Jenis Jenis Fabel

Fabel Adalah : Pengertian, Ciri, Struktur, Jenis, Contoh - Secara terminologis fabel berasal dari bahasa Latin fabula. Cerita fabel merupakan cerita tentang kehidupan binatang yang berperilaku menyerupai manusia. Fabel termasuk jenis cerita fiksi, bukan kisah tentang kehidupan nyata.Fabel merupakan sejenis dongeng yang menceritakan tentang kehidupan hewan, di mana hewan dapat berperilaku seperti manusia. Pendapat lain mengatakan bahwa definisi fabel merupakan kisah yang menghadirkan hewan sebagai tokoh utama. Dalam cerita fabel, hewan memiliki perasaan, bicara, berpikir, berperilaku dan memiliki emosi seperti manusia pada umumnya.Fabel mempunyai struktur teks yang unik dan sedikit berbeda dengan jenis dongeng lainnya. Berikut ini strukturnya: Judul, yaitu kepala karangan yang fungsinya buat mengarahkan pikiran pembaca tentang gambaran umum isi fabel.; Orientasi, yaitu kalimat yang ada pada awal cerita yang fungsinya buat pengenalan waktu, tempat, dan karakter/tokoh.; Komplikasi, merupakan bagian dimana munculah sebuahJenis-Jenis Fabel. Dilihat Dari Pemberian Watak atau sifat Dan Latarnya, fabel bisa dikelompokkan menjadi dua jenisnya yakni: Fabel Alami. Fabel Alami adalah dongeng binatang yang memakai tokoh hewan seperti pada keadaan sebenarnya. Contohnya, singa berwatak buas dan ganas, kancil memiliki sifat cerdik, dan lain sebagainya. Fabel AdaptasiFabel Klasik. Bentuk Fabel pada jenis ini merupakan Sebuah cerita yang sudah ada, pada Zaman dahulu yang tidak diketahui kapan waktu permbuatannya. Cerita-cerita yang terdapat dalam Fabel Klasik ini, diwariskan atau diceritakan secara Lisan oleh Orang Tua kepada Anak-anaknya, dan terus tersambung hingga Generasi-generasinya secara turun-temurun

Cerita Fabel - Pengertian, Struktur, Ciri, Jenis Dan Contoh

Fabel merupakan jenis dongeng yang menceritakan kehidupan binatang. Pada fabel, hewan-hewan yang menjadi tokoh utamanya diceritakan memiliki perilaku seperti manusia. Mereka bisa berbicara, berpikir, beraktivitas, dan berperilaku seperti manusia. Contoh fabel: - Si Kancil dan Buaya. - Kura-Kura dan Kelinci.Jenis Teks Fabel Berdasarkan Pesan Moral. Semua contoh teks fabel memiliki pesan moral yang ditujukan pada pembaca. Namun ada dua jenis cerita fabel berdasarkan "wujud" pesan moral tersebut. 1. Ceria fabel koda. Artinya adalah di dalam cerita fabel tertulis dengan jelas pesan moral yang ingin disampaikan oleh penulisnya. Biasanya ditulisJenis yang kedua yaitu fabel modern, jika dilihat dari waktunya. Fabel modern merupakan cerita yang muncul dalam waktu relatif, belum lama terjadi, tahu kapan cerita tersebut dibuat, dan sengaja ditulis oleh pengarang sebagai ekspresi kesastraan, dan ditulis berdasarkan imajinasi penulis, yang tulis menjadi dongeng atau divisualisasikan, seperti film tentang cerita fabel.Pengertian Fabel dan Jenis-jenis Fabel beserta Ciri-cirinya - Fabel adalah salah satu dongeng yang menampilkan binatang sebagai tokoh utamanya. Tokoh tersebut dapat berfikir, berperasaan, berbicara, bersikap, dan berinteraksi seperti manusia. Fabel bersifat didaktis atau mendidik. Fabel digunakan sebagai kiasan kehidupan manusia dan mendidik masyarakat.

Cerita Fabel - Pengertian, Struktur, Ciri, Jenis Dan Contoh

Lengkap] Pengertian Fabel: Ciri, Struktur, Jenis, Unsur

Jenis-jenis Fabel 1. Fabel klasik Cerita binatang klasik dimaksudkan sebagai cerita yang telah ada sejak zaman dahulu, namun tidak diketahui persis kapan munculnya, yang diwariskan secara turun-temurun terutama lewat sarana lisan. Fabel klasik sudah ada sejak zaman Yunani klasik dan India kuno misalnya cerita yang berjudul Jataka dan Pancatantra.Jenis-jenis Fabel. Pada umumnya fabel jika dilihat dari waktu kemunculannya fabel bisa dikategorikan dalam fable klasik dan fabel modern, mari kita bahas. Fabel Klasik. Fabel klasik merupakan cerita yang memang sudah ada pada zaman dahulu yang tidak diketahui kapan waktu kemunculannya.Fabel termasuk jenis cerita fiksi, yang artinya bukan diangkat dari kehidupan nyata, tapi tetap mencerminkan realita. Karakter binatang dalam cerita fabel dianggap mewakili karakter manusia dan diceritakan mampu bertindak seperti manusia tapi tetap tidak menghilangkan karakternya sebagai binatang.Jenis Teks Fabel. Adapun berbagai jenis dalam teks ini, diantaranya ialah sebagai berikut: 1. Jenis Teks Fabel Berdasarkan Karakter Tokoh. Sebelum Anda tahu beberapa contoh teks dongeng, Anda perlu tahu jenisnya. Teks cerita memiliki dua jenis utama dalam komposisi cerita. Kedua tipe ini sangat populer di kalangan anak-anak.Mengidentifikasi Jenis Fabel Ditinjau dari pemberian watak dan latarnya, dibedakan fabel alami dan fabel adaptasi. Fabel alami menggunakan watak tokoh binatang seperti pada kondisi alam nyata. Misalnya, kura-kura diberi watak lamban, singa buas dan ganas. Selain itu, fabel alami menggunakan alam sebagai latar (hutan, sungai, kolam, dsb).

Jenis Pukulan Dalam Bulutangkis Yang Arah Bolanya Pendek Adalah Pukulan Jenis-jenis Ilustrasi Macam Macam Saklar Macam Sel Saraf Jenis Irama Jenis Teater Tradisional Asia Musik Ansambel Sejenis Jenis Jenis Ketoprak Macam Macam Lengan Jenis Jenis Puisi Kontemporer Jenis-jenis Teater

Memahami Pengertian Fabel dan Jenis-Jenisnya, Ketahui Juga Struktur dan Kaidah Kebahasaannya

Kapanlagi Plus - Fabel jadi salah satu jenis cerita yang cukup populer dan digemari. Pasalnya, fabel adalah cerita yang bisa dinikmati oleh siapa saja dari segala kalangan usia. Secara umum, kita mengenal pengertian fabel adalah cerita dengan tokoh binatang. Dalam fabel, setiap tokoh binatang dapat berperilaku dan berpikir layaknya manusia. Hal ini yang kemudian membuat fabel begitu unik dan berbeda dengan jenis cerita lainnya.

Selain itu, pengertian fabel juga meliputi cerita yang menghibur dan sarat akan pesan moral. Tak heran, fabel sering kali jadi dongeng pengantar tidur yang dibacakan orangtua untuk anak-anak. Dongeng "Si Kancil" jadi salah satu contoh dari fabel khas Indonesia yang paling populer. Fabel ini tak hanya punya cerita yang simpel dan menarik, tapi juga tokoh yang lucu serta banyak pesan moral di dalamnya.

Untuk memahami lebih dalam pengertian fabel, simak ulasan berikut yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pengertian Fabel

(credit: freepik)

Pada dasarnya, pengertian fabel memang meliputi cerita dengan tokoh binatang yang berperilaku seperti manusia. Namun, karena umumnya diperuntukkan untuk anak-anak, maka fabel harus mempunyai cerita yang simpel, menghibur, dan mengandung pesan moral. Cerita fabel harus simpel agar mempermudah anak-anak untuk paham dan mengamalkan pembelajaran moral yang ada.

Selain itu, dalam cerita fabel setiap tokoh binatang bukan saja berperilaku seperti manusia. Mereka juga mempunyai watak atau karakter yang juga mirip dengan manusia. Misalnya baik hati, cerdik, serakah, rakus, sombong, dan lain sebagainya. Karakter yang mirip manusia ini sangat penting, sebab lewat hal inilah nilai-nilai moral dalam fabel disampaikan. Adapun nilai-nilai moral yang sering disampaikan dalam fabel antara lain tanggung jawab, kejujuran, disiplin, amanah, dan lain-lain.

2. Tujuan Fabel

Seperti yang disinggung di bagian pengertian fabel, cerita binatang ini dibuat khusus untuk anak-anak. Sebab, fabel berbeda dengan jenis cerita kebanyakan yang lebih banyak mengandung unsur hiburan. Fabel harus memuat unsur hiburan dan pembelajaran moral yang berimbang. Pembelajaran moral dalam fabel disampaikan melalui berbagai hal seperti sifat dan sikap setiap tokoh binatang dalam menyelesaikan masalah. 

3. Karakteristik Fabel

(credit: freepik)

Bagaimanapun fabel berbeda dengan ragam cerita lainnya. Fabel yang dikhususkan untuk anak-anak ini mempunyai sejumlah karakteristik yang khas dan membedakannya dengan cerita lainnya. Adapun karakteristik fabel adalah sebagai berikut.

1. Mempunyai tokoh berupa binatang dengan sifat dan sikap seperti manusia.

2. Berwujud cerita yang pendek dan sederhana, sesuai kemampuan nalar anak.

3. Cerita fabel mengandung nilai-nilai moral yang bersinggungan dengan sikap manusia di kehidupan nyata.

4. Karakter tokoh dijelaskan secara langsung dan terperinci.

5. Pesan moral dalam cerita fabel disampaikan secara langsung dan jelas.

6. Gaya bahasanya sederhana dan mudah dipahami.

7. Menggunakan gaya bahasa penceritaan secara lisan.

8. Sering kali membahas tentang sikap buruk manusia, seperti diskriminasi dan ketidakadilan.

4. Struktur Fabel

Selain dari segi pengertian fabel dan karakteristik di atas, perbedaan fabel dan jenis cerita lainnya juga bisa dilihat dari segi struktur. Fabel mempunyai struktur yang khas terdiri dari empat bagian. Adapun keempat bagian struktur fabel antara lain:

1. OrientasiOrientasi merupakan bagian permulaan dalam cerita fabel. Pada bagian ini, cerita fabel berisikan perkenalan tokoh, cerita, latar tempat, dan waktu.

2. KomplikasiBagian struktur yang kedua yaitu komplikasi atau klimaks cerita. Pada bagian komplikasi, tokoh utama akan mulai berhadapan dengan puncak masalah. Bagian ini bisa dibilang merupakan inti dari cerita fabel.

3. ResolusiBagian resolusi dalam cerita fabel berisi tentang proses pemecahan masalah oleh tokoh utama. Biasanya, permasalahan dalam fabel akan dilakukan tokoh utama secara kreatif dan unik.

4. KodaBagian struktur yang terakhir adalah koda. Secara umum, koda adalah bagian akhir dari cerita fabel. Bagian koda akan menjelaskan adanya perubahan pada setiap tokoh. Selain itu, pada bagian koda juga akan disampaikan amanat atau pesan moral yang terkandung dalam fabel. Semua hal itu akan disampaikan secara jelas dan lugas.

5. Kaidah Kebahasaan Fabel

(credit: freepik)

Pengertian fabel yaitu cerita pendek dan sederhana yang mengandung pesan moral dengan tokoh-tokoh binatang. Oleh karena itu, sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, bahasa dalam fabel haruslah sederhana serta umumnya disajikan dalam bahasa lisan. Selain itu, ternyata fabel juga menerapkan beberapa kaidah kebahasaan lain. Apa saja? Berikut ini uraiannya.

1. Penggunaan Kata KerjaSeperti yang kita tahu, secara garis besar kata kerja terbagi menjadi dua macam, yaitu kata kerja transitif dan intrasitif.

1) Kata kerja transitif adalah kata kerja yang mempunyai objek. Contoh dalam fabel antara lain: si kancil dikejar buaya.

2) Sedangkan, sebaliknya kata kerja intrasitif adalah kata kerja yang tidak mempunyai objek. contoh dalam fabel: si kerbau sedang mandi di kubangan lumpur.

2. Penggunaan Keterangan Tempat dan WaktuPenggunaan keterangan tempat dan waktu berguna untuk melengkapi cerita. Contoh penggunaannya dalam fabel: Di waktu sore, kelinci berjalan di kebun.

3. Penggunaan Kata SandangDalam fabel kerap digunakan adanya kata sandang "si" dan "sang". Contoh penggunaan kata sandang dalam fabel: si kancil, sang raja hutan, dan sebagainya.

4. Penggunaan kata hubungPemakaian kata hubung seperti lalu, kemudian, dan akhirnya akan mempermudah anak-anak untuk memahami cerita. Contoh dalam fabel antara lain: Lalu, si kelinci meminta maaf dan berjanji tidak mengulanginya.

6. Jenis-Jenis Fabel

Secara garis besar, fabel dibedakan menjadi dua macam yaitu fabel klasik dan fabel modern. Adapun pengertian fabel klasik dan modern adalah sebagai berikut.

1. Fabel KlasikFabel klasik adalah dongeng yang telah ada sejak lama dan disebarkan atau diturunkan dari generasi ke generasi secara lisan. Oleh sebab itu, sangat sulit untuk mengetahui waktu pasti fabel ini diciptakan, serta siapa penciptanya. Contoh fabel klasik antara lain cerita Kancil dan Buaya, Gagak dan Elang, Kerbau dan Burung, dan lain-lain.

2. Fabel ModernFabel modern adalah dongeng dengan tokoh binatang yang baru muncul belakangan. Sehingga, lebih mudah terlacak waktu dan pengarangnya.

Itulah di antaranya ulasan mengenai pengertian fabel serta ciri-ciri, jenis-jenis, dan lain-lainnya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan.

Kelas 07 Smp Bahasa Indonesia Siswa 2017 By GALLERY AZZAM - Issuu

Jenis Jenis Fabel : jenis, fabel, Kelas, Bahasa, Indonesia, Siswa, GALLERY, AZZAM, Issuu

Kelas 07 Smp Bahasa Indonesia Siswa 2017 By GALLERY AZZAM - Issuu

Jenis Jenis Fabel : jenis, fabel, Kelas, Bahasa, Indonesia, Siswa, GALLERY, AZZAM, Issuu

Kelas 07 Smp Bahasa Indonesia Siswa 2017 By P'e Thea - Issuu

Jenis Jenis Fabel : jenis, fabel, Kelas, Bahasa, Indonesia, Siswa, Issuu

Pengertian, Ciri Umum, Unsur, Dan Jenis-jenis Fabel - INIRUMAHPINTAR.com

Jenis Jenis Fabel : jenis, fabel, Pengertian,, Umum,, Unsur,, Jenis-jenis, Fabel, INIRUMAHPINTAR.com

Menjelaskan Jenis Jenis Cerita Fabel - Brainly.co.id

Jenis Jenis Fabel : jenis, fabel, Menjelaskan, Jenis, Cerita, Fabel, Brainly.co.id

Sebutkan Dua Jenis Fabel Berdasarkan Pemakaian Latar Dan Pemberian Watak - Sebutkan Itu

Jenis Jenis Fabel : jenis, fabel, Sebutkan, Jenis, Fabel, Berdasarkan, Pemakaian, Latar, Pemberian, Watak

Materi Fabel 2.pptx

Jenis Jenis Fabel : jenis, fabel, Materi, Fabel, 2.pptx

Terangkan Pengertian Tokoh Dalam Teks Fabel - Berbagai Teks Penting

Jenis Jenis Fabel : jenis, fabel, Terangkan, Pengertian, Tokoh, Dalam, Fabel, Berbagai, Penting

Fabel Adalah Cerita Yang Semua Pelaku Diperankan Oleh – Dengan

Jenis Jenis Fabel : jenis, fabel, Fabel, Adalah, Cerita, Semua, Pelaku, Diperankan, Dengan

Rangkuman Teks Fabel

Jenis Jenis Fabel : jenis, fabel, Rangkuman, Fabel

Tentuka 1.tokoh Utama2.watak Tokoh3. Latar4. Amanat5. Jenis Fabel - Brainly.co.id

Jenis Jenis Fabel : jenis, fabel, Tentuka, 1.tokoh, Utama2.watak, Tokoh3., Latar4., Amanat5., Jenis, Fabel, Brainly.co.id