang-layang dalam air.Alga/ganggang dapat menyebabkan air danau, air sawah, air kolam, atau akuarium tampak berwarna hijau. Namun, masyarakat sering keliru dan menyebutnya dengan lumut. Padahal alga dengan lumut sangatlah berbeda. Lumut tidak terendam dengan air, sedangkan alga/ganggang hidup di dalam air. Bila dipegang, lumut terasa seperti beludru dan lebih kering, sedangkan alga/ganggang terasa basah, licin, atau berlendir.Alga berbeda dengan tumbuhan, karena alga tidak memiliki diferensiasi jaringan, tidak memilki akar, daun, atau batang yang sesungguhnya.Alga memiliki klorofil, sehingga alga mampu membuat makanan sendiri melalui proses fotosintesisKlasifikasi Protista Mirip Tumbuhan (Alga/Ganggang)

Berdasarkan pigmen yang dominan, alga diklasifikasikan menjadi enam filum yaitu Euglenophyta, Chlorophyta (alga hijau), Chrysophyta (alga keemasan), Pyrrophyta (alga api), Phaeophyta (alga cokelat), dan Rhodophyta (alga merah).

Euglenophyta

Euglenophyta termasuk alga uniseluler, pada struktur tubuhnya terdapat  bintik mata berwarna merah (stigma), memiliki flagela, dan dapat bergerak aktif (motil) seperti hewan, tetapi memiliki klorofil dan dapat berfotosintesis seperti tumbuhan. Contoh Euglenophyta adalah Euglena viridis.

Sumber: thoughtco.comChlorophyta (alga hijau)

Pigmen dominan pada Chlorophyta (alga hijau) adalah klorofil a dan klorofil b, serta pigmen tambahan berupa karoten (kuning kemerahan) dan xantofil (kuning). Klorofil a dan klorofil b jumlahnya sangat banyak sehingga menutupi pigmen lainnya. Hal inilah yang menyebabkan Chlorophyta (alga hijau) berwarna hijau.

Chlorophyta (alga hijau) ada yang uniseluler soliter atau berkoloni dan multiseluler. Chlorophyta (alga hijau) uniseluler yang memiliki flagela dapat bergerak aktif (motil). Sedangkan Chlorophyta (alga hijau) multiseluler berbentuk benang atau lembaran.

Sebagian besar Chlorophyta (alga hijau) hidup secara fotoautotrof di air tawar, beberapa jenis lainnya hidup di air laut sebagai fitoplankton. Ada pula yang hidup di tanah yang lembap, menempel pada tumbuhan atau hewan atau hidup bersimbiosis dengan organisme eukariotik lainnya seperti lumut kerak (lichen).

Berikut adalah contoh Chlorophyta (alga hijau)

Ulva lactuca 

Sumber: 振鐸 李 dari Pixabay

Caulerpa racemosa

Sumber: pinterest.comChrysophyta (alga keemasan/alga pirang)

Chrysophyta adalah jenis alga bersel satu dan sebagian besar tidak memiliki dinding sel. Chrysophyta memiliki pigmen dominan derivat karoten berupa xantofil (kuning) dan pigmen lainnya yaitu klorofil a, klorofil c, dan fukosantin (cokelat).

Jenis Chrysophyta ada yang uniseluler soliter, uniseluler berkoloni, dan ada pula yang multiseluler. Jenis alga ini hidup di air laut dan air tawar serta berperan sebagai plankton. Contoh Chrysophyta adalah Vaucheria.

Sumber: pinterest.comPyrrophyta (alga api)

Pyrrophyta (alga api) adalah jenis alga yang dapat menyebabkan air laut tampak bercahaya di malam hari karena sel-selnya mengandung fosfor. Pyrrophyta disebut juga Dinoflagellata karena memiliki flagela.

Kecepatan pertumbuhan populasi Pyrrophyta dipengaruhi oleh suhu, kadar garam, nutrisi, serta kedalaman air laut. Jika terjadi pergerakan arus air dari bawah laut, nutrisi dari dasar laut akan terangkat ke permukaan dan populasi Pyrrophyta menjadi melimpah (blooming) sehingga timbul pasang merah (red tide) di laut.

Pasang merah sangat berbahaya bagi organisme laut dan manusia karena Pyrrophyta tersebut menghasilkan racun. Contoh Pyrrophyta adalah Ceratium

Sumber: sciencedirect.comPhaeophyta (alga cokelat)

Phaeophyta adalah jenis alga yang memiliki pigmen dominan fukosantin (cokelat) yang menutup pigmen lainnya, yaitu klorofil a, klorofil c, dan xantofil, sehingga alga ini berwarna cokelat.  Selain itu, Phaeophyta adalah alga multiseluler yang berbentuk benang atau talus (menyerupai tumbuhan tingkat tinggi).

Phaeophyta menyimpan cadangan makanan berupa minyak laminarin dan dinding selnya mengandung pectin dan asam alginat. Salah satu contoh Phaeophyta adalah Fucus sp.

Sumber: PollyDot dari PixabayRhodophyta (alga merah)

Rhodophyta adalah alga yang berwarna merah karena mengandung pigmen dominan fikobilin yang terdiri atas fikoeritrin (merah) dan fikosianin (biru). Rhodophyta hidup di air tawar, air laut, dan dapat tumbuh beberapa puluh meter di bawah permukaan air laut.

Tubuh Rhodophyta umumnya multiseluler dan berbentuk benang atau lembaran. Dinding sel Rhodophyta mengandung selulosa dan pektin. Ada pula yang dinding selnya mengandung zat kapur (kalsium karbonat), misalnya Corralina.

Berikut adalah contoh Rhodophyta (alga merah)

Palmaria palmata

Sumber: pinterest.com

Gracilaria

Sumber: pinterest.com3. Protista Mirip Jamur

Klasifikasi protista yang terakhir adalah Protista mirip jamur. Protista mirip jamur adalah anggota kingdom Protista yang memiliki ciri-ciri seperti jamur. Organisme ini tidak dimasukkan kedalam kingdom Fungi karena struktur tubuh dan cara perkembangbiakkannya berbeda dengan Fungi.

Ciri-ciri Protista Mirip JamurBersifat eukariotikTidak memiliki klorofil, sehingga tidak dapat berfotosintesisDapat menghasilkan sporaHeterotrofKlasifikasi Protista Mirip Jamur

Protista jenis ini diklasifikasikan menjadi tiga filum yaitu jamur lendir plasmodial (Myxomycota), jamur lendir seluler (Acrasiomycota), dan jamur air (Oomycota).

Jamur Lendir Plasmodial (Myxomycota/jamur lendir tidak bersekat)

Jamur lendir ini memiliki tahapan (fase) makan berbentuk massa ameboid (seperti Amoeba) dalam siklus hidupnya. Massa ameboid tersebut dinamakan plasmodium.

Plasmodium yang dimaksud di sini bukanlah plasmodium yang menyebabkan penyakit malaria. Plasmodium pada jamur lendir adalah fase makan dalam siklus hidup jamur lendir. Tiap plasmodium memiliki banyak inti, terdiri atas ribuan inti sel.

Pada tahap plasmodium, jamur lendir ini memperoleh makanan dengan cara fagositosis. Makanan tersebut berupa sisa-sisa daun atau kayu yang membusuk dan bakteri. Jika habitat mulai mengering dan makanan tidak ada, plasmodium bergerak ke permukaan yang terbuka dan mulai masuk pada tahap reproduksi.

Baca juga: Mengenal Bagian Mikroskop

Berikut ini adalah beberapa contoh dari jamur lendir plasmodial (Myxomycota)

Physarum polycephalum

Sumber: pinterest.com

Fuligo septica

Sumber: pinterest.comJamur Lendir Seluler (Acrasiomycota/ jamur lendir bersekat)

Jamur lendir ini merupakan bentuk peralihan antara bentuk Amoeba dan badan penghasil spora. Jamur lendir ini akan membentuk struktur pseudoplasmodium (plasmodium palsu), ketika akan mencari dan mendapatkan makanan.

Struktur pseudoplasmodium terdiri atas sel-sel yang berkumpul menyerupai siput tanpa cangkang. Sel-sel tersebut bergerak sebagai satu kesatuan, tetapi tiap sel merupakan struktur yang berdiri sendiri.

Habitat jamur lendir seluler yaitu di air tawar, tanah lembap, atau bagian tanaman yang membusuk. Contoh dari jamur lendir seluler yaitu Dyctiostelium.

Sumber: pinterest.comJamur Air (Oomycota)

Jamur air (Oomycota) dikatakan sebagai jamur yang memiliki telur. Jamur air adalah protista menyerupai jamur yang tersusun atas sel-sel filamen bercabang. Berbeda dengan jamur, dinding sel pada jamur air tersusun atas selulosa, bukan kitin. Hidupnya sebagai parasit atau saprofit. Contoh jamur air yaitu Saprolegnia sp. 

Sumber: researchgate.net

Peranan Protista dalam Kehidupan

Bagaimanakah peranan protista dalam kehidupan? Apakah protista itu menguntungkan? Atau justru malah merugikan? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, yuk simak penjelasan mengenai peranan protista berikut ini.

Peranan protista dalam kehidupan ada yang menguntungkan dan juga ada yang merugikan.

Peranan Protista yang Menguntungkan

Protista yang menguntungkan antara lain sebagai berikut.

Euglena viridis adalah protista yang berperan sebagai indikator polusi air/sungai.Fosil Foraminifera (Globigerina) digunakan untuk penanda (marker) umur batuan sedimen dan petunjuk pencarian sumber minyak bumiRadiolaria (Collosphaera dan Acanthometron), endapan cangkang (lumpur Radiolaria) digunakan sebagai bahan penggosok dan sebagai indikator sumber minyak bumiUlva digunakan sebagai sayuranCaulerpa racemosa digunakan sebagai sayuran dan lalapanChlorella digunakan sebagai PST (protein sel tunggal) yang diproduksi menjadi makanan suplemen dan kosmetikLaminaria digitalis sebagai penghasil iodin untuk obat penyakit gondokGelidium robustum dan Eucheuma spinosum digunakan sebagai bahan agar-agarPalmaria palmata (dulse), Porphyra, Chondrus crispus, dan Mastocarpus stellatus diolah menjadi sop, salad, pizza, dan noriTurbinaria australis, Sargassum silquosum, dan Fucus vesiculosus digunakan untuk membuat salep dan es krimNavicula digunakan untuk bahan isolasi, bahan penggosok, bahan penyekat dinamit, dan digunakan untuk campuran semen.Peranan Protista yang Merugikan

Selain dapat memberikan manfaat bagi kehidupan, Protista juga dapat merugikan. Protista dikatakan merugikan karena dapat menyebabkan penyakit pada manusia, hewan, dan tumbuhan.

Pada ManusiaPlasmodium dapat menyebabkan penyakit malariaTrypanosoma cruzi menyebabkan penyakit chagas yang menyerang hati, kelenjar limfa, dan sumsum tulangTrypanosoma gambiense menyebabkan penyakit tidur di daerah Afrika Tengah dan ditularkan oleh lalat tse-tse jenis Glossina palpalisEntamoeba gingivalis menyebabkan bau mulut, kerusakan gigi, dan gusiBalantidium coli menyebabkan disentri balantidium yang menyerang selaput lendir pada usus besarTrichomonas vaginalis menyebabkan keputihan pada wanitaPada HewanTrypanosoma evansi menyebabkan penyakit surra pada hewan ternak seperti kuda dan sapi. Penyakit tersebut ditularkan oleh lalat kandang (Stomoxys calcitrans).Trichomonas foetus menyebabkan keguguran pada kambingTrypanosoma vivax menyebabkan penyakit pada dombaSaprolegnia sp. hidup sebagai parasit pada ikan dan dapat menyebabkan kematian pada ikan air tawarPada TumbuhanPhytophthora faberi hidup parasit pada tanaman karetPhytophthora infestans menyebabkan penyakit karat putih pada tanaman kentangPhytophthora nicotinae menyerang tanaman tembakauPythium menyerang pangkal batang kecambah

Baca juga: Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Itulah pembahasan mengenai kingdom protista beserta ciri, klasifikasi dan peranannya dalam kehidupan. Bagaimana? Sekarang kamu sudah tahu kan apa protista itu? Semoga pembahasan kali ini bermanfaat.

Sumber:

Irnaningtyas. (2014). BIOLOGI. Jakarta: Erlangga.

Pitoyo. Ari dan R.Anis Nurdina. (2013). Surakarta: PT. Masmedia Buana Pustaka.

Riandari, Henny dan Ifandari. (2013). BIOLOGI. Solo: PT. Wangsa Jatra Lestari.

Peranan Protozoa Dalam Kehidupan Manusia.docx

Peranan Protozoa Bagi Kehidupan : peranan, protozoa, kehidupan, Peranan, Protozoa, Dalam, Kehidupan, Manusia.docx

Peran Protozoa Dalam Kehidupan

Peranan Protozoa Bagi Kehidupan : peranan, protozoa, kehidupan, Peran, Protozoa, Dalam, Kehidupan

Peran Protozoa Dalam Kehidupan

Peranan Protozoa Bagi Kehidupan : peranan, protozoa, kehidupan, Peran, Protozoa, Dalam, Kehidupan

Protozoa

Peranan Protozoa Bagi Kehidupan : peranan, protozoa, kehidupan, Protozoa

Peranan Protozoa Dalam Kehidupan Manusia.docx

Peranan Protozoa Bagi Kehidupan : peranan, protozoa, kehidupan, Peranan, Protozoa, Dalam, Kehidupan, Manusia.docx

Peranan Protozoa Dalam Kehidupan Manusia.docx

Peranan Protozoa Bagi Kehidupan : peranan, protozoa, kehidupan, Peranan, Protozoa, Dalam, Kehidupan, Manusia.docx

Ciri, Klasifikasi Serta Peranan Protozoa Dalam Kehidupan

Peranan Protozoa Bagi Kehidupan : peranan, protozoa, kehidupan, Ciri,, Klasifikasi, Serta, Peranan, Protozoa, Dalam, Kehidupan

DOC) Avertebrata Air Protozoa | Ulfah Maisyaroh - Academia.edu

Peranan Protozoa Bagi Kehidupan : peranan, protozoa, kehidupan, Avertebrata, Protozoa, Ulfah, Maisyaroh, Academia.edu

Pyhlum Protozoa

Peranan Protozoa Bagi Kehidupan : peranan, protozoa, kehidupan, Pyhlum, Protozoa

Contoh Dan Peranan Protista

Peranan Protozoa Bagi Kehidupan : peranan, protozoa, kehidupan, Contoh, Peranan, Protista

UKBM Protozoa

Peranan Protozoa Bagi Kehidupan : peranan, protozoa, kehidupan, Protozoa