Microsoft Word Merupakan Aplikasi Pengolah

Analisis Usability Pada Aplikasi Microsoft Word Berdasarkan Model Nielsen Sintia Dewi Puspitasari Program Studi Teknik Informatika, STMIK Sumedang E-mail : [email protected] ABSTRAK Microsoft Word merupakan perangkat lunak pengolah kata terbaik dan terpopuler di dunia.Microsoft Word merupakan aplikasi word processor yang merupakan bagian dari Microsoft Office yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Aplikasi ini memiliki berbagai macam fitur dan fungsi untuk memudahkan penggunanya dalam pengolahan kata.Aplikasi pengolah kata merupakan perangkat lunak yang tersedia pada komputer yang dirancang untuk mengolah kata. Beberapa contoh aplikasi pengolah kata yaitu Microsoft Word, Libre Office Writer, Open Office Writer, Kingsoft Office, dll. Pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa fitur yang terdapat pada salah satu aplikasi pengolah kata, Microsoft Word 2013.Install The Latest Version Of Microsoft® Word Today With A Microsoft 365® Subscription!Aplikasi ini diterbitkan pada tahun 1983 dengan berbagai versi, saat ini Ms.Word sudah ada versi terbaru yaitu Ms.Word 2016. Ms.word merupakan aplikasi pengolah kata, dalam artian semua pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan kata dapat dilakukan dengan menggunakan Ms.Word.

Aplikasi Alternatif Microsoft Word - FA Tekno

Writer merupakan aplikasi yang dilengkapi semua fitur yang kita harapkan dari sebuah aplikasi pengolah kata. Kita dapat membuat memo sederhana dengan cara yang cepat. Aplikasi ini cukup mampu jika harus digunakan untuk membuat dokumen-dokumen yang besar, seperti buku yang dilengkapi dengan daftar isi, teks isi, diagram, indeks dan sebagainya.Pengertian microsoft word adalah aplikasi pengolah kata yang merupakan bagian dari microsoft office dengan fungsi utama adalah membuat, mengolah, dan menyimpan dokumen. Microsoft office sendiri punya beberapa produk seperti microsoft excel, power point, access, note, publisher, dan sebagainya yang memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda.Google Docs merupakan aplikasi pengolah kata selain Microsoft Word yang paling banyak dipakai dan sangat populer di dunia. Didownload lebih dari 500 juta pengguna, Google Docs sendiri dikembangkan langsung oleh Google. Keuntungan menggunakan aplikasi yang satu ini adalah jauh lebih ringan dibanding aplikasi pengolahan kata lainnya.Fungsi Aplikasi Pengolah Kata Berikut ini merupakan beberapa fungsi dari aplikasi pengolah kata, yaitu : Membuat sebuah dokumen. Menyunting dan melakukan pemformatan dokumen. Membuat cover. Mencetak dokumen. Mengarsipkan sebuah tulisan. Memberikan hiasan atau bingkai pada dokumen. Penulisan digital. Contoh Aplikasi Pengolah Kata Pengolahan kata merupakan salah satu software atau aplikasi yang

Aplikasi Alternatif Microsoft Word - FA Tekno

Aplikasi Pengolah Kata (Microsoft Word) - Khairunnisa

Pengertian Microsoft Word via pcworld.com. Pengertian Microsoft word adalah aplikasi pengolah kata (word processor) yang dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan dokumen, teks atau tulisan. Contohnya seperti pembuatan laporan, buku, makalah, jurnal dll.Sejarah Microsoft Word Microsoft Word adalah salah satu aplikasi buatan Microsoft yang berada satu bandle dalam paket Microsoft Office. Micerosoft Word merupakan aplikasi andalan untuk aplikasi pengolah kata. Tahukah Anda bahwa nama aplikasi pengolah kata yang saat ini kita kenal Microsoft Word tersebut tidak merupakan nama lahir dari aplikasi ini.Perangkat Lunak Microsoft Word. Microsoft office merupakan aplikasi pengolah data yang paling sering digunakan untuk mengolah dokumen atau teks. Microsoft word ini merupakan bagian dari microsoft office yang memang di gunakan untuk mengolah suatu data.Bagi pengguna OS windows, tentu sudah tidak asing lagi dong dengan aplikasi Microsoft Word. Ini merupakan software pengolah kata yang sering menjadi andalan kita untuk kegiatan mengetik dsb. Memang fitur yang dihadirkan oleh Ms Word ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Segudang fitur tersedia demi memenuhi kebutuhan para penggunanya.Microsoft Word 2003 merupakan program aplikasi pengolah kata yang di dalamnya terdapat menu-menu untuk melakukan pengolahan kata. Di dalam menu-menu tersebut terdapat submenu-submenu yang memiliki fungsi tersendiri. Untuk lebih jelasnya, ayo cermati penjelasan berikut ini. Jika kamu mengaktifkan program aplikasi Microsoft Word 2003, maka akan muncul tampilan seperti berikut ini: Penjelasan

Aplikasi Edit Foto Bergerak Aplikasi Daya Serap Siswa Integrasi Aplikasi Bkkbn Aplikasi Penambah Koin Line Paket Program Aplikasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka Di Windows 7 Aplikasi Edit Tulisan Kekinian Aplikasi Windows 10 Tidak Bisa Dibuka Aplikasi Cetak Foto Pc Aplikasi Myob Termasuk Kelompok Aplikasi Keyboard Doraemon

Aplikasi Pengolah Kata (Microsoft Word)

Aplikasi pengolah kata merupakan perangkat lunak yang tersedia pada komputer yang dirancang untuk mengolah kata. Beberapa contoh aplikasi pengolah kata yaitu Microsoft Word, Libre Office Writer, Open Office Writer, Kingsoft Office, dll.

Pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa fitur yang terdapat pada salah satu aplikasi pengolah kata, Microsoft Word 2013. Fitur-fitur tersebut diantaranya,

Formatting,Section,Membuat daftar isi otomatis,Bibliografi dan sitasi,Review,Caption gambar,Membuat mail merge.1. Formatting

Home merupakan salah satu menu pada MS Word, berisi tools yang dapat digunakan untuk mengubah tampilan teks pada dokumen. Berikut ini akan dijelaskan beberapa tools yang terdapat pada menu Home.

Font dan Font Size, berfungsi untuk mengubah tampilan dan ukuran teks.Bold untuk menebalkan text, Italic untuk memiringkan teks, dan Underline untuk menggarisbawahi teks.Bullets and Numbering, menambahkan poin-poin pada teks.Align Left untuk rata kiri, Center untuk rata tengah, Align Right untuk rata kanan, dan Justify untuk rata kanan dan kiri.Decrease Indent untuk menggeser paragraf ke sebelah kiri dan Increase Indent untuk menggeser paragraf ke sebelah kanan.Line and Paragraph Spacing, mengatur jarak antar baris atau paragraf.2. Section

Section adalah pengelompokan bagian-bagian dokumen dimana setiap bagian dokumen tersebut mempunyai halaman layout yang berbeda-beda.

Klik menu Page Layout -> Breaks -> Next Page. Jika section sudah ada, maka akan ada tampilan pada footer seperti di bawah.

Untuk melihat efek penggunaan section, kalian bisa menggunakan Page Number pada menu Insert. Ubah format Pager Number pada salah satu halaman dokumen, hasilnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah.

3. Membuat Daftar Isi Otomatis

Tahapan yang harus kalian lakukan untuk membuat daftar isi secara otomatis ini yaitu

Buat kerangka dari isi dokumen yang akan kalian buat.Lakukan pelevelan pada tiap judul BAB dan judul isi. Judul BAB memakai Heading 1 sedangkan judul isi memakai Heading 2.Klik menu References, kemudian pilih Table of Contents.Setelah kalian mengikuti tahapan-tahapan tersebut, maka akan muncul sebuah tabel daftar isi.

Daftar isi yang sudah jadi ini masih bisa diubah baik font, size, maupun yang lainnya sesuai dengan keinginan kalian. Jika ada perubahan pada dokumen yang dibuat, maka kalian harus meng-update daftar isi tersebut dengan mengklik tulisan update Table pada pojok kiri atas kotak daftar isi. Hal tersebut dilakukan supaya daftar isi ini sesuai dengan isi dokumen kalian.

4. Bibliografi dan Sitasi

Bibliografi adalah daftar pustaka yang mencakup isi dan deskripsi sebuah buku, hal tersebut meliputi judul, pengarang, edisi, cetakan, kota penerbit, nama penerbit, tahun terbit, dan jumlah halaman.Sitasi merupakan suatu aturan untuk menunjukkan bahwa suatu tulisan yang kita cantumkan berasal dari sumber yang ditulis oleh orang lain.

Pada MS Word kita bisa membuat kedua hal ini dengan mudah, yang harus kalian lakukan pertama yaitu buka menu References.

Akan ada pilihan Insert Citation untuk menambahkan sitasi, kemudian pilih Add New Source. Isi kolom yang masih kosong sesuai dengan informasi yang kalian ketahui. Jika sudah menambahkan sitasi pada dokumen, kalian sudah bisa membuat bibliografi dengan mengklik Bibliography.

5. Review (Comment dan Compare)

Untuk menambahkan komentar pada dokumen yang kita buat, bisa menggunakan fitur Comments yang ada pada menu Review.

Compare yang ada pada menu Review berfungsi membandingkan dua buah dokumen. Fitur ini bisa digunakan untuk menghindari adanya kegiatan copy-paste tanpa mencantumkan sumber.

6. Caption Gambar

Selain bisa membuat daftar isi secara otomatis, kalian juga bisa membuat daftar gambar pada dokumen kalian secara otomatis. Berikut ini penjelasan langkah-langkahnya,

Pada menu References, klik Insert Caption.Setelah muncul tampilan baru, isikan keterangan untuk gambar kalian pada kolom Caption kemudian klik OK.Akan ada tulisan pada bagian bawah gambar sesuai dengan keterangan yang telah kalian berikan.Jika kalian sudah memberikan Caption pada semua gambar yang ada, klik Insert Table of Figures untuk membuat daftar gambar.Hasilnya bisa kalian lihat pada gambar ke-5 ya.7. Membuat Mail Merge

Mail merge merupakan salah satu fitur pada Micosoft Word yang memungkinkan kita untuk membuat suatu dokumen (surat) yang dapat dikirimkan ke lebih dari satu penerima dengan cepat, menggunakan informasi yang disimpan dalam database.

Tahapan yang harus dilakukan yaitu

Buat format penulisan tujuan surat.Klik menu Mailings -> Start Mail Merge -> Step-by-Step Mail Merge Wizard.Akan muncul tampilan pada sisi kanan, Ikuti 6 step yang terdapat pada bagian bawah tampilan.Step 1, pilih jenis dokumen yang akan kalian buat.Step 2, pilih use the current document.Step 3, pada Select recipients pilih Type a new list kemudian pilih Create. Akan muncul sebuah tampilan seperti di bawah, kemudian pilih Costumize column.

Hapus semua isi pada Field Names, kemudian klik Add untuk menambahkan list sesuai dengan format penulisan tujuan surat kalian. Isikan Nama, Alamat, dan No. HP penerima surat, untuk menambahkan lebih dari satu penerima klik New Entry. Simpan hasilnya pada komputer kalian jika sudah selesai mencantumkan semua penerima surat.

Step 4, arahkan kursor kalian ke Nama kemudian klik More items. Tampilan baru akan muncul, pilih ‘Nama’ lalu klik Insert. Lakukan hal yang sama untuk Alamat dan No. HP, jika sudah maka akan seperti di bawah ini.Step 5, pada saat melanjutkan ke langkah 5 ini maka pada dokumen kalian akan otomatis terisi informasi penerima surat. Untuk mengubah informasi penerimanya, kalian bisa meng-klik tanda << atau >>.Step 6, selamat! Kalian sudah selesai melakukan semua langkah untuk membuat Mail Merge.

Sumber:

Fauzi, I. (2015).CARA MEMBUAT MAIL MERGE WORD 2013. Diakses pada Februari 17, 2019, dari http://ilhamfauzi.blog.st3telkom.ac.id/2015/11/16/cara-membuat-mail-merge-word-2013/

Hidayat, A. (2017). Pengertian Section dan Fungsi Section Break di MS Word. Diakses pada Februari 17, 2019, dari http://mkoneks.com/2017/07/02/pengertian-section-dan-fungsi-section-break-di-ms-word/

Irawan, T. (2016). Pengertian Bibliografi. Diakses pada Februari 17, 2019, dari https://www.kompasiana.com/tezairawan/56c72c3ce4afbd9f15f1f1b5/pengertian-bibliografi?page=all

Share this:Like this:

Like Loading...

Microsoft Word Merupakan Program Aplikasi Pengolah Kata Yang Biasa Digunakan Karena Mempunyai - Brainly.co.id

Microsoft Word Merupakan Aplikasi Pengolah : microsoft, merupakan, aplikasi, pengolah, Microsoft, Merupakan, Program, Aplikasi, Pengolah, Biasa, Digunakan, Karena, Mempunyai, Brainly.co.id

Modul Praktikum KKPI SMK N 1 Ratahan 1 Microsoft Word 2007 Oleh : Meivi Kountur I. Mengenal Microsoft Word Micr… | Microsoft Word 2007, Word 2007, Microsoft Word

Microsoft Word Merupakan Aplikasi Pengolah : microsoft, merupakan, aplikasi, pengolah, Modul, Praktikum, Ratahan, Microsoft, Meivi, Kountur, Mengenal, Micr…, 2007,

Bab I - Mengenal Aplikasi Pengolah Kata

Microsoft Word Merupakan Aplikasi Pengolah : microsoft, merupakan, aplikasi, pengolah, Mengenal, Aplikasi, Pengolah

Microsoft Word Merupakan Program Aplikasi Yang Digunakan Sebagai Program Pengolah - [DOCX Document]

Microsoft Word Merupakan Aplikasi Pengolah : microsoft, merupakan, aplikasi, pengolah, Microsoft, Merupakan, Program, Aplikasi, Digunakan, Sebagai, Pengolah, [DOCX, Document]

Microsoft Word Pengolah Kata-Flip EBook Pages 1 - 3| AnyFlip | AnyFlip

Microsoft Word Merupakan Aplikasi Pengolah : microsoft, merupakan, aplikasi, pengolah, Microsoft, Pengolah, Kata-Flip, EBook, Pages, AnyFlip

Microsoft Word .Microsoft Word Merupakan Program Aplikasi Pengolah Kata Menampilkan File Tersebut Dengan Nama Document Toolbar Menyediakan Beberapa Tombol Sederhana - [PDF Document]

Microsoft Word Merupakan Aplikasi Pengolah : microsoft, merupakan, aplikasi, pengolah, Microsoft, .Microsoft, Merupakan, Program, Aplikasi, Pengolah, Menampilkan, Tersebut, Dengan, Document, Toolbar, Menyediakan, Beberapa, Tombol, Sederhana, Document]

Panduan Microsoft Word_20071

Microsoft Word Merupakan Aplikasi Pengolah : microsoft, merupakan, aplikasi, pengolah, Panduan, Microsoft, Word_20071

Microsoft Word 2007 (Aplikasi Pengolah Kata)

Microsoft Word Merupakan Aplikasi Pengolah : microsoft, merupakan, aplikasi, pengolah, Microsoft, (Aplikasi, Pengolah, Kata)

1. Program Aplikasi Pengolah Kata Adalah … 2. Program MS WORD

Microsoft Word Merupakan Aplikasi Pengolah : microsoft, merupakan, aplikasi, pengolah, Program, Aplikasi, Pengolah, Adalah, …

Microsoft Word Pengolah Kata-Flip EBook Pages 1 - 3| AnyFlip | AnyFlip

Microsoft Word Merupakan Aplikasi Pengolah : microsoft, merupakan, aplikasi, pengolah, Microsoft, Pengolah, Kata-Flip, EBook, Pages, AnyFlip

Microsoft Word 2007 (Aplikasi Pengolah Kata)

Microsoft Word Merupakan Aplikasi Pengolah : microsoft, merupakan, aplikasi, pengolah, Microsoft, (Aplikasi, Pengolah, Kata)