Induk Olahraga

Induk olahraga merupakan bagian yang tidak bisa lepas dari olahraga itu sendiri ketika dihadapkan pada pertandingan-pertandingan resmi, termasuk ketika membawa nama negara. Berikut adalah daftar macam nama induk organisasi olahraga nasional - internasional. Induk Organisasi Olahraga Nasional. NoInduk olahraga bola basket dunia adalah FIBA (Federation Internationale de Basketball). Baca juga: Bola Basket: Sejarah, Peraturan, dan Teknik Dasar. Sejarah berdirinya FIBA. FIBA, akronim dari Federation Internationale de Basketball dalam bahasa Perancis, merupakan asosiasi yang mengatur olahraga bola basket di seluruh dunia.Olahraga renang merupakan salah satu cabang olahraga yang dilombakan dalam kejuaraan dunia. Renang juga memiliki Induk Organisasi Dunia atau Internasional yang disebut dengan Federation Internationale de Natation yang disingkat FINA dengan markas di Laussane.Berikut ini adalah nama organisasi induk cabang olahraga yang ada di Indonesia diurutkan berdasarkan nama cabang olah raga serta singkatan namanya yang diakui oleh KONI / Komite Olahraga Nasional Indonesia yaitu sebagai berikut : 1. Aero Sport = Federasi Aero Sport Indonesia / FASI 2. Anggar = Persatuan Anggar Seluruh Indonesia / IKASIDunia Angkat Berat, OLahraga Dengan Power Full (Foto: Cantika.com) Dunia Angkat Besi, Berat dan Binaraga Induk Olahraga Oleh Statuto Disposita Diposting pada 05/02/2021 04/02/2021

Sejarah FIBA, Induk Olahraga Bola Basket Dunia

Induk Organisasi Olahraga Nasional Dan Internasional ~ Volimaniak. sudah lama saya tidak posting diblog ini, karena berbagai kesibukan, terakhir ingat saya, saya membahas dalam olahraga khusus permainan bola voli strategi antisipasi dalam permainan bola voli. sedikit waktu saya akan bebagi materi penjas yaitu induk organisasi cabang olahraga baik nasional maupun internasional.. sering kaliInduk Olahraga Catur Dunia dan Indonesia. Sama seperti cabang olahraga pada umumnya, Catur juga memiliki induk organisasinya sendiri. Pada tahun 1924 Federasi Catur Dunia terbentuk dengan nama Federation Internationale des Eches, atau biasa dikenal dengan FIDE.Induk Olahraga Karate Indonesia. Di Indonesia, karate-do bernaung kepada Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (FORKI). FORKI secara resmi berdiri pada 10 Maret 1964 di Jakarta. Struktur organisasi, saat ini FORKI dengan ketua Hadi Tjahjanto dengan Sekretaris Jenderal Raja Sapta Evrian. Jabatan tersebut berlaku pada periode 2019-2023.DAFTAR INDUK ORGANISASI FORMI ORGANISASI ALAMAT NAMA TELEPON EMAIL Yayasan Jantung Indonesia Jl. Teuku Umar No. 8, Jakarta Pusat Robert Jap 0811-866-655 Senam Tera Indonesia Jl.Haji Samali, Pasar M…

Sejarah FIBA, Induk Olahraga Bola Basket Dunia

[Update] Induk Organisasi Renang Indonesia - Sejarah Lengkap

Sebagai induk olahraga bola basket Tanah Air, Perbasi terafiliasi ke Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Federasi Bola Basket Asia (FIBA Asia), serta Federasi Bola Basket Internasional (FIBA). Sejarah bola basket di Indonesia. Sejarah berdirinya Perbasi tak lepas dari masuknya olahraga bola basket ke Indonesia.KOMPAS.com - Seperti cabang olahraga lain, renang juga memiliki induk organisasi. Induk olahraga renang dunia adalah Federation Internationale de Natation (FINA) yang dibentuk pada tahun 1908 di London, Inggris. Delapan federasi nasional bertanggung jawab atas pembentukan FINA yaitu Belgia, Denmark, Finlandia, Prancis, Jerman, Inggris Raya, Hungaria, dan Swedia.Sebagai induk olahraga bulu tangkis dunia, BWF memiliki tugas menerapkan peraturan permainan hingga rutin menyebarkan cabang tersebut di tataran global.Daftar Induk Organisasi Olahraga di Indonesia - Olahraga adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk melatih tubuh dan menjaga kesehatan kita. Namun Olahraga juga dapat dianggap sebagai suatu hobby yang menyenangkan dan bahkan sebagai suatu kegiatan yang dapat meraih prestasi yang membanggakan keluarga, daerah dan negaranya.Induk Olahraga tenis meja di Indonesia adalah PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia) dan di dunia adalah ITTF (International Table Tennis Federation). 7. Atletik. Atletik adalah salah satu dari cabang olahraga yang juga dipertandinggkan di ajang bergengsi internasional seperti Asian Games atau Olimpiade. Atletik dibagi menjadi beberapa

Sebutkan Permainan Bola Besar Permainan Bola Free Kick Permainan Cukur Rambut Laki Laki Kontak Raket Dengan Bola Saat Melakukan Servis Forehand Pendek Pada Permainan Bulu Tangkis Adalah Posisi Awal Badan Yang Benar Saat Persiapan Melakukan Pukulan Back Hand Pada Permainan Tenis Meja Olahraga Lari Estafet Disebut Juga Lari Dalam Permainan Bulutangkis Pukulan Lob Adalah Perwasitan Dalam Permainan Bola Basket Tuliskan Gerakan-gerakan Pukulan Dalam Permainan Tenis Meja Arah Bola Yang Benar Hasil Service Forehand Panjang Pada Permainan Bulutangkis Adalah Istilah Dalam Permainan Rounders

Perkembangan Induk Organisasi Renang Indonesia

Olahraga renang merupakan salah satu cabang olahraga yang dilombakan dalam kejuaraan dunia. Renang juga memiliki Induk Organisasi Dunia atau Internasional yang disebut dengan Federation Internationale de Natation yang disingkat FINA dengan markas di Laussane.

Sedangkan di Indonesia sendiri, Induk Organisasi Renang Indonesia disebut dengan Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI). Berikut ini sejarah dan perkembangan terbentuknya PRSI yang dapat anda ketahui.

Table of Contents buka

Sejarah Induk Organisasi Renang Indonesia

Induk Organisasi Renang Indonesia adalah PRSI – Via resaja.com

Persatuan Renang Seluruh Indonesia atau yang disingkat PRSI merupakan induk organisasi renang Indonesia. Induk organisasi renang Indonesia ini didirikan di Jakarta pada tahun 21 Maret 1951 dan diketuai oleh Prof. dr. Poerwo Soedarmo.

Pertama-tama berdiri perserikatan berenang diberi nama Bandungse Zwembond ataupun Perserikatan. Berenang Bandung didirikan pada tahun 1917, perserikatan tersebut dibawahi oleh 7 perkumpulan yang di antaranya adalah perkumpulan renang di lingkungan sekolah seperti halnya OSVIA, MULO, dan KWEEKSCHOOL.

Pada tahun yang sama berdiri juga perkumpulan berenang di Jakarta dan Surabaya. West Java Zwembond ataupun Perserikatan Berenang Jawa Barat berdiri pada ahun 1918. Sedangkan pada tahun 1927 berdiri pula Oost Java Zwembond atau Perserikatan Berenang Jawa Timur. Perserikatan tersebut beranggotakan kota seperti Malang, Surabaya, Pasuruan, Blitar, dan Lumajang.

Hingga pada tahun 1940, Nederlands Indishce Zwembond atau NIZB yang telah beranggotakan 1200 perenang. Pada zaman pendudukan Jepang tahun 1943 – 1945, kesempatan untuk dapat berenang bagi bangsa Indonesia semakin besar. Hal tersbeut dikarenang pemerintahan pendudukan Jepang membuka seluruh kolam renang di tanah air untuk umum.

Pada periode tahun 1945, perkembangan olahraga renang di tanah air menurun, dikarenakan pada saat itu bangsa Indonesia dalam perjuangan melawan penjajah. Hingga tanggal 20 Maret 1951, Zwembond Voor Indonesia (ZBVI) memimpin dunia renang Indonesia.

Sejak pada tanggal 21 Maret 1951 lahirlah Persatuan Berenang Seluruh Indonesia yang kemudian disingkat PBSI. Kongres yang pertama di Jakarta berhasil mengukuhkan Ketua yang pertama yaitu Prof. dr. Poerwo Soedarmo dibantu oleh wakil ketua, sekretaris, bendahara, dan 3 komisi teknik.

Kongres yang ke tiga diselenggarakan di Cirebon, di kongres ini terpilih kepengurusan dengan ketuanya tetap dijabat D. Soeprajogi dan ditambah 3 pengurus lainnya. Sedangkan untuk kongres ke empat dilaksanakan pada tahun 1957 di Makassar. Pada tahun 1959 diadakan Kejuaraan Nasional Renang Kejuaraan untuk pertama kalinya di Malang, Jawa Timur.

Selanjutnya diadakan Kongres PBSI ke V yang mengubah namanya menjadi Perserikatan Renang Seluruh Indonesia (PRSI). Perubahan tersebut dikarenakan terdapat dua induk organisasi olahraga yang memiliki singkatan sama yakni Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia.

Pada tahun 1963 di Jakarta PRSI berhasil menyelenggarakan kongres ke enam. Kongres tersebut memperoleh hasil yaitu mengubah kembali istilah “Persatuan”. PRSI merupakan singkatan dari Persatuan Renang Seluruh Indonesia hingga saat ini. Berikut ini adalah kongres Induk Organisasi Renang Indonesia yang pernah dilaksanakan:

KongresLokasiTahunKetua1.Jakarta1951Prof. dr. Poerwo Soedarmo2.Bandung1954D. Soeprajogi3.CirebonD. Soeprajogi4.Makassar1957D. Soeprajogi5.MalangD. Soeprajogi6.Jakarta1963D. Soeprajogi7.Jakarta1968D. Soeprajogi8.Poernomo Yusgiantoro9.Jakarta2009Hilmi Panigoro10.Bogor2013Sandiaga S. UnoKongres – Induk organisasi renang Indonesia

Fasilitas dan Peralatan yang Digunakan dalam Olahraga Renang

Peralatan/fasilitas – Induk organisasi renang Indonesia Via itskarmen.com

Setelah mengetahui tentang sejarah renang, di sini kita akan membahas terkait fasilitas beserta peralatan olahraga renang. Tanpa adanya fasilitas dan peralatan renang yang lengkap maka olahraga satu ini tidak mungkin terlaksana dengan baik.

Supaya dapat berenang dengan nyaman dan tentunya aman. Anda dapat menggunakan fasilitas dan perlengkapan renang berikut ini:

1. Kolam Renang

Terdapat 2 ukuran kolam renang yaitu kolam renang lintasan panjang dengan panajng 50 m, sedangkan untuk lintasan pendeknya adalah 25 m. sementara untuk kedalaman kolam minimum yaitu 1,35 meter, mulai dari 1,0 meter lintasan pertama sampai paling sedikit 6,0 meter.

2. Lintasan

Lebar lintasan kolam renang yang paling sedikit adalah 2,5 m dengan jarak sekitar 0,2 m di luar lintasan pertama dan terakhir. Masing-masing lintasa tersebut dipisahkan oleh tali lintasan yang panjangnya sama dengan panjang lintasan. Tali lintasan tersebut terdiri dari serangkaian pelampung dengan ukuran kecil yang terikat pada seutas tali.

Pelampung tersebut dapat berputar jika terkena gelombang air dan masing-masing dibedakan berdasarkan warna. Untuk lintasan 1 dan 8 menggunakan warna hijau, biru untuk lintasan 2, 3, 6, dan 7. Sedangkan untuk lintasan 4 dan 5 menggunakan warna kuning.

3. Pengukur Waktu

Dalam sebuah perlombaan renang tingkat internasional, papan sentuh digunakan sebagai pengukur waktu otomatis dan dipasang pada kedua sisi dinding kolam renang. Papan sentuh pengukur waktu otomatis ini hanya memiliki ketebalan sekitar 1 cm. Sewaktu melakukan pembalikan dan finish, para perenang mencatat waktunya pada papan sentuh.

4. Balok Startstaring block kolam renang, Induk Organisasi Renang Indonesia – narmadi.com/id

Pada setiap balok start terdapat sebuah pengeras suara yang mempunyai fungsi untuk menyuarakan tembakan pistol sebagai suatu tanda start. Selain itu, terdapat sensor pengukur waktu yang mencatat perenang ketika mulai meloncat dari balok start.

Balok start memiliki ukuran 0,5 x 0,5 m, dengan tinggi sekitar 0,5 m – 0,75 m dari permukaan air. Tinggi tersebut sangat ideal bagi perenang dalam kompetisi renang.

Semua fasilitas dan perlengkapan yang digunakan dalam perlombaan olahraga renang tersebut diatas merupakan spesifikasi dari Federasi Renang Internasional. Jadi semua fasilitas dan perlengkapan itu yang biasa digunakan untuk kolam renang ukuran Olimpiade dan semua sudah berstandart Internasional.

Macam-Macam Gaya dalam Olahraga Renang

Gaya dalam Olahraga Renang – Induk organisasi renang Indonesia – Via beritasatu.com

Dalam sejarah renang, terdapat berbagai macam gaya yang dapat digunakan. Misalnya seperti gaya bebas, gaya dada, gaya punggung, dan juga gaya kupu-kupu. Berikut ini beberapa penjelasan terkait jenis gaya renang menurut Federasi Renang Internasional.

1. Gaya Bebas

Gaya bebas merupakan gaya berenang yang tidak terikah dengan teknik dasar tertentu. Posisi dada menghadap ke permukaan air pada gaya bebas. Kedua belah tangan bergerak secara bergantian seperti gerakan mengayuh.

Sementara untuk kedua kaki dicambukkan naik turun secara bergantin ke atas dank e bawah. Sedangkan posisi wajah dalam gaya renang bebas adalah menghadap ke permukaan air. Dalam mengambil napas, seorang perenang dapat menoleh ke kanan ataupun ke kiri.

2. Gaya Dada

Dalam sejarah renang, gaya dada sudah sangat populer untuk renang jneis rekreasi dengan posisi tubuh yang stabil dan kepala dapat di luar dalam waktu yang cukup lama. Gaya dada atau gaya katak merupakan gaya berenang dengan dada dengan posisi menghadap permukaan air.

Untuk posisi tubuh gaya dada senantiasa dalam keadaan tetap, sedangkan kedua belah tangan dengan gerakan membelah air. Gerakan tubuh dapat menirukan gerakan katak yang sedang berenang dengan teknik pernapasan ketika mulut sedang berada di atas permukaan air.

3. Gaya Punggung

Pada saat berenang gaya punggung, posisi punggung seorang perenang harus menghadap ke permukaan air. Sedangkan untuk posisi wajah berada di atas air sehingga mudah untuk mengambil napas.

Pada saat berenang dengan gaya punggung, anda hanya bisa melihat ke arah atas saja. Perenang bisa memperkirakan panjang kolam renang dengan cara menghitung jumlah gerakan yang ia lakukan. Jadi, diharapkan anda dapat fokus saat melakukan gaya punggung.

4. Gaya Kupu-kupu

Dalam sejarah renang, terdapat juga gaya kupu-kupu atau yang biasa disebut dengan gaya lumba-lumba. Posisi dada dalam kupu-kupu ini menghadap ke permukaan air dengan kedua lengan ditekan ke arah bawa secara bersamaan.

Sedangkan untuk kedua kaki secara bersamaan menendang ke arah atas dan ke arah bawah mirip dengan gerakan sirip ikan lumba-lumba. Anda dapat melakukannya dengan terus menerus.

Demikian ulasan terkait sejarah singkat dan perkembangan mengenai induk organisasi renang Indonesia yang dapat anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Hal yang Sering Ditanyakan

Apa induk organisasi renang Indonesia dan dunia?

Organisasi renang dunia dikenal dengan nama Internationale de Swimming Association (ISA). Di Indonesia, induk organisasi olahraga renang adalah Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI).

Apa induk organisasi renang tingkat nasional?

Persatuan Renang Seluruh Indonesia disingkat PRSI adalah Induk organisasi renang Indonesia, yang mengatur kegiatan olahraga renang di Indonesia. PRSI berdiri pada tanggal 21 Maret 1951 di Jakarta dengan ketua umum pertamanya adalah Prof. dr. Poerwo Soedarmo.

Apa arti Fina?

Fina adalah Federasi Renang Internasional (Fédération Internationale de Natation, disingkat FINA) adalah induk organisasi internasional olahraga renang. Organisasi ini diakui oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Apa yang dimaksud dengan olahraga renang?

Renang adalah olahraga yang melombakan kecepatan atlet renang dalam berenang. Gaya renang yang diperlombakan adalah gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya dada. Perenang yang memenangkan lomba renang adalah perenang yang menyelesaikan jarak lintasan tercepat.

Last update: 21/01/2021 by IDNarmadi

Induk Olahraga

Induk Olahraga : induk, olahraga, Induk, Olahraga

Induk Olahraga

Induk Olahraga : induk, olahraga, Induk, Olahraga

Membuat 15 Macam Induk Organisasi Olahraga Nasional Dan Internasional - Brainly.co.id

Induk Olahraga : induk, olahraga, Membuat, Macam, Induk, Organisasi, Olahraga, Nasional, Internasional, Brainly.co.id

Induk Organisasi Olahraga Indonesia Dan Benua Di Dunia

Induk Olahraga : induk, olahraga, Induk, Organisasi, Olahraga, Indonesia, Benua, Dunia

DOC) Nama-Nama Induk Organisasi Olahraga Nasional Dan Dunia | GOD BLESS - Academia.edu

Induk Olahraga : induk, olahraga, Nama-Nama, Induk, Organisasi, Olahraga, Nasional, Dunia, BLESS, Academia.edu

Induk Organisasi Olahraga Nasional Dan Internasional

Induk Olahraga : induk, olahraga, Induk, Organisasi, Olahraga, Nasional, Internasional

Nama-Nama Induk Organisasi Olahraga.docx

Induk Olahraga : induk, olahraga, Nama-Nama, Induk, Organisasi, Olahraga.docx

Induk Olahraga

Induk Olahraga : induk, olahraga, Induk, Olahraga

Daftar Nama Induk Organisasi Olahraga Di Indonesia | Sigid Ariewibowo - Academia.edu

Induk Olahraga : induk, olahraga, Daftar, Induk, Organisasi, Olahraga, Indonesia, Sigid, Ariewibowo, Academia.edu

CATUR INDONESIA : PENGGUSURAN SEKRETARIAT PB/PP INDUK CABANG OLAHRAGA DARI GELORA BUNG KARNO SENAYAN JAKARTA

Induk Olahraga : induk, olahraga, CATUR, INDONESIA, PENGGUSURAN, SEKRETARIAT, PB/PP, INDUK, CABANG, OLAHRAGA, GELORA, KARNO, SENAYAN, JAKARTA

Organisasi Olahraga Nasional Dan Internasional

Induk Olahraga : induk, olahraga, Organisasi, Olahraga, Nasional, Internasional