Fotosfer Matahari

STRUKTUR MATAHARI - Matahari adalah salah satu bintang alam semesta yang menjadi pusat dari tata surya bimasakti. Matahari memiliki struktur berupa gas yang menyerupai bola api raksasa.Dari semua lapisan matahari, lapisan fotosfer ini yang memancarkan cahaya yang paling kuat, maka dari itu disebut sebagai lapisan cahaya. Cahaya kuat yang dipancarkan oleh lapisan ini sebagian...Fotosfer adalah lapisan terendah dari atmosfer matahari. Temperatur di fotosfer berada dikisaraan 6.125 C hingga 4.125 C. Masih cukup panas untuk membuat berlian dan grafit tidak hanya meleleh...Fotosfer adalah lapisan yang menyelubungi inti matahari. Fotosfer berupa cakram yang melepaskan sinar matahari sebagai energi. Tebal lapisannya mencapai 320 kilometer.Matahari, seperti yang ditunjukkan oleh ilustrasi di bawah, dapat dibagi menjadi enam lapisan. Lapisan fotosfer memiliki tebal kurang lebih 500 kilometer dan suhu sekitar 5.500 derajat celcius.

Lapisan Matahari : Pengertian, Fotosfer, Kromosfer, Korona

Fotosfer memiliki kedalaman sekitar 500 km. Cahaya fotosfer dapat terlihat dan berwarna kuning dari bumi karena gas-gas panas pada fotosfer memancarkan cahaya dengan intensitas sangat kuat.Fotosfer atau permukaan matahari meliputi wilayah setebal 500 kilometer dengan suhu sekitar 5.500 derajat Celcius (10.000 derajat Fahrenheit). Sebagian besar radiasi matahari yang dilepaskan keluar..."Bahkan ketika 99% permukaan matahari (fotosfer) tertutup selama fase parsial gerhana matahari, cahaya dari bulan sabit yang tersisa masih cukup kuat menyebabkan luka bakar pada retina.Matahari atau Surya adalah bintang di pusat tata surya. Bentuknya nyaris bulat dan terdiri dari plasma panas bercampur medan magnet. Diameternya sekitar 1.392.684 km, kira-kira 109 kali diameter Bumi, dan massanya (sekitar 2×1030 kilogram, 330.000 kali massa Bumi) mewakili kurang lebih 99...

Lapisan Matahari : Pengertian, Fotosfer, Kromosfer, Korona

Matahari | Space Series - Dgraft Outline

Unduh gambar-gambar gratis yang menakjubkan tentang Matahari Terbit. Untuk digunakan gratis ✓ Tidak ada atribut yang di perlukan ✓.Lapisan matahari di atas fotosfer disebut atmosfer Matahari. Atmosfer dapat diamati menggunakan teleskop yang beroperasi di seluruh spektrum elektromagnet, mulai dari radio hingga cahaya tampak...Lapisan fotosfer adalah lapisan tingkat terendah dari atmosfer matahari yang dapat dilihat dari bumi oleh manusia karena panjang gelombangnya berada pada panjang gelombang tampak.Matahari adalah objek terbesar di anggota tata surya kita. Matahari ini adalah bola plasma panas yang Itu merupakan fungsi terbesar dari fotosfer. Cahaya matahari yang sampai ke Bumi memiliki...Dari sekian lapisan matahari, lapisan fotosfer inilah yang memancarkan cahaya yang paling kuat, maka dari itu disebut juga Lapisan selanjutnya setelah lapisan fotosfer adalah lapisan kromosfer.

Foto Full Body Untuk Melamar Kerja Foto Gaya Bebas Kursi Foto Studio Edit Foto Pemain Bola Tumbuhan Membutuhkan Berbagai Bahan Untuk Fotosintesis Foto Lagi Sedih Reaksi Terang Dan Reaksi Gelap Pada Fotosintesis Foto Full Body Lamaran Kerja Cetak Foto 4x6 Di Photoshop Foto Prabu Siliwangi Asli Menghapus Foto Profil Gmail

MENGENAL KARAKTERISTIK MATAHARI - READS

Assalamualaikum...

Matahari adalah bintang terdekat dari bumi. Seperti halnya bintang yang lain, matahari memancarkan cahayanya sendiri.

Cahaya yang terpancar dari matahari disebabkan oleh adanya reaksi fusi nuklir yang terjadi di inti matahari. Selain memancarkan cahaya, matahari juga menghasilkan energi yang sangat besar dalam bentuk panas. Energi dari proses reaksi di inti hingga terhantar ke permukaan matahari berlangsung melalui proses yang kompleks.

Terjadinya reaksi nuklir di inti dan proses penghantarannya di bagian dalam matahari menyebabkan matahari selalu beraktivitas secara dinamis sepanjang waktu.

Inti MatahariMatahari bukanlah satu benda padat yang homogen, tetapi seperti bola gas raksasa yang terdiri atas lapisan-lapisan yang berbeda. Pada bagian inti, reaksi fusi nuklir berlangsung pada suhu sekitar 15 juta derajat Celcius. Inti matahari mengsisi sepertiga jari-jari terdalam dari matahari. Di sini, bergabung empat inti hydrogen membentuk satu buah inti helium. Reaksi ini menghasilkan energy yang sangat besar dalam bentuk gelombang electromagnet dan partikel. Energi yang besar ini kemudian merambat ke bagian yang lebih luar melalui cara radiasi atau pancaran.

Daerah RadiasiDalam fisika, radiasi mendeskripsikan setiap proses di mana energi bergerak melalui media atau melalui ruang, dan akhirnya diserap oleh benda lain.

Bagian dalam matahari yang menghantarkan energy secara radiasi disebut sebagai daerah radiasi (radiation zone).

Daerah radiasi ada pada bagian terluar inti matahari hingga jarak sekitar 0.8 jari-jari matahari. Daerah radiasi memiliki kerapatan yang sangat tinggi sehingga gelombang elektromagnetik dari inti matahari membutuhkan waktu hingga ratusan ribu tahun untuk sampai di bagian terluarnya. Pada bagian dasar daerah radiasi, suhunya mencapai 7 juta derajat Celcius, sedangkan bagian luarnya memiliki suhu 2 juta derajat Celcius.

Daerah Konveksi

Konveksi adalah pergerakan molekul-molekul pada fluida (yaitu cairan atau gas) dan rheid. Konveksi tak dapat terjadi pada benda padat, karena tidak ada difusi yang dapat terjadi pada benda padat.

Konveksi merupakan salah satu cara perpindahan panas dan massa utama. Perpindahan panas dan massa terjadi melalui difusi dan adveksi.

Di bagian luar daerah radiasi terdapat daerah konveksi. Di bagian ini, energy menjalar ke permukaan matahari melalui proses konveksi atau aliran. Aliran energy ini terbawa oleh medium plasma yang mengisi daerah konveksi. Plasma adalah gas yang terionisasi oleh suhu yang sangat tinggi sehingga electron-elektronnya terpisah dari atom atau molekulnya.

Pada daerah konveksi, aliran plasma begitu kompleks sehingga menghasilkan medan magnet yang berfluktuasi sepanjang waktu. Dinamika medan magnet ini sangat aktif sehingga mempengaruhi munculnya beragam aktivitas di permukaan matahari. Aktivitas matahari ini kadang teramati dari bumi dan sering mengakibatkan pengaruh yang besar terhadap kondisi cuaca antariksa secara keseluruhan.

Fotosfer

Fotosfer adalah lapisan matahari yang kita lihat sehari-hari. Cahayanya yang sangat terang mengalahkan lapisan paling luar Matahari yaitu korona, sehingga sinar dari korona tidak terlihat oleh mata kita. Disekeliling fotosfer adalah lapisan gas merah cemerlang yang disebut kromosfer.

Bagian matahari yang terlihat dari bumi adalah permukaan matahari atau fotosfer. Fotosfer terletak di atas daerah konveksi. Suhu di fotosfer sekitar 6000 derajat Celcius. Sebagian dari proses konveksi tampak di fotosfer berupa luapan plasma seperti gelembung yang disebut granula. Di fotosfer juga terjadi beberapa aktivitas matahari akibat dari dinamika medan magnet di daerah konveksi.

Kromosfer dan Korona

Kromosfer adalah lapisan tipis di atmosfer matahari. Lapisan ini terletak di atas fotosfer, dan memiliki kedalaman sekitar 2.000 kilometer.

Nama kromosfer berasal dari fakta bahwa kromosfer memiliki warna kemerahan. Warna kromosfer hanya dapat dilihat oleh mata telanjang pada saat gerhana Matahari, ketika kromosfer terlihat di belakang bulan.

Korona,tampak ketika terjadi gerhana Mataharidi Prancis pada tahun 1999

Korona adalah bagian paling luar dari atmosfer matahari yang dicirikan oleh rendahnya massa jenis dan tingginya temperatur (> 1.0E+06 K). Korona tidak terlihat secara langsung dari bumi, kecuali pada saat terjadinya gerhana Matahari total atau dengan bantuan teleskop dengan presisi.

Seperti yang telah ditulis diatas, di atas lapisan fotosfer terdapat lapisan atmosfer matahari yang disebut kromosfer. Kromosfer memiliki suhu antara 4500 hingga 25.000 derajat Celcius. Suhu di atas kromosfer meningkat dengan tajam hingga mencapai 2 juta derajat Celcius pada daerah yang dinamakan korona. Meskipun jauh lebih panas dari permukaan matahari, korona lebih redup darinya sehingga tidak tampak dari bumi kecuali pada saat gerhana matahari. Pada bagian atmosfer matahari ini terjadi beberapa aktivitas matahari yang dapat berpengaruh pada cuaca antariksa.

Semoga bermanfaat,

Wassalamualaikum... Wr, Wb.

Sumber dan Referensi :

LAPAN.go.id

Matahari Sebaga

Fotosfer Matahari : fotosfer, matahari, Matahari, Sebaga

Raja Kerajaan Tata Surya

Fotosfer Matahari : fotosfer, matahari, Kerajaan, Surya

Aktivitas Matahari

Fotosfer Matahari : fotosfer, matahari, Aktivitas, Matahari

Kelas 6 - Ilmu Pengetahuan Alam - Choirul By Yeti Herawati - Issuu

Fotosfer Matahari : fotosfer, matahari, Kelas, Pengetahuan, Choirul, Herawati, Issuu

Dawn Starlight: Fenomena Badai Matahari

Fotosfer Matahari : fotosfer, matahari, Starlight:, Fenomena, Badai, Matahari

Matahari

Fotosfer Matahari : fotosfer, matahari, Matahari

Lapisan Matahari Yg Ditunjukkan Angka 1,2, 3 Adalah....yg Pntng Bukan C, Krn Kmrn Ak Jwb Slhmksh - Brainly.co.id

Fotosfer Matahari : fotosfer, matahari, Lapisan, Matahari, Ditunjukkan, Angka, Adalah....yg, Pntng, Bukan, Slhmksh, Brainly.co.id

Tolong Di Bantu Dong Kak, - Brainly.co.id

Fotosfer Matahari : fotosfer, matahari, Tolong, Bantu, Brainly.co.id

Matahari

Fotosfer Matahari : fotosfer, matahari, Matahari

Kromosfer Korona

Fotosfer Matahari : fotosfer, matahari, Kromosfer, Korona

Kromosfer Hashtag On Twitter

Fotosfer Matahari : fotosfer, matahari, Kromosfer, Hashtag, Twitter