Jenis Jenis Sungai Berdasarkan Sumber Airnya

Sungai adalah massa air tawar yang secara ilmiah mengikuti jalur lembah yang akhirnya berakhir di danau atau laut. Sungai di permukaan bumi sangat banyak dan dapat dikategorikan berdasarkan kriteria tertentu. Berdasarkan Sumber Airnya.Beberapa Jenis Ikan Air Payau Beserta Gambarnya. Pengertian air payau adalah jenis air yang berasal dari campuran antara air tawar dan air laut yang bergabung jadi satu, biasanya Anda akan mendapatkan air payau ini pada daerah pesisir. Di dalam air ini juga banyak ditemukan beberapa...Jenis-jenis sungai berdasarkan debit airnya yang pertama adalah sungai permanen. Maksud pembagian sungai berdasarkan sumber airnya adalah pengelompokan atau pengklasifikasian sungai atas dasar asal air (dominan) yang ada di dalam sebuah sungai.Sungai ialah air tawar dari salah satu sumber alamiah yang mengalir dari tempat yang jauh lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah dan akan menuju atau bermuara ke laut 2. Jenis Sungai Berdasarkan Debit Air. Sungai Permanen ialah suatu sungai yang debit airnya tetap sepanjang tahun.Menurut Dinas PU, sungai sebagai salah satu sumber air mempunyai fungsi yang sangat penting bagi kehidupan dan penghidupan masyarakat. sedangkan PP No. 35 Tahun 1991 tentang sungai, Sungai merupakan tempat-tempat dan Jenis Klasifikasi Sungai. 1. Berdasarkan sumber airnya.

Jenis Ikan Air Payau dan Gambarnya Beserta Keterangannya

Berdasarkan sifatnya, sumber daya alam terbagi menjadi tiga macam, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui Tidak hanya komponen biotik, seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, tapi juga komponen abiotik, seperti minyak bumi, gas alam, berbagai jenis logam, air, dan tanah.Sumber-sumber sejarah seperti disebutkan di atas, biasanya bisa kalian temui di museum Squad, seperti Museum Nasional yang menyimpan berbagai sumber sejarah Indonesia dari zaman prasejarah hingga zaman kemerdekaan. Nah agar kalian lebih mengerti tentang sejarah, coba deh kalian coba...2. Sungai Sungai adalah mengalirnya massa air tawar dari sumbernya menuju atau bermuara di laut, danau, atau sungai yang lebih besar. Sungai yang ada di permukaan Bumi ini tidak semuanya sama. Oleh karena itu, sungai dibedakan menjadi beberapa jenis. A. Berdasarkan letaknya Berdasarkan...Salah satu penggolongan jenis sungai adalah berdasarkan sumber air sungai itu sendiri. Air yang mengaliri sungai dapat berasal dari berbagai Itulah tiga jenis sungai berdasar pada jumlah atau debit air yang mengalirinya. Ketiga jenis sungai tersebut mempunyai ciri nya masing- masing.

Jenis Ikan Air Payau dan Gambarnya Beserta Keterangannya

Jenis-Jenis Sungai Berdasarkan Debit dan Sumber Airnya

Berdasarkan pada sumber air yang dihasilkan, sungai terdiri atas Jenis sungai ini memiliki pola aliran yang mulanya merupakan aliran radial sentrifugal, kemudian muncul sungai subsekuen yang sejajar, sungai obsekuen dan juga sungai resekuen.Jenis-jenis sungai menurut airnya terbagi menjadi 3 macam yaitu sungai permanen, periodik dan episodik. Sedangkan menurut alirannya terbagi menjadi 7 yaitu pola aliran radial, debdritik, trelis, rectanguler, dan pola aliran anular. Pengertian sungai adalah suatu aliran air yang besar dan...Selain sumber nitrogen, pupuk ZA juga sebagai sumber sulfur (belerang). Keduanya mudah larut dalam air. Pupuk mikro yang berbentuk garam anorganik misalnya Cu, Mn, Zn dan Fe. Demikian sedikit tentang berbagai jenis pupuk yang digolongkan berdasarkan sumber unsur haranya.Bagian bagian Sungai. Jenis-jenis sungai. Manfaat Air Sungai. Proses Terbentuknya Sungai. Sungai, sungai merupakan sumber air yang ada secara alamiah yang mengalir dari daerah dataran tinggi ke daerah dengan tempat yang lebih rendah dan bermuara menuju danau atau sungai yang...Jenis - Jenis Sungai. 1. Berdasarkan Sumber Air. - Sungai Hujan Yaknisungai yang airnya berasal dari air hujan yang turun. 4. Berdasarkan Struktur Geologinya. - Sungai Antesedan Yakni jenis sungai yang tetap mempertahankan sebuah arah alliran air walau terdapat struktur geologi atau...

Jenis Pukulan Dalam Bulutangkis Yang Arah Bolanya Pendek Adalah Pukulan Jenis-jenis Ilustrasi Macam Macam Saklar Macam Sel Saraf Jenis Irama Jenis Teater Tradisional Asia Musik Ansambel Sejenis Jenis Jenis Ketoprak Macam Macam Lengan Jenis Jenis Puisi Kontemporer Jenis-jenis Teater

Pengertian air, Manfaat dan Jenis jenis Air Berdasarkan Sumbernya

Air dan manusia merupakan dua hal yang tidak terpisahkan, hal ini karena manusia tidak mungkin dapat bertahan hidup tanpa air. Air merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang selalu harus ada. Untuk itu ketersediaan air bersih adalah mutlak dibutuhkan manusia.

Daftar Isi

Pengertian Air Bersih

Air merupakan zat cair, pada kondisi standar tidak memiliki rasa, bau maupun warna dan terdiri atas hidrogen dan oksigen dengan rumus kimia H2O. Secara alami Air memiliki tiga wujud sekaligus seperti padat (es), cair (air), dan gas (uang air). air memiliki kemampuan untuk melarutkan zat kimia seperti garam, asam, gas, serta molekul organik. Dengan demikian tidak jarang air disebut sebagai zat pelarut universal. Air berada dalam kesetimbangan dinamis antara fase cair dan padat dibawah tekanan dan temperatur standar.

Menurut PERMENKES NO. 416.MEN.KES/PER/IX/1990 tentang syarat-syarat dan pengawasan kualitas air yang disebut sebagai air minum adalah air yang telah diproses melalui pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat diminum secara langsung. Sementara yang dimaksud dengan air bersih adalah air yang dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari dimana kualitasnya telah memenuhi syarat kesehatan dan dapat diminum bilamana sudah dimasak.

Sedangkan menurut Keputusan Menteri Kesehatan No.907 Tahun 2002, air minum adalah air yang telah melalui proses pengolahan tau tanpa proses pengolahan telah memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum.

Syarat-syarat Air Bersih

Menurut departemen kesehatan syarat dikatakan sebagai air bersih atau dapat diminum secara langsung adalah tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, tidak mengandung mikroorganisme, serta tidak mengandung logam berat atau ringan.

Meski air yang berasal dari alam dapat dikonsumsi langsung tanpa pengolahan lebih lanjut, akan tetapi terdapat resiko bahwa air tersebut tercemar oleh bakteri seperti Esherichia coli atau zat zat berbahaya lainnya. Bakteri yang terdapat dalam air dapat dihilangkan dengan cara memasaknya dengan suhu100oC, akan tetapi dikhawatirkan banyak zat zat berbahaya seperti logam tidak dapat dihilangkan melalui teknik konvensional seperti ini.

Ada beberapa parameter agar air dapat dikatakan sebagai air bersih:

Sifat fisik

Menurut PERMENKES No. 492/Menkes/Per/IV/2010, parameter fisik air meliputi bau,  tingkat kekeruhan, rasa, suhu, warna & jumlah zat padat terlarut (TDS). alat yang digunakan untuk mengukur kondisi fisik air adalah Spektrofotometer. Idealnya air bersih adalah tidak berbau, tidak berwarna, tidak berasa, dan suhu minimum ideal adalah ± 30 C. sedangkan tingkat padatan (TDS) adalah < 10 – 6, dan tingkat kaloid (diameter 10-6-3 mm) berupa senyawa kimia dan bahan bahan lain.

Sifat kimia

Dari sifat kimia, air dapat dikelompokkan menjadi organik dan an-organik. Pada standar air minum di indonesia zat kimia organik dapat berupa logam, zat reaktif, zat-zat berbahaya, beracun dan derajat keasaman (pH). sementara untuk zat kimia an-organik dapat berupa insektisida dan herbasida. Sumber logam dalam air dapat berasal dari industri, pertambangan maupun melalui proses palapukan secara alamiah. Selain korosi yang terdapat pada pipa penyalur air minum juga dapat menjadi penyebab munculnya logam dalam air.

Sumber-Sumber Air

Dalam pemenuhan terhadap konsumsi air, maka harus memenuhi kriteria, kualitas & kuantitas yang layak dikonsumsi manusia agar tidak menimbulkan dampak bagi kesehatan. Berikut 5 sumber air yang dapat digunakan manusia untuk memenuhi konsumsi air.

Air Laut

Merupakan air yang memiliki sifat asin karena mengandung garam NaCI. Kadar garam NaCI yang terlarut dalam air laut mencapai 3%, dengan demikian air laut tidak dapat dikatakan sebagai air bersih yang dapat langsung diminum. Akan tetapi air laut melalui proses desalinasi atau menggunakan mesin RO agar dapat langsung diminum.

Sama halnya dengan sumber air lainnya, air laut memiliki manfaat penting bagi manusia, diantaranya:

Sebagai bahan baku pembuatan garam dapur, dalam garam terdapat zat yang sangat dibutuhkan tubuh manusia Sebagai sumber protein hewani, (ikan laut) dan sebagai wadah atau tempat budidaya rumput laut sebagai bahan dasar untuk pembuatan agar-agar & kosmetik. Air Atmosfer (Air Hujan)

Untuk dapat diminum, sebaiknya air hujan yang turun hendaknya tidak menampungnya pada awal hujan turun karena air tersebut masih mengandung banyak kotoran. Sebaiknya air ditampung setelah beberapa saat setelah hujan turun. Selain itu hal lain yang harus diperhatikan adalah air hujan memiliki sifat agresif terutama pada pipa-pipa penyalur & bak-bak reservior, dengan demikian akan mempercepat terjadinya korosi/karat.

Air Permukaan

Air permukaan merupakan air yang mengalir di permukaan bumi. Umumnya air permukaan tercemar selama masa pengalirannya, seperti oleh air lumpur batang-batang kayu, daun-daunan, limbah industri dan lain sebagainya. Air permukaan terdiri dari air sungai dan air danau.

Air sungai

Air sungai merupakan air yang mengalir melalui terusan alami yang kedua pinggirnya dibatasi oleh tanggul-tanggul & lainnya ke laut, ke danau, atau ke sungai yang merupakan sungai induk. Diantara manfaat air sungai bagi manusia, untuk mengairi pertanian di persawahan, perikanan lintas perairan, pembangkit tenaga listrik, atau sebagai destinasi wisata. Air sungai juga dibedakan menjadi dua jenis:

Sungai hujan, merupakan sungai yang airnya berasal dari hujan dan mata air. Biasanya sungai seperti ini airnya tidak tetap. Bila terjadi musim hujan airnya akan banyak, bahkan adakalanya banjir. Sungai gletser, yaitu air yang sumbernya berasal dari gletser (es) atau salju yang mencair. Sungai seperti ini biasanya airnya tetap, meskipun pada musim kemarau. Air danau

Merupakan air yang  berasal dari air hujan, air tanah, atau mata air. Air danau bisa saja berkurang melalui penguapan, perembesan ke dalam tanah, maupun pengaliran oleh sungai. Proses penguapan & pengembunan biasanya terjadi secara seimbang, kecuali pada daerah yang sangat lembab dan kering.

Air tanah

Air tanah merupakan air yang terdapat pada permukaan tanah didalam zone jenuh dimana tekanan hidrostatiknya sama atau lebih besar dari tekanan atmosfer. Air tanah dapat dibedakan menjadi air tanah dangkal dan air tanah dalam.

Proses terjadinya air tanah dangkal karena adanya peresapan air dari permukaan tanah. Lumpur biasanya akan bertahan, demikian halnya dengan sebagian bakteri, sehingga air tanah akan menjadi jenuh tapi lebih banyak  yang memiliki unsur-unsur kimia tertentu untuk masing-masing lapisan tanah. Setelah menemui lapisan rapat air, selanjutnya air akan terkumpul yang merupakan air tanah dangkal dimana air tanah dapat dimanfaatkan sebagai sumber air melalui sumur-sumur dangkal. Air tanah dangkal terdapat pada kedalaman 15,00 m.

Sedangkan air tanah dalam merupakan air yang terdapat setelah lapis rapat air yang pertama. Pemanfaatan air tanah dalam ini tidak semudah pada air tanah dangkal. Untuk dapat dijangkau harus melalui proses pengeboran  dan memasukkan pipa kedalam-nya sehingga kedalaman (umumnya antara 100 -300 m) akan didapatkan suatu lapisan air. Bila tekanan air tanah ini besar, maka air akan menyembur keluar, pada keadaan seperti ini disebut sebagai sumur artesis. Bila air tidak dapat keluar dengan sendirinya, maka digunakan pompa untuk membantu menaikkan air kepermukaan. Dari segi kualitas, air tanah dalam biasanya lebih baik daripada air tanah dangkal dikarenakan penyaringannya lebih sempurna & bebas bakteri.

Diantara kelebihan air tanah adalah:

Lebih steril, hal ini dikarenakan air tanah tidak terkontaminasi organisme sebagai penyebab terjadinya penyakit. Tersimpan pada lapisan batuan dengan kedalaman tertentu atau dibawah permukaan tanah Biasanya memiliki temperatur yang relatif konstan Tersedia di banyak tempat walaupun dimusim kemarau panjang. Mata air

Adalah air tanah yang keluar secara sendirinya kepermukaan tanah. Biasanya, mata air ini berasal dari air tanah dalam, hampir tidak terpengaruh oleh musim dan kualitasnya hampir sama dengan air tanah dalam. Berdasarkan munculnya air kepermukaan tanah, mata air dibedakan menjadi:

Rembesan, dimana air keluar dari lereng-lereng Umbul, dimana air keluar ke permukaan pada suatu dataran

Manfaat Air Bagi Kehidupan Manusia

Seperti dijelaskan diatas, air merupakan kebutuhan dasar yang harus terpenuhi bagi manusia. Air adalah kebutuhan yang mutlak karena zat pembentuk tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air kurang lebih 73% dari bagian tubuh tanpa jaringan lemak.

Fungsi air bagi tubuh manusia yaitu sebagai proses pencernaan, metabolisme, mengangkat zat-zat makanan yang terdapat dalam tubuh, sebagai pengatur keseimbangan suhu tubuh, dan menjaga tubuh agar tidak  kekeringan.

Agar tetap sehat, manusia membutuhkan air yang telah memenuhi syarat kualitas begitu juga halnya secara kuantitas. Diperkirakan, rata-rata kebuhan air untuk kegiatan rumah tangga sederhana paling tidak membutuhkan 100 L/orang/hari.

Artikel Lainnya

Jenis Sungai, Danau, Rawa

Jenis Jenis Sungai Berdasarkan Sumber Airnya : jenis, sungai, berdasarkan, sumber, airnya, Jenis, Sungai,, Danau,

Jenis Jenis Sungai Berdasarkan Sumber Airnya

Jenis Jenis Sungai Berdasarkan Sumber Airnya : jenis, sungai, berdasarkan, sumber, airnya, Jenis, Sungai, Berdasarkan, Sumber, Airnya

Jenis Jenis Sungai Berdasarkan Sumber Airnya

Jenis Jenis Sungai Berdasarkan Sumber Airnya : jenis, sungai, berdasarkan, sumber, airnya, Jenis, Sungai, Berdasarkan, Sumber, Airnya

Sungai Adalah - Karakteristik, Klasifikasi, Gambar Dan Dampak

Jenis Jenis Sungai Berdasarkan Sumber Airnya : jenis, sungai, berdasarkan, sumber, airnya, Sungai, Adalah, Karakteristik,, Klasifikasi,, Gambar, Dampak

Jenis Sungai, Danau, Rawa - [DOC Document]

Jenis Jenis Sungai Berdasarkan Sumber Airnya : jenis, sungai, berdasarkan, sumber, airnya, Jenis, Sungai,, Danau,, Document]

Tugas 1 - This Is Homework - TEP - StuDocu

Jenis Jenis Sungai Berdasarkan Sumber Airnya : jenis, sungai, berdasarkan, sumber, airnya, Tugas, Homework, StuDocu

Jenis-Jenis Sungai.docx

Jenis Jenis Sungai Berdasarkan Sumber Airnya : jenis, sungai, berdasarkan, sumber, airnya, Jenis-Jenis, Sungai.docx

Sungai Kikisan - Kelompok 4

Jenis Jenis Sungai Berdasarkan Sumber Airnya : jenis, sungai, berdasarkan, sumber, airnya, Sungai, Kikisan, Kelompok

DOC) Pengertian Sungai | Iway Yanuar - Academia.edu

Jenis Jenis Sungai Berdasarkan Sumber Airnya : jenis, sungai, berdasarkan, sumber, airnya, Pengertian, Sungai, Yanuar, Academia.edu

The Civilian Of Civil Engineering: JENIS-JENIS SUNGAI

Jenis Jenis Sungai Berdasarkan Sumber Airnya : jenis, sungai, berdasarkan, sumber, airnya, Civilian, Civil, Engineering:, JENIS-JENIS, SUNGAI

Jenis Sungai Berdasarkan Profil Memanjang Sungai

Jenis Jenis Sungai Berdasarkan Sumber Airnya : jenis, sungai, berdasarkan, sumber, airnya, Jenis, Sungai, Berdasarkan, Profil, Memanjang