Pengertian Kelincahan Dalam Olahraga

Pengertian Kelincahan adalah merupakan salah satu komponen fisik yang banyak dipergunakan dalam berbagai olahraga. Kelincahan pada umumnya didefinisikan sebagai kemampuan untuk mengubah arah secara efektif ,cepat dan tepat, sambil berlari hampir dalam keadaan penuh (dengan sekuat tenaga).Penjasology.web.id_Latihan kecepatan dalam olahraga menjadi salah satu sarana untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda. Selain itu juga mampu meningkatkan kelincahan dan kegesitan Anda dalam beraktivitas. Oleh karena itu, luangkan waktu Anda untuk melakukan latihan tersebut. Pernahkah Anda merasakan tubuh melambat ketika bergerak di tengah-tengah padatnya aktivitas?6. Kelincahan (Agility) Kelincahan adalah kemampuan seseorang mengubah posisi pada area tertentu dengan cepat. Olahraga yang mengandalkan kelincahan adalah olahraga bulu tangkis. Atlet bulutangkis dituntut untuk dapat mengambil shuttlecock di manapun yang lawan arahkan asal masih masuk dalam garis lapangan.Pengertian Teknik Dasar Sejarah Olahraga Anggar - Anggar merupakan ilmu beladiri menggunakan senjata yang berkembang menjadi seni budaya olahraga ketangkasan dengan senjata yang menekankan pada teknik kemampuan seperti memotong, menusuk atau menangkis senjata lawan dengan menggunakan keterampilan dalam memanfaatkan kelincahan tangan.3. Kelincahan a. Pengertian Kelincahan Dalam cabang olahraga futsal kelincahan sangat diperlukan untuk melewati lawan maupun menghindari penjagaan lawan. Unsur fisik kelincahan ini sangat dibutuhkan hampir pada setiap cabang olahraga. Pada cabang olahraga sepakbola atlet dituntut untuk dapat bergerak lebih cepat dari lawan. Dengan cara

Kecepatan Dalam Olahraga - Penjasology

Tag: pengertian kecepatan dalam olahraga √ Pengertian Kecepatan dan Kelincahan Menurut Para Ahli. Oleh Parta Ibeng Diposting pada 2 Desember 2020. Pendidikan.Co.Id - Kecepatan (Speed) merupakan besarnya jarak yang ditempuh oleh benda pada tiap satuan waktu. Kecepatan merupakan jenis besaran yang bergantung pada suatu arah, sehinggaGenetik akan berpengaruh pada tubuh, misalnya bentuk tubuh, kapasitas organ dalam seperti jantung dan paru-paru, postur tubuh, hingga sel darah. Manfaat Kebugaran Jasmani. Bagi teman-teman yang ingin melakukan latihan kebugaran jasmani, ada berbagai olahraga dan latihan yang bisa dilakukan, lo.Pengertian Kelincahan (Agility), Ciri, Jenis, Faktor & Bentuk Latihan Kelincahan -Pengertian kelincahan secara umum adalah suatu unsur kondisi fisik yang berperan khususnya cabang olahraga permainan khususnya sepakbola, pada saat mendapat rintangan dari lawan. Secara etimologi, pengertian Kelincahan berasal dari istilah kata lincah. Yang dimaksud dengan Lincah berarti selalu bergerak, tidakPadahal, kedua istilah tersebut mempunyai pengertian yang berbeda. Untuk itu, sebelum kita membahas melatih kecepatan dalam olahraga, sebaiknya kita pahami apa itu kecepatan dan apa itu kelincahan serta olahraga dan manfaatnya bagi tubuh kita. Pada umumnyaKecepatan (Speed) adalah kemampuan untuk menggerakan tubuh dari satu tempat ke tempat lain

Kecepatan Dalam Olahraga - Penjasology

10 Komponen Kebugaran Jasmani Beserta Penjelasannya yang

Pengertian Kecepatan dan Kelincahan Menurut Paa Ahli - Kecepatan adalah suatu besarnya jarak yang di tempuh dari benda yang terjadi tiap satuan waktu selain itu juga kecepatan adalah suatu jenis besaran yang bergantung di suatu arah yang kecepatan tersebut bisa masuk kedalam besaran vector. Untuk lebih lengkapnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Materi Pengertian Kecepatan danPENGERTIAN LATIHAN Latihan merupakan aktivitas olahraga/jasmani yang sistematik, dilakukan dalam waktu lama, ditingkatkan secara progresif dan individual yang mengarah kepada ciri-ciri fungsi psikologis dan fisiologis manusia untuk mencapai sasaran yang ditentukan Salah satu sasaran latihan adl:perbaikan kondisi fisikPengertian Kelenturan/Flexibility - Kelenturan atau flexibility adalah kemampuan seseorang untuk dapat menggerakkan anggota bagian-bagian tubuh dalam satu ruang geak yang seluas-luasnya, tanpa mengalami cidera pada persendian dan anggota otot sekitar persendian. Oleh karena kelenturan berpangkal pada luas gerak bagian tubuh di sekitar persendian tertentu, maka kebutuhan akan taraf kelenturanDalam berbagai teori disebutkan bahwa setidaknya ada 10 unsur kebugaran jasmani sebagai berikut: 1. Kecepatan (Speed) Kecepatan merupakan kemampuan dalam melakukan suatu gerak dalam periode singkat. Begitulah pengertian kecepatan menurut Mulyono Biyakto, seorang ahli kebugaran jasmani.atas jelaslah, bahwa kondisi fisik sangat dibutuhkan dalam olahraga bela diri tarung derajat. Untuk itu, peneliti berkeinginan melakukan penelitian dengan menetapkan judul "Evaluasi Unsur Kelincahan Dan Kecepatan Reaksi Otot tangan Atlet Tarung Derajat Binaan Satlat Unsyiah Tahun 2013". KERANGKA PEMIKIRAN 1. Pengertian.

Pengertian Kata Ganti Arti Kedutan Mata Kiri Bawah Menurut Islam Pengertian Fardhu Kifayah Penguasaan Pasar Yang Dilakukan Oleh Satu Atau Sedikit Perusahaan Adalah Pengertian Dari Pengertian Shalat Jamak Biografi Ra Kartini Bahasa Inggris Pengertian Range Dalam Microsoft Excel Pengertian Metabolisme Pengertian Tangga Nada Minor Labaikallah Humma Labaik Artinya Arti Innalillahi Wainnailaihi Rojiun

Kebugaran Jasmani – Pengertian, Konsep, Unsur dan Manfaat

Kebugaran Jasmani – Kebugaran jasmani merupakan kemampuan tubuh untuk melakukan kegiatan tanpa mengalami atau merasakan kelelahan yang berarti masih memiliki cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan yang lain. Untuk lebih jelasnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Kebugaran Jasmani mulai dari Pengertian, Konsep, Unsur-Unsur dan Manfaat Kebugaran Jasmani di bawah ini.

Daftar Menu Artikel

Pengertian Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani merupakan kemampuan tubuh untuk melakukan kegiatana tanpa mengalami atau merakasan kelelahan yang berarti masih memiliki cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan yang lain.

Klasifikasi kebugaran jasmani menurut organisasi kesehatan di seluruh dunia diartikan sebagai:

Sehat, ialah terbebasnya tubuh baik fisik maupun mental dari segala gangguan penyakit. Bugar, ialah bentuk kemampuan seseorang dalam melakukan kegiatan sehari-hari secara maksimal, dan masih memiliki cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan lain tanpa merasakan kelelahan.

Hakikat Kebugaran Jasmani yakni ialah hal yang diperlukan oleh tubuh untuk mendapatkan kebugaran jasmani. Misalnya seperti saat kita mengantuk maka mata berhak untuk istirahat sejenak.

Konsep Kebugaran Jasmani

Kebugaran Jasmani bukan hanya menggambarkan kesehatan. Melainkan bagaimana cara mengukur individu melakukan kegiatannya sehari-hari.

Ada 3 hal penting dalam kebugaran jasmani, yakni :

Fisik,yakni hal yang berkaitan dengan otot, tulang, dan bagian lemak. Fungsi Organ, yakni hal yang berhubungan dengan efisiensi sistem jantung, pembuluh darah, dan paru-paru. Respon Otot, yakni hal yang berhubungan dengan kecepatan, kelenturan, kelemahan, serta kekuatan tubuh.

Kebugaran jasmani yang diperlukan oleh setiap orang tentunya berbeda-beda, tergantung sifat tantangan fisik yang dihadapi.

Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani

Di bawah ini adalah unsur-unsur kebugaran jasmani beserta penjelasan atau pengertian dari setiap unsur kebugaran jasmani dan bentuk latihannya, sebagai berikut :

1. Kelincahan

Kelincahan adalah kemampuan seseorang dalam menyesuaikan diri dengan posisi-posisi tubuh seperti dari depan ke belakang, atau dari kanan ke kiri.

Kelincahan sangat dibutuhkan dalam pertandingan sepak bola dan bulu tangkis. Cara latihannya dengan  lari zig-zag dan naik-turun anak tangga.

2. Kekuatan

Kekuatan merupakan kemampuan dalam mempergunakan otot untuk menerima beban pada saat bekerja. Kekuatan otot bisa didapatkan dengan latihan dengan beban berat dan frekuensi sedikit.

Bentuk latihan kekuatan:

squat jump, ini untuk melatih kekuatan otot tungkai dan perut. angkat beban, ini untuk melatih kekuatan otot lengan baak up, ini untuk melatih kekuatan otot perut push up, ini untuk melatih kekuatan otot lengan. sit up, ini untuk melatih kekuatan otot perut. 3. Ketepatan (Accuracy)

Ketepatan merupakan kemampuan seseorang dalam mengendalikan gerakan sesuai dengan sasaran.

Seperti permainan olahraga memanah, bowling dan sejenisnya. Cara latihan untuk melatih ketepatan yaitu melempar bola pada keranjang dan masih banyak lagi.

4. Daya Tahan

Daya tahan merupakan kemampuan seseorang dalam menggunakan organ tubuhnya seperti jantung dan paru-paru secara efektif dan efisien dalam melakukan segala kegiatannya.

Cara latihan yang manfaatnya dapat meningkatkan daya tahan:

lari multistage lari 2,4 km lari 12 menit lari naik turun bukit 5. Koordinasi

Koordinasi adalah kemampuan seseorang dalam menyatukan gerakan tubuh berbeda ke dalam satu gerakan yang efektif.

Cara latihannya yaitu memantulkan bola ke tembok menggunakan tangan kanan dan menangkapnya kembali menggunakan tangan kiri. Membutuhkan kemampuan gerak insting yang kuat serta konsentrasi yang tinggi.

6. Daya Otot

Daya otot merupakan kemampuan seseorang dalam menggunakan kekuatan maksimum yang dikerahkan dalam waktu yang singkat.

Cara latihan yang digunakan:

Vertical jump, gunanya melatih daya ledak otot tungkai. Side jump, gunnya melatih daya ledak otot tungkai & paha. Front jump, gunanya melatih kemampuan otot betis & tungkai. 7. Keseimbangan

Keseimbangan adalah kemampuan dalam mengendalikan organ dan syaraf otot sehingga dapat mengendalikan gerakan tubuh dengan baik.

Olahraga yang mengandalkan keseimbanganu seperti Senam dan loncat indah. Keseimbangan dapat dilatih dengan beberapa macam latihan sikap lilin, berjalan di atas balok kayu, dan sejenisnya.

8. Kecepatan

Kecepatan adalah kemampuan seseorang dalam melakukan gerakan berkesinambungan dalam waktu yang singkat.Bentuk latihan yang dilakukan untuk meningkatkan kecepatan ialah berlari sejauh jarak 50-200 meter.

9. Daya Lentur

Daya lentur lebih melihat kepada efektivitas tubuh manusia dalam menyesuaikan diri dengan gerakan atau kegiatan yang mengandalkan kelenturan tubuh.

Cara latihan yang bisa melatih daya lentur adalah senam, yoga, dan berenang.

10. Reaksi

Reaksi adalah kemampuan dalam menanggapi rangsangan atau stimulus yang diberikan orang lain.

Cara untuk melatih ketepatan reaksi adalah lempar tangkap bola.

Manfaat Kebugaran Jasmani

Berikut ini beberapa manfaat yg akan didapat dari kebugaran tubuh.

Akan meningkatkan sirkulasi darah & sistem kerja jantung Dapat mengurangi risiko obesitas Dapat mencegah penyakit jantung Dapat menurunkan tekanan darah tinggi Dapat mengatasi depresi Akan meningkatkan stamina & kakuatan tubuh sehingga tubuh menjadi lebih energik Akan memiliki kemampuan pemulihan organ-organ tubuh secara tepat setelah latihan Akan memiliki respon tubuh yang tepat Akan terhindar dari osteoporosis (tulang keropos) Dapat meningkatkan energi Dapat meningkatkan sistem sirkulasi darah, sistem saraf, & fungsi jantung. Dapat mempertahankan serta menyelaraskan kondisi tubuh. Dapat meningkatkan daya tahan tubuh Dapat meningkatkan kelentukan persendian Dapat meningkatkan kekuatan otot dan kecepatan

Demikianalah pembahasan kami mengenai Kebugaran Jasmani. Semoga bermanfaat. Salam Hidup Sehat !

Artikel lainnya  :

5 / 5 ( 2 votes ) Share this:Related posts:

Bahan Kesegaran Jasmani

Pengertian Kelincahan Dalam Olahraga : pengertian, kelincahan, dalam, olahraga, Bahan, Kesegaran, Jasmani

Keseimbangan Dalam Olahraga

Pengertian Kelincahan Dalam Olahraga : pengertian, kelincahan, dalam, olahraga, Keseimbangan, Dalam, Olahraga

PENGERTIAN KEKUATAN

Pengertian Kelincahan Dalam Olahraga : pengertian, kelincahan, dalam, olahraga, PENGERTIAN, KEKUATAN

Cara Melatih Kelincahan Tubuh Beserta Manfaatnya - HaloEdukasi.com

Pengertian Kelincahan Dalam Olahraga : pengertian, kelincahan, dalam, olahraga, Melatih, Kelincahan, Tubuh, Beserta, Manfaatnya, HaloEdukasi.com

Jelaskan Pengertian Kelincahan , Dan Beri Contoh Kumpulan Tes Kekebugaran Kelincahan - Brainly.co.id

Pengertian Kelincahan Dalam Olahraga : pengertian, kelincahan, dalam, olahraga, Jelaskan, Pengertian, Kelincahan, Contoh, Kumpulan, Kekebugaran, Brainly.co.id

Pengertian Kelincahan

Pengertian Kelincahan Dalam Olahraga : pengertian, kelincahan, dalam, olahraga, Pengertian, Kelincahan

Apa Yang Di Maksud Dengan Kelincahan - Brainly.co.id

Pengertian Kelincahan Dalam Olahraga : pengertian, kelincahan, dalam, olahraga, Maksud, Dengan, Kelincahan, Brainly.co.id

Pengertian Kelincahan

Pengertian Kelincahan Dalam Olahraga : pengertian, kelincahan, dalam, olahraga, Pengertian, Kelincahan

BAB II KAJIAN PUSTAKA

Pengertian Kelincahan Dalam Olahraga : pengertian, kelincahan, dalam, olahraga, KAJIAN, PUSTAKA

DOC) Pengertian Kelentukan | Denni Rahman - Academia.edu

Pengertian Kelincahan Dalam Olahraga : pengertian, kelincahan, dalam, olahraga, Pengertian, Kelentukan, Denni, Rahman, Academia.edu

Materi Sekolah | Latihan Kelincahan Dan Kecepatan Kebugaran Jasmani » Materi Sekolah Indonesia

Pengertian Kelincahan Dalam Olahraga : pengertian, kelincahan, dalam, olahraga, Materi, Sekolah, Latihan, Kelincahan, Kecepatan, Kebugaran, Jasmani, Indonesia