Contoh Cerita Fiksi Sejarah

Jenis - Jenis Teks cerita Sejarah 1. Sejarah Fiksi. Cerpen: Cerpen atau Cerita pendek merupakan bentuk prosa naratif aktif. Romansa: adalah sejenis karya sastra dalam bentuk prosa yang menggambarkan tindakan para pelaku sesuai dengan karakter dan isi jiwa mereka. Novel: adalah karya fiksi prosa yang ditulis secara naratif dalam bentuk cerita.Meskipun cerita fiksi hanya imajinasi dari penulis namun cerita fiksi tetap masuk akal dan bisa mengandung kebenaran yang bisa mendramatisir hubungan-hubungan antar manusia. Cerita fiksi biasanya berdasarkan sejarah, kejadian atau pengalaman hidup sang penulis atau orang lain yang dibumbui dengan imajinasi-imajinasi dari penulisanya.Contoh Cerita Fiksi Sejarah. Balas Budi Singa. Di satu desa tinggal seorang pemuda miskin sebatang kara. Dia tidak memiliki apa-apa selain gubuk yang rapuh peninggalan orang tuanya. Untuk memberi makan dirinya sendiri, pemuda itu selalu mencari bahan bakar di hutan dan menjual atau menukarnya dengan kebutuhan dasar lainnya. Meskipun hidupnyaKumpulan contoh teks cerita sejarah fiksi dan non fiksi pribadi yang singkat tentang pahlawan maupun candi seperti Borobudur dan dunia beserta strukturnya. Teks cerita sejarah adalah sebuah teks non fiksi yang isinya menceritakan kembali peristiwa peristiwa masa lampau berdasarkan urutan waktu yang menyebabkan lahirnya sesuatu di masa kini.Contoh Cerita Sejarah Fiksi. Stunami Aceh. Tahap Orientasi. Kejadian yang terjadi pada 26 Desember 2004 yang sangat memilukan Gempa bumi dan Stunami Aceh. Kurang lebih 500.000 orang kehilangan nyawa dalam waktu singkat diseluruh tepi dunia yang berbatasan dengan samudra Hindia.

Teks Cerita Fiksi : Pengertian, Contoh, Struktur, Unsur

Tulisan non fiksi biasanya terdiri dari tulisan ilmiah, laporan, artikel, makalah, tesis, disertasi, dan lain sebagainya. semi fiksi adalah fiksi yang menggunakan banyak informasi non fiksi, seperti cerita fiksi berdasarkan kisah nyata. Berikut ini adalah beberapa contoh jenis non fiksi. Makalah akademik; Penerbitan akademik; Laporan bukuContoh Teks Cerita Sejarah Non Fiksi. Tema : Kekalahan Kerajaan Malaka. 1. Orientasi. Malaka adalah salah satu pusat perdagangan rempah di Asia yang sangat besar dan ramai. Kapal-kapal perdagangan dari Gujarat, Bengali, Persia, dan negara lainnya berdatangan ke Malaka buat berdagang.Cerita fiksi tidak berdarkan kejadian nyata, namun bisa berdasarkan pengalaman, pandangan, atau penilaian terhadap sebuah peristiwa yang dikemas sesuai dengan imajinasi penulis. Jika kamu sedang mencari contoh cerita fiksi, kamu bisa membaca kumpulan cerita fiksi yang sudah kami sediakan di bawah ini.Berbagai contoh teks cerita sejarah fiksi diatas diharapkan bisa memperkaya pengetahuan Anda tentang jenis-jenis teks cerita dalam bahasa Indonesia. *** Contoh Dialog Interaktif. Demikianlah kumpulan contoh teks cerita sejarah yang bisa dibagikan pada postingan kali ini. Semoga kumpulan contoh ini dapat menjadi bahan pembelajaran bagi siswa dan

Teks Cerita Fiksi : Pengertian, Contoh, Struktur, Unsur

Contoh Cerita Fiksi Singkat Pendek Pendidikan, Sejarah, Dll

Contoh Teks Cerita Sejarah Fiksi gambar: BAABUN Judul: Indonesia Merdeka. Orientasi: Namaku Sanusi, saat itu umurku masih sekitar 14 tahun. Tepat di tanggal 17 Agustus 1945, saat itu juga bertepatan dengan bulan Ramadhan, sehingga aku, ayah dan adikku keluar rumah tidak sarapan karena kami sedang menjalankan ibadah puasa. Kami keluar rumahTag: contoh cerita fiksi sejarah. Teks Cerita Fiksi. Oleh Dosen Pendidikan 2 Diposting pada 27/11/2020. Dalam hal ini mungkin kalian sudah pernah membaca mengenai berbagai cerita karangan, fiksi atau fantasi dibuku hasil karangan dari seorang penulis dan menurut kami dengan membaca cerita fiksi dapat mengembangkan […]Fiksi sejarah adalah kisah-kisah fiksi (rekaan atau khayalan) yang diinspirasi dari sejarah. Pada karya fiksi sejarah plot, alur, adegan, dialog, dan penokohannya, terinspirasi oleh sejarah. Teks fiksi sejarah dapat berupa novel, legenda maupun roman. Pada teks fiksi sejarah biasanya isi cerita dibuat semenarik mungkin agar pembaca tidak bosan.Cerita terbagi menjadi dua jenis, yaitu cerita nyata dan cerita fiksi. Perbedaan dari keduanya adalah pada cerita nyata, cerita berdasarkan kisah nyata yang diceritakan oleh penulis. Sedangkan cerita fiksi berupa khayalan yang dibuat oleh pengarang, yang bisa didapatkan dari kisah nyata yang dialami, maupun dari imajinasi.Contoh Teks Cerita Fiksi Sejarah. Berikut adalah contoh teks cerita fiksi sejarah beserta strukturnya: Indonesia Merdeka. Orientasi. Namaku Putra, waktu itu umurku masih 14 tahun. Tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945, dimana waktu itu pula bertepatan dengan bulan Ramadhan.

Contoh Akta Jual Beli Contoh Resume Artikel Contoh Proposal Skb Contoh Laporan Penjualan Bulanan Contoh Modernisasi Bidang Politik Contoh Surat Kuasa Pengambilan Barang Contoh Recount Text Tentang Liburan Di Rumah Contoh Anggaran Dasar Perusahaan Contoh Proposal Mushola Contoh Termonasti Contoh Gambar Representatif

[Kumpulan] Contoh Cerita Fiksi Pendek dalam Berbagai Tema

Cerita fiksi adalah sebuah karya sastra yang berisi cerita karangan berdasarkan angan-angan atau imajinasi dari penulis.

Cerita fiksi tidak berdarkan kejadian nyata, namun bisa berdasarkan pengalaman, pandangan, atau penilaian terhadap sebuah peristiwa yang dikemas sesuai dengan imajinasi penulis.

Jika kamu sedang mencari contoh cerita fiksi, kamu bisa membaca kumpulan cerita fiksi yang sudah kami sediakan di bawah ini.

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui bagaimana cara membuat cerita fiksi sendiri agar menarik untuk pembaca.

Langsung saja, simak pembahasannya berikut ini.

Lompat ke:

Ciri-Ciri Cerita Fiksi

Cerita fiksi memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan jenis teks cerita lainnya, yaitu:

Bersifat rekaan (berdasarkan imajinasi dari pengarang)Menggunakan bahasa yang konotatif (bukan sebenarnya)Tidak memiliki sistematika yang bakuLebih banyak menyasar emosi atau perasaan pembacaMemiliki kebenaran yang tidak mutlakMemiliki pesan moral

Berdasarkan ciri-ciri di atas, dapat diketahui bahwa beberapa jenis cerita fiksi antara lain adalah novel, cerpen, ataupun roman.

Unsur-Unsur Cerita Fiksi

Dalam sebuah cerita fiksi, terdapat unsur-unsur yang membangun ceritanya yang meliputi unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik.

Unsur intrinsik dan ekstrinsik cerita fiksi adalah sebagai berikut.

Unsur IntrinsikTema: gagasan utama dari ceritaTokoh dan Penokohan: pelaku dan perwatakan yang ada dalam ceritaAlur: urutan kejadian dalam ceritaLatar: tempat dan waktu terjadinya peristiwa dalam ceritaAmanat: pesan yang terkandung dalam ceritaSudut Pandang: cara pandang pengarang dalam ceritaGaya: gaya menulis pengarangUnsur EkstrinsikSikap dari pengarangKeyakinanPandangan hidup (ekonomi, politik, sosial, dll.)Psikologi

Contoh Cerita Fiksi

Berikut adalah beberapa contoh cerita fiksi dalam berbagai tema yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

Cerita Fiksi tentang Pendidikan

Judul: Dilarang Mencontek

Lihat PDF

Cerita Fiksi tentang Sejarah

Judul: Asal Muasal Kota Dumai

Lihat PDF

Cerita Fiksi untuk Anak

Judul: Kisah Jack dan Pohon Kacang

Lihat PDF

Cerita Fiksi tentang Persahabatan

Judul: Rahasia Logam

Lihat PDF

Contoh Cerita Fiksi LainnyaJudulLinkAntara Dunia Nyata dan Dunia MimpiPDFBila di Dunia KertasPDFBuku-Buku yang HilangPDFDongeng Gadis PemimpiPDFFred dan Jam Kantong Ajaib’PDFHikayat Penciptaan BintangPDFHutan Pinus BersuaraPDFJam Pemutar WaktuPDFPetualangan MutyPDFSang Naga dan Pemuda yang CerdikPDF

Struktur Cerita Fiksi

Nah, setelah mempelajari beberapa contoh cerita fiksi di atas, tentu kamu bisa melihat bahwa ada pola dalam penulisan cerita fiksi.

Yup, itulah yang dinamakan struktur cerita fiksi.

Struktur dari cerita fiksi bisa kamu lihat pada tabel di bawah ini.

Kalau kamu perhatikan, struktur di atas tidak jauh berbeda dengan struktur cerpen.

Hal ini karena cerpen juga bisa tergolong ke dalam cerita fiksi.

Kaidah Kebahasaan Cerita Fiksi

Selain struktur, kamu juga bisa melihat bahwa ada kaidah kebahasaan dari cerita fiksi yang menjadi salah satu ciri-cirinya.

Kaidah kebahasaan cerita fiksi erat kaitannya dengan penggunaan majas.

Majas-majas tersebut antara lain adalah:

MetaforaMetonimia, danSimile

Pelajari: Macam-Macam Majas

Cara Membuat Cerita Fiksi

Nah, setelah mengetahui ciri-ciri, unsur, serta struktur dan kaidah kebahasaannya, kamu bisa langsung belajar untuk membuat teks cerita fiksi sendiri.

Langkah-langkah untuk membuat cerita fiksi adalah sebagai berikut.

1. Tentukan Ide Cerita

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan ide cerita.

Ide cerita di sini termasuk tema, genre, serta gambaran besar tentang apa cerita yang ingin kamu buat.

Tuliskan ide-ide atau imajinasi yang muncul di pikiranmu dan kumpulkan di sebuah catatan.

Selanjutnya, kamu bisa mulai pilih mana yang sekiranya cocok untuk kamu jadikan cerita.

2. Baca Karya Fiksi Orang Lain

Setelah menemukan ide, tema, dan genre cerita fiksi yang kamu buat, mungkin kamu masih bingung kira-kira mau dibuat seperti apa ceritanya.

Oleh karena itu, kamu bisa mencoba untuk membaca beberapa karya fiksi yang sudah ada dengan tema dan genre yang sama.

Dengan membaca cerita dari pengarang yang berbeda, siapa tahu kamu bisa mendapatkan ide tentang bagaimana membuat cerita dan gaya penulisan yang menarik dan cocok untukmu.

3. Tulis Alur Cerita

Selanjutnya, mulailah untuk menuliskan alur atau rangkaian peristiwa yang akan terjadi dalam cerita.

Tulislah alur secara urut dari awal hingga akir disertai apa saja kira-kira konflik yang akan terjadi di dalam cerita.

Tuliskan garis besarnya saja, detailnya bisa belakangan.

4. Buat Judul Cerita

Nah, setelah ketemu alurnya, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menentukan judul cerita.

Tulislah beberapa judul cerita yang menurut kamu sesuai dengan isi cerita yang akan kamu tulis nanti.

Setelah itu, pilihlah 1 judul yang menurut kamu PALING menarik dan cocok dengan cerita yang akan kamu buat.

5. Buat Kerangka Cerita

Berikutnya, buatlah kerangka cerita berdasarkan alur yang sudah kamu buat di langkah sebelumnya.

Kerangka cerita ini merupakan bagian yang cukup penting jika ingin membuat sebuah cerita fiksi.

Dengan membuat kerangka cerita, kamu bisa lebih fokus ke alur dan menghindari untuk keluar dari topik.

Selain itu, kerangka cerita juga bisa memudahkan kamu agar tidak ‘stuck’ di tengah jalan saat menulis isi cerita.

6. Buat Karakter dan Penokohan

Langkah selanjutnya, tentukan detail karakter dan penokohan yang ada dalam ceritamu.

Mungkin beberapa tokoh sudah mulai kamu tentukan saat membuat alur, tapi belum spesifik.

Nah di langkah ini, mulailah untuk menuliskan detail setiap tokoh seperti nama dan sifatnya.

Tuliskan juga tujuan adanya tokoh tersebut serta latar belakangnya untuk memperkuat karakter yang kamu buat.

7. Tentukan Latar

Setelah menentukan tema hingga penokohan, selanjutnya kamu harus menentukan detail latar dari cerita.

Tuliskan latar waktu dan tempat di setiap alur yang kamu buat jika memang memerlukan lebih dari 1 latar.

Latar yang dimaksud tidak harus kejadian yang terjadi saat itu, namun bisa juga kejadian di masa lalu (flashback).

8. Tentukan Sudut Pandang

Berikutnya, tentukan sudut pandang kamu sebagai pengarang.

Kamu bisa memilih sudut pandang orang pertama, orang kedua, ataupun orang ketiga.

Pilihlah sudut pandang yang menurut kamu paling sesuai atau paling mudah untuk kamu terapkan.

9. Mulai Menulis Cerita

Setelah langkah 1 – 8 kamu lakukan, kamu sudah siap untuk mulai menulis cerita.

Tulislah cerita sesuai dengan kerangka dan alur yang kamu buat sebelumnya.

Setelah selesai, jangan lupa untuk membaca dan mengecek keterkaitan setiap alur cerita yang sudah kamu tulis.

Jika ada yang kurang pas, maka bisa segera kamu perbaiki.

Baca Juga: Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara

Itulah beberapa contoh cerita fiksi dan cara membuatnya yang bisa kamu pelajari.

Pada intinya, cerita fiksi tidak jauh berbeda dengan cerita pendek, baik dari segi struktur maupun ciri-cirinya.

Jika kamu sudah pernah membuat cerpen, maka membuat cerita fiksi harusnya tidak sulit untukmu.

Semoga setelah mempelajari ini, kamu bisa lebih paham tentang cerita fiksi dan bisa membuat sendiri cerita fiksi yang menarik untuk para pembaca,

Jika ada pertanyaan, kamu bisa bertanya melalui kolom komentar di bawah ini.

Sekian, semoga bermanfaat.

Teks Cerita Sejarah

Contoh Cerita Fiksi Sejarah : contoh, cerita, fiksi, sejarah, Cerita, Sejarah

Contoh Cerita Sejarah Fiksi Aneka Contoh – Cute766

Contoh Cerita Fiksi Sejarah : contoh, cerita, fiksi, sejarah, Contoh, Cerita, Sejarah, Fiksi, Aneka, Cute766

Cerita Fiksi

Contoh Cerita Fiksi Sejarah : contoh, cerita, fiksi, sejarah, Cerita, Fiksi

Contoh Cerita Fiksi Sejarah - Aneka Macam Contoh

Contoh Cerita Fiksi Sejarah : contoh, cerita, fiksi, sejarah, Contoh, Cerita, Fiksi, Sejarah, Aneka, Macam

Contoh Cerita Sejarah Fiksi - Guru Paud

Contoh Cerita Fiksi Sejarah : contoh, cerita, fiksi, sejarah, Contoh, Cerita, Sejarah, Fiksi

Cerita Fiksi Dan Non Fiksi

Contoh Cerita Fiksi Sejarah : contoh, cerita, fiksi, sejarah, Cerita, Fiksi

15+ Pengertian Cerpen Non Fiksi

Contoh Cerita Fiksi Sejarah : contoh, cerita, fiksi, sejarah, Pengertian, Cerpen, Fiksi

DOC) Teks Cerita Sejarah | Rezky Part II - Academia.edu

Contoh Cerita Fiksi Sejarah : contoh, cerita, fiksi, sejarah, Cerita, Sejarah, Rezky, Academia.edu

Cerita Fiksi Ilmiah Dalam Bahasa Inggris

Contoh Cerita Fiksi Sejarah : contoh, cerita, fiksi, sejarah, Cerita, Fiksi, Ilmiah, Dalam, Bahasa, Inggris

Contoh Cerita Fiksi Sejarah - Contoh Resource

Contoh Cerita Fiksi Sejarah : contoh, cerita, fiksi, sejarah, Contoh, Cerita, Fiksi, Sejarah, Resource

Contoh Teks Cerita Fiksi – Dengan

Contoh Cerita Fiksi Sejarah : contoh, cerita, fiksi, sejarah, Contoh, Cerita, Fiksi, Dengan